Menyusui

Bingung Bagaimana Memulai Menyapih Anak? Ini Triknya Moms

July 19, 2020 | Fitri Chaeroni | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Menyapih anak bukan hanya kesiapan bayi tapi juga ibunya. Dibutuhkan cara menyapih anak yang khusus agar proses ini berjalan dengan baik dan lebih mudah.

Nah jika Moms kini sedang mulai mempersiapkan proses transisi dari ASI eksklusif ke botol  atau susu formula, ada beberapa trik cara menyapih anak yang bisa Moms coba.

Baca Juga: Stres dan Tak Semangat Saat Bekerja? Bisa Jadi Akibat Sindrom Burnout

Kapan waktu menyapih anak yang tepat?

Sebelum kita pelajari trik bagaimana cara menyapih anak, salah satu kunci yang penting adalah timing. Kapan sih waktu menyapih anak yang tepat?

American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan menyusui secara eksklusif sampai bayi berusia 6 bulan. Kemudian menyajikan dan mengenalkan variasi makanan seperti kombinasi makanan padat dan ASI hingga ia berusia 1 tahun.

Tetapi ketahuilah bahwa menyapih pada akhirnya adalah keputusan pribadi dan harus didasarkan pada apa yang terbaik untuk keluarga Moms.

Misalnya, mungkin Moms harus kembali bekerja karena cuti hamil dan melahirkan sudah selesai dan membutuhkan fleksibilitas pemberian susu botol lebih awal dari 6 bulan. Jadi Moms lah yang paling tahu kapan waktu yang tepat.

Tanda anak mungkin mulai siap disapih

Selain timing yang ditentukan oleh ibu, beberapa bayi mungkin juga akan menunjukkan tanda kalau mereka sudah siap untuk memulai proses menyapih, seperti:

  • Tampak tidak tertarik atau cerewet saat menyusu
  • Menyusu dalam waktu yang lebih pendek dari sebelumnya
  • Mudah terganggu saat menyusui
  • “Bermain” di payudara, seperti terus-menerus menarik atau menggigit. Bayi yang menggigit saat menyusu harus segera dihentikan dan katakan dengan tenang tetapi tegas, “Jangan menggigit, menggigit sakit”
  • Menyusu hanya demi kenyamanan (mengisap payudara tetapi tidak mengeluarkan ASI).

Baca Juga : Kenali Mastitis Payudara: Infeksi Jaringan Payudara pada Ibu Menyusui dan Cara Mencegahnya

Trik cara menyapih anak agar lebih mudah

Cara menyapih anak akan lebih mudah jika ia juga mengonsumsi susu dari sumber lain. Jadi cobalah sesekali memberikan botol ASI kepada si kecil setelah menyusui secara eksklusif. 

Ini dapat memudahkan proses menyapih nanti. Ini juga memungkinkan anggota keluarga lain memberi makan bayi dan Moms bisa meninggalkan anak dengan pengasuh.

Ketika Moms akan mulai menyapih, ingatlah bahwa anak perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan minum dari botol atau gelas. 

Berikut beberapa cara menyapih anak untuk membuat perubahan ini lebih mudah:

  • Lakukan secara bertahap. Caranya dengan mengurangi frekuensi ASI eksklusif sedikit demi sedikit. Misal Moms hanya akan menyusui pada malam hari saja dan paginya minum dari botol
  • Penyapihan yang tiba-tiba seharusnya hanya dipertimbangkan dalam keadaan yang ekstrem, sakit misalnya
  • Libatkan anak dalam kegiatan bermain yang menyenangkan atau jalan-jalan pada saat mendekati waktu Moms biasanya menyusui mereka
  • Cara menyapih anak yakni dengan menghindari duduk di tempat Moms biasanya menyusui anak. Atau Moms juga bisa menghindari mengenakan pakaian atau alat bantu yang biasanya digunakan untuk menyusui
  • Jika bayi lebih muda dari 1 tahun, cara menyapih anak dengan memperkenalkan botol atau gelas saat mendekati waktu biasanya akan menyusui. Sementara cara menyapih anak yang lebih besar, cobalah berikan camilan sehat, menawarkan gelas, atau mungkin pelukan
  • Mintalah bantuan pasangan untuk memberikan pengalih perhatian pada waktu menyusui. Atau Moms juga bisa meminta bantuan suami untuk memberikan susu bayi dalam botol
  • Jika anak Moms jadi punya kebiasaan yang menenangkan (seperti mengisap jempol) atau melekat pada selimut, jangan putus asa. Anak Moms mungkin sedang berusaha menyesuaikan diri dengan perubahan emosional dengan penyapihan.

Baca Juga: Sulit Hamil? Pahami Dulu Penyebab Infertilitas pada Perempuan dan Pria Berikut!

Hal yang banyak ibu rasakan saat menyapih anak

Menyusui adalah kegiatan intim yang menumbuhkan ikatan yang kuat antara ibu dan anak. Itu sebabnya beberapa wanita merasa sulit untuk melepaskannya.

Ingat, ASI eksklusif adalah sebuah bentuk hak anak dalam 6 bulan kehdiupan awalnya. ASI adalah sebuah kebutuhan gizi anak yang harus dicukupi.

Bila ingin mulai menyapih, disarankan setelah usia anak melewati 6 bulan, dengan mengenalkan beragam jenis makanan kepada anak. Menyapihlah sesuai dengan usia dan kondisi kesehatan anak.

Banyak ibu membuat keputusan untuk menyapih dengan berbagai emosi. Menyapih membawa lebih banyak kebebasan dan fleksibilitas, dan rasa bangga bahwa seorang anak sedang mencapai tonggak sejarah.

Menyusui adalah sebuah waktu di mana ibu dan anak dapat menumbuhkan ikatannya. Oleh karena itu, waktu-waktu ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya, karena memiliki dampak yang baik juga untuk produksi ASI.

Jaga kesehatan Moms dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Parents. Diakses pada 15 Juli 2020. How to Wean Your Child from Breastfeeding

Kids Health. Diakses pada 15 Juli 2020. Weaning Your Child

Caring for Kids. Diakses pada 15 Juli 2020. Weaning your child from breastfeeding

    register-docotr