Menyusui

Moms, Ragu Menyusui di Tempat Umum? Yuk, Ikuti Tips Berikut Ini!

October 23, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Memiliki anak bukan berarti harus mengurung Moms di rumah karena kewajiban menyusui mereka. Jangan takut untuk beraktivitas di luar rumah bersama si Kecil dan tetap berikan ASI eksklusif untuk mereka.

Beberapa Moms mungkin takut untuk keluar karena nantinya harus memberikan ASI pada si Kecil dalam kondisi yang tidak menguntungkan. Misalnya saat sedang berkumpul bersama kolega atau di tempat yang tidak menyediakan ruang menyusui khusus.

Untuk mengalahkan rasa cemas itu, yuk simak kiat-kiat menyusui di tempat umum berikut ini:

Baca Juga: 5 Manfaat Menyusui bagi Ibu: Turunkan Berat Badan hingga Cegah Depresi

Biasakan latihan di depan cermin

Jika Moms khawatir menunjukkan banyak bagian tubuh yang terbuka saat sedang memberi ASI di tempat umum, cobalah untuk berlatih di depan cermin. Berlatihlah untuk menyusui si Kecil sambil tetap membuat payudara tertutup.

Moms juga bisa berlatih menggunakan berbagai pakaian yang berbeda-beda untuk melihat mana pakaian yang cocok untuk dipakai saat di luar ruangan bersama si Kecil. 

Menentukan pakaian mana yang tepat juga penting karena beberapa bayi merasa terganggu dengan bahan kain tertentu. Oleh karena itu, carilah pakaian yang cocok.

Gunakan pakaian yang nyaman saat keluar rumah

Gunakanlah pakaian yang membuat Moms nyaman dan mudah untuk memberikan ASI kepada anak. Ada banyak tipe blouse dan bra untuk menyusui yang dapat mengakomodir kebutuhan ini sambil Moms tetap terlihat tertutup.

Kalau Moms terbiasa menyusui menggunakan bantal di rumah, belajarlah untuk tidak memberikan ASI tanpa bantal. Gunakan selimut yang ringan mungkin bisa membantu untuk membungkus Moms dan si Kecil sambil tetap merasa nyaman.

Moms juga bisa gunakan baby carrier. Samantha McClellan, seorang dula atau pendamping ibu melahirkan bersertifikasi dalam laman Mom.com menyebut baby carrier bisa menjadi alat yang sangat membantu untuk menyusui di luar ruangan.

“Kalau kamu membawa si Kecil di depan menggunakan baby carrier, maka kamu tinggal panjangkan tali pengikatnya dan mengaitkan tudungnya untuk membuat kalian tertutup dan si Kecil bisa menyusu di sana,” kata Samantha dalam laman tersebut.

Jika memungkinkan, carilah tempat yang sunyi

Mencari tempat yang sunyi untuk menyusui saat berada di luar rumah bukan sekadar masalah privasi sebagaimana pikiran orang lain. Tapi lebih dari itu, tempat yang sunyi juga penting untuk kenyamanan si Kecil.

Si Kecil yang aktif mungkin akan lebih tertarik untuk memerhatikan sekeliling ketimbang tetap diam. Hal ini akan membuat waktu menyusui jadi tidak efisien.

Sebisa mungkin, carilah tempat yang jauh dari kerumunan seperti saat di restoran. Dengan demikian anak akan fokus pada waktu menyusu, bukan dengan yang lain.

Hindari menyusui di toilet

Atas alasan kehigienisan, hidari memberikan ASI di toilet umum. Moms tentu tidak mau memberikan makanan apapun di lokasi ini, bukan?

Memberikan ASI bukan sekadar memberikan apa yang menjadi hak si Kecil, tapi juga memastikan agar mereka tumbuh dengan nutrisi yang baik untuk kesehatan mereka. Oleh karena itu, hindari memberikan ASI di toilet. 

Sekalipun toilet umum terlihat bersih, tapi tempat ini merupakan sarang jamur dan penyakit lainnya yang tidak kasat mata.

Baca Juga: Butuh Peran Lebih, Ini 7 Cara Ayah Mendukung Keberhasilan Masa Menyusui

Berbalik arah saat menyusui

Waktu yang paling memperlihatkan mayoritas tubuh adalah pada saat mengarahkan anak ke payudara untuk menyusu. Oleh karena itu, Moms harus memastikan tidak ada yang melihat atau memerhatikan di waktu itu.

Jika memang Moms harus berada di tempat umum seperti restoran, cobalah untuk berbalik arah terlebih dahulu saat menyusui. Karena dengan menghadap tembok, Moms bisa menutupi pandangan orang lain sambil si Kecil mengarahkan kepalanya ke payudara Moms.

Setelah memastikan si Kecil sudah di posisinya dan tidak banyak bagian tubuh yang terbuka, maka Moms bisa berbalik arah lagi seperti semula. Gunakan cara ini lagi ketika mau melepaskan kepala si Kecil dari payudara setelah dia selesai menyusu.

Demikianlah berbagai tips untuk menyusui di ruang publik. Jangan lupa untuk latihan dan pastikan si kecil tetap mendapat haknya, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Mom.com, diakses 22 Oktober 2020. Tips for Breastfeeding in Public
  2. Today’s Parent, diakses 22 Oktober 2020. 10 tips for breastfeeding in public
    register-docotr