Kesehatan Anak

Si Kecil Sering Bersin di Pagi Hari, Apakah Pertanda Alergi?

September 21, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Moms, apakah si kecil sering mengalami bersin di pagi hari? Jika iya, Moms harus memerhatikan hal ini, karena bersin di pagi hari dapat membuat anak tidak nyaman lho. Lalu, apa sih sebenarnya penyebab bersin di pagi hari?

Pada dasarnya bersin adalah mekanisme yang digunakan tubuh untuk membersihkan hidung ketika benda asing seperti kotoran, serbuk sari, asap, atau bahkan debu masuk ke lubang hidung. Bersin adalah salah satu pertahanan pertama tubuh terhadap serangan bakteri.

Baca juga: Mengenal Alergi Dingin, Reaksi Kulit akibat Paparan Suhu Rendah

Lantas, mengapa anak suka bersin di pagi hari?

Moms, hidung tersumbat, bersin, batuk, serta pilek merupakan reaksi umum terhadap alergi. Alergi dapat kambuh kapan saja. Jika si kecil sering bersin di pagi hari bisa jadi ia mengalami rhinitis alergi.

Rhinitis alergi atau yang sering disebut dengan alergi atau hay fever, terjadi ketika sistem kekebalan mengeluarkan reaksi berlebih terhadap partikel udara yang dihirup.

Sistem kekebalan kemudian menyerang partikel yang berada di dalam tubuh. Nah, hal inilah yang menyebabkan gejala seperti bersin dan pilek. Partikel yang masuk ke dalam tubuh disebut sebagai alergen, yang berarti dapat menyebabkan reaksi alergi.

Rhinitis alergi dapat menimbulkan beberapa gejala, seperti:

  • Bersin terus menerus, terutama setelah bangun di pagi hari
  • Hidung berair dan postnasal drip (tenggorokan berlendir). Cairan yang keluar dari hidung yang disebabkan oleh alergi biasanya bening dan encer, namun bisa menjadi tebal, keruh, atau kekuningan jika terkena infeksi hidung atau sinus
  • Mata berair dan gatal
  • Telinga, hidung, dan tenggorokan terasa gatal

Penyebab rhinitis alergi

Rhinitis alergi tidak terjadi begitu saja, ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya anak mengalami kondisi ini.

Dilansir dari Healthline, berikut adalah faktor rhinitis alergi yang perlu Moms perhatikan.

1. Serbuk sari

Jika anak memiliki alergi terhadap serbuk sari, kemungkinan besar Moms akan melihat gejala alergi yang memburuk di pagi hari. Hal ini karena jumlah serbuk sari paling tinggi terdapat di pagi hari.

2. Tungau debu

Bersin yang dialami anak di pagi hari juga dapat disebabkan oleh tungau debu. Tungau adalah serangga kecil yang hidup di rumah. Tungau cenderung hidup dan berkembang biak di kasur, bantal, tempat tidur, dan furnitur.

Jika si kecil tidur di tempat tidur yang terdapat tungau, kemungkinan ia akan terbangun dengan gejala alergi setiap pagi.

3. Bulu hewan peliharaan

Alergi juga dapat disebabkan oleh bulu hewan peliharaan lho Moms. Ini adalah pemicu lain terjadi alergi di pagi hari, terutama jika hewan peliharaan tidur di tempat tidur atau kamar yang sama dengan si kecil.

4. Jamur

Jamur yang terdapat di dalam ruangan juga dapat memperburuk alergi di pagi hari, terutama jika kamar tidur berada di dekat kamar mandi atau di dekat lokasi adanya jamur yang berkembang biak.

Bagaimana cara mencegah bersin di pagi hari?

Jika si kecil mengalami bersin di pagi hari Moms tak perlu khawatir, karena Moms dapat mencegah bersin di pagi hari dengan cara berikut ini:

  • Jangan tidur dengan hewan peliharaan atau membiarkannya berada di tempat tidur anak. Untuk menjaga kebersihan hewan, sebaiknya mandikan hewan setidaknya seminggu sekali untuk mengurangi alergen di rumah
  • Akan lebih baik jika tidak menggunakan karpet di kamar tidur
  • Gunakan dehumidifier untuk mengurangi tingkat kelembapan di kamar hingga 50 persen. Ini berguna untuk membunuh tungau debu
  • Gunakan sarung bantal anti tungau dan letakkan sarung di atas kasur dan bantal si kecil
  • Rajinlah untuk membersihkan debu di dalam kamar untuk mengurangi debu yang menumpuk
  • Moms dapat menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan karpet, setidaknya seminggu sekali
  • Cucilah seprai dan sarung bantal dengan air panas (setidaknya dengan suhu 54 ° C) seminggu sekali
  • Jangan tidur dengan jendela terbuka. Jendela yang tertutup dapat membantu mengurangi serbuk sari di dalam kamar tidur
  • Periksalah kualitas udara di dalam rumah

Itulah informasi mengenai alasan mengapa anak sering bersin di pagi hari. Agar si kecil terhindar dari bersin di pagi hari, Moms dapat melakukan pencegahan yang sudah disebutkan di atas.

Tetapi, jika rhinitis alergi berlangsung parah sebaiknya segeralah periksakan si kecil ke dokter ya Moms.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Cigna (2019). Diakses pada 18 September 2020. Allergic Rhinitis 

Healthline (2020). Diakses pada 18 September 2020. Why Do I Have Allergy Symptoms in the Morning? 

Healthline (2018). Diakses pada 18 September 2020. Why Do We Sneeze?

    register-docotr