Menyusui

Ibu Mengonsumsi Sushi saat Menyusui Bayinya, Aman atau Tidak?

August 6, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini: sushi. Makanan yang berasal dari Jepang ini menjadi favorit bagi banyak orang. Namun, yang menjadi pertanyaan, amankah sushi dikonsumsi oleh ibu menyusui? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasannya di sini.

Sushi merupakan makanan yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh, seperti untuk kesehatan jantung, meningkatkan metabolisme, atau bahkan mendukung sistem kekebalan tubuh. Selain memiliki banyak manfaat, sushi juga memiliki rasa yang lezat.

Amankah mengonsumsi sushi saat Moms sedang menyusui?

Selama masa kehamilan banyak yang merekomendasikan untuk menghindari sushi. Hal ini tentu saja menjadi kesulitan tersendiri bagi ibu hamil yang menggemari sushi.

Ibu hamil disarankan untuk tidak mengonsumsi sushi karena ikan seperti tuna mata besar dan yellowtail dapat mengandung merkuri yang tinggi atau mengandung polutan industri tingkat tinggi. Yang mana hal ini dapat berbahaya bagi bayi yang sedang berkembang.

Meskipun demikian, bahaya makan sushi saat sedang menyusui berkurang. Namun, para ibu menyusui disarankan harus tetap berhati-hati di tempat mereka makan lho, Moms.

Dilansir dari Medical News Today, sushi aman dikonsumsi ketika sedang menyusui, selama ibu menyusui makan di restoran yang menggunakan ikan berkualitas tinggi yang diperoleh dari sumber terpercaya. Jika sumber tidak terpercaya, disarankan untuk bertanya lebih lanjut pada pihak restoran.

Ibu menyusui harus menghindari ikan yang mengandung merkuri tinggi

Ibu hamil disarankan tidak mengonsumsi ikan mentah karena bakteri dan parasit dapat berisiko bagi janin.

Akan tetapi, ada sedikit atau tidak ada sama sekali risiko patogen ini menular ke bayi melalui ASI, yang berarti bahwa sushi aman dikonsumsi saat menyusui.

Moms, terlepas dari itu semua, ibu menyusui harus menghindari mengonsumsi ikan apapun yang mengandung merkuri tingkat tinggi ya, baik ikan yang dimasak maupun ikan mentah. Beberapa merkuri mungkin saja dapat diberikan kepada bayi melalui ASI.

Meskipun jumlah merkuri yang dapat masuk ke dalam ASI akan sangat kecil, tetapi bayi sangat rentan terhadap racun. Merkuri sendiri dapat memengaruhi otak dan sistem saraf bayi yang sedang tumbuh.

Beberapa ikan yang mengandung merkuri tinggi di antaranya adalah:

  • Tuna mata besar
  • King mackerel
  • Hiu
  • Todak
  • Yellowtail

Baca juga: Makan All You Can Eat? Lakukan 6 Tips Ini Agar Tetap Sehat

Bolehkah ibu menyusui mengonsumsi ikan yang dimasak?

Ikan yang dimasak memiliki banyak manfaat bagi ibu menyusui serta bayi. Ikan air dingin khususnya, kaya akan vitamin D dan asam lemak omega-3. Mereka juga kaya akan kandungan protein dan rendah lemak jenuh.

Kandungan omega-3 yang terdapat dalam ikan memiliki manfaat kesehatan untuk bayi, yang mempromosikan penglihatan yang baik dan perkembangan kognitif.

Ikan berlemak juga memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi Moms dan bayi, mereka mengandung vitamin D, omega-3, dan niasin yang bermanfaat bagi kesehatan.

Per minggunya, ibu menyusui setidaknya disarankan mengonsumsi 8 ons makanan laut, termasuk ikan dan kerang.

Apakah ada alternatif lain jika ibu menyusui tak ingin konsumsi ikan mentah dalam sushi?

Bagi ibu yang ingin menikmati sushi tetapi tidak ingin mengonsumsi ikan mentah, tak perlu khawatir, karena Moms dapat mencoba alternatif lain, yakni dengan memilih sushi vegetarian.

Sebagai contoh, Moms dapat memilih gulungan sushi sayur yang mengandung alpukat, mentimun, dan acar lobak, yang diatasnya terdapat wasabi dan kecap secukupnya. Pilihan sushi lainnya adalah nigari dan inari.

Meskipun pilihan sushi ini tidak mengandung nutrisi tertentu seperti omega-3 atau vitamin D yang terdapat pada ikan, tetapi nutrisi dalam sushi vegetarian tersedia dari sumber lain, yakni sayuran.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum menikmati sushi

Mengonsumsi makanan  yang salah dapat membahayakan kesehatan tubuh lho, Moms.

Ibu hamil dan ibu menyusui dapat mengurangi risiko terserang penyakit akibat dari mengonsumsi sushi atau makanan lain dengan melakukan cara ini:

  • Makan di restoran yang terpercaya
  • Bertanya pada staf restoran di mana mereka mendapatkan ikan dan bagaimana mereka mengolah ikan tersebut
  • Mencuci tangan dengan bersih setelah menyentuh ikan atau daging mentah
  • Jangan mengonsumsi makanan kedaluwarsa
  • Menjaga kulkas pada suhu yang benar dan membersihkannya secara teratur untuk menghindari pertumbuhan bakteri

Moms, mengonsumsi sushi saat sedang menyusui memang sah-sah saja. Akan tetapi, jangan lupa pastikan makanan tersebut matang. Perhatikan kebersihan dan gizi makanan ya Moms, agar Moms dan si kecil dapat terhindar dari bahaya bakteri pada makanan.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Healthline (2018). Diakses pada 03 Agustus 2020. Is It Safe to Eat Sushi While Breastfeeding? 

Medical News Today (2018). Diakses pada 03 Agustus 2020. Can You Eat Sushi While Breastfeeding? 

Nikko Sushi Bar (2017). Diakses pada 03 Agustus 2020. 6 Health Benefits of Sushi

    register-docotr