Menyusui

8 Tips Merawat Diri saat Menyusui

December 5, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Kehadiran buah hati tentu saja menjadi kebahagiaan tersendiri. Moms, pasti ingin memberikan segalanya bagi si Kecil, baik dari segi waktu, pemberian nutrisi serta kasih sayang.

Akan tetapi, jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan Moms lupa untuk merawat diri ya. Sebab, merawat diri sendiri sama penting dengan merawat si Kecil.

Baca juga: Do’s & Don’ts yang Perlu Moms Perhatikan Ketika Menyusui saat Hamil

Tips merawat diri bagi ibu menyusui

Menyusui adalah cara alami bagi ibu untuk memberi bayi semua nutrisi dan makanan selama bulan-bulan pertama kehidupan. Ini juga dapat membantu Moms pulih lebih cepat setelah melahirkan.

Meski demikian, tak jarang seorang ibu justru lupa untuk merawat dirinya sendiri ketika sedang menyusui. Padahal, menjaga kesehatan tubuh dan mental itu penting lho. Nah, berikut ini adalah beberapa tips perawatan diri bagi Moms yang sedang menyusui.

1. Konsumsi makanan bergizi

Hal pertama yang perlu Moms lakukan adalah mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh saat menyusui. Mengonsumsi makanan kaya akan kandungan nutrisi dapat membantu Moms memperoleh semua kebutuhan gizi yang diperlukan bayi.

Tak hanya itu, mengonsumsi makanan bergizi juga bisa menjaga tubuh Moms tetap sehat.

Melansir dari Healthline, pada saat menyusui Moms perlu untuk mengonsumsi lebih banyak kalori, yakni sekitar 500 kalori tambahan per hari.

Beberapa makanan bergizi di antaranya adalah sayuran, buah-buahan, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, serta daging.

2. Penuhi asupan cairan

Selain mengonsumsi makanan bergizi, Moms juga perlu memenuhi asupan cairan agar tubuh tetap tehidrasi dengan baik. Sebab, jika Moms tidak mengonsumsi cukup air putih, tubuh dan organ tidak dapat berfungsi dengan baik.

Kebutuhan air putih ketika menyusui makin meningkat. Ibu menyusui mungkin perlu menambah total asupan air menjadi 104 ons atau setara dengan 13 gelas per hari.

3. Berolahraga

Olahraga penting untuk kesehatan ketika seorang ibu sedang menyusui. Alih-alih memaksakan diri untuk mencapai kebugaran yang tinggi, akan lebih baik jika Moms fokus untuk melakukan olahraga yang bisa membuat Moms merasa lebih baik.

Berikut adalah beberapa pedoman yang perlu Moms ketahui untuk berolahraga.

  • Memberikan ASI terlebih dahulu pada si Kecil sebelum mulai berolahraga
  • Kenakanlah bra secara tepat
  • Tetap terhidrasi dengan baik, terutama jika Moms berolahraga dalam cuaca panas
  • Mandi setelah berolahraga

4. Menjaga kebersihan payudara

Penting untuk mempraktikan kebersihan saat menyusui, termasuk kebersihan payudara dan puting payudara.

Kenakanlah bra menyusui yang bersih, dan gantilah jika bra kotor atau basah. Jika Moms menggunakan breast pad untuk menyerap ASI yang bocor, pastikanlah untuk sering menggantinya. Bra atau breast pads yang basah dapat menyebabkan kerusakan pada kulit.

Jika Moms mengalami masalah pada payudara seperti puting sakit atau saluran susu tersumbat, segeralah lakukan perawatan untuk mencegahnya semakin memburuk, yang dapat mengganggu proses menyusui si Kecil.

Baca juga: Ini 5 Manfaat Menyusui pada Kesehatan Wanita, Bisa Cegah Kanker!

5. Istirahat yang cukup

Ada banyak hal yang harus dilakukan oleh seorang ibu, tak jarang ini membuat Moms kewalahan serta merasa lelah. Sebaiknya, selalu pastikan Moms beristirahat dengan cukup, ya. Dengan mencukupi waktu istirahat, Moms akan merasa lebih baik dan lebih siap untuk mengurus si Kecil.

6. Membangun sistem support

Kadangkala menyusui bisa penuh tantangan dan kekhawatiran. Tetapi, Moms bisa membangun sistem support untuk mendapatkan dukungan yang Moms butuhkan.

Pikirkanlah mengenai orang-orang dalam hidup Moms yang bisa Moms hubungi untuk mendapatkan nasihat dan dukungan.

7. Jangan ragu untuk membicarakan perasaan Moms

Moms tidak harus menyimpan semuanya sendiri. Membicarakan perasaan yang Moms rasakan bisa membuat Moms merasa lebih baik. Moms bisa membicarakan mengenai perasaan Moms pada pasangan, keluarga, teman, atau seorang profesional.

8. Luangankan waktu untuk diri sendiri

Meluangkan waktu untuk diri sendiri dengan melakukan hal yang disukai bisa membuat perasaan Moms lebih segar dan rileks. Ketika melakukan hal yang disukai, Moms bisa menitipkan si Kecil dengan meminta tolong kepada pasangan atau anggota keluarga lain.

Nah, itulah beberapa tips merawat diri sendiri bagi ibu menyusui. Memfokuskan diri pada si Kecil memang penting, tetapi jangan sampai Moms mengabaikan untuk merawat diri sendiri, ya!

Jika Moms memiliki pertanyaan seputar kesehatan anak, Moms bisa berkonsultasi dengan kami melalui Aplikasi Good Doctor. Mitra dokter kami siap membantumu dengan layanan 24/7. Jangan ragu untuk berkonsultasi, ya!

Reference

Healthline (2019). Diakses pada 04 Desember 2020. Guide to Breastfeeding: Benefits, How to, Diet, and More 

Healthline (2020). Diakses pada 04 Desember 2020. Breastfeeding Diet 101: What to Eat While Breastfeeding 

Medical News Today (2017). Diakses pada 04 Desember 2020. How much water you need to drink 

Very Well Health (2020). Diakses pada 04 Desember 2020. Self-Care for the Breastfeeding Mother 

    register-docotr