Kesehatan Anak

Ciri-ciri Radang Amandel pada Anak dan Cara Tepat Mengatasinya

July 15, 2020 | Dani Kosasih | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Radang amandel pada anak umumnya dapat menyerang di segala usia. Namun biasanya penyakit ini dialami oleh anak pada usia prasekolah dan pertengahan remaja, tepatnya mulai usia 5-15 tahun.

Radang amandel atau tonsilitis sering terjadi ketika anak-anak menderita flu yang disetai batuk. Pada remaja, kondisi demam tinggi juga dapat menyebabkan tonsilitis parah.

Apa itu radang amandel pada anak?

Radang amandel merupakan infeksi atau peradangan yang terjadi pada tonsil atau amandel, yang biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri.

Kebanyakan infeksi tonsilitis atau radang amandel dapat berlangsung tidak secara konsisten atau muncul-hilang dengan durasi kambuh yang sering terjadi.

Ciri-ciri radang amandel

Moms bisa mengetahui ciri-ciri radang amandel dengan memerhatikan beberapa tanda khas. Beberapa ciri-ciri utamanya yaitu seperti bengkak pada amandel, serta rasa sakit pada tenggorokan.

Beberapa ciri lain yang sering dijumpai adalah:

  • Demam
  • Lemas
  • Sakit kepala
  • Nyeri pada otot
  • Sakit tenggorokan
  • Rasa sakit di sekitar bagian telinga dan leher
  • Nyeri menelan
  • Saat dokter melakukan pemeriksaan, ditemukan pembesaran tonsil atau amandel yang berwarna merah. Terkadang ditemukan bercak putih di bagian permukaan tonsil
  • Rasa kering pada tenggorokan atau seperti ada yang mengganjal pada bagian leher
  • Flu dan demam yang disertai batuk, pilek, suara serak, mual, nyeri perut, dan terjadinya pembesaran kelenjar getah bening di sekitar bagian leher
  • Pada penderita tonsilitis kronis, penderita mendengkur ketika tidur dan disertai adanya pembesaran pada bagian kelenjar adenoid

Cara mengatasi radang amandel pada anak

Moms bisa mengatasi radang amandel pada anak melalui konsumsi obat yang direkomendasikan oleh dokter.

Selain itu, Moms juga bisa melakukan beberapa langkah perawatan di rumah untuk mengatasi rasa tidak nyaman akibat radang amandel pada anak.

Obat-obatan dan tindakan medis

Ada beberapa jenis obat-obatan yang bisa Moms berikan untuk anak untuk mengatasi radang amandel yang dialami anak. Beberapa jenis obat ini mampu menurunkan gejala dan rasa sakit yang dialami. Beberapa jenis obat tersebut yakni:

Asetaminofen

Asetaminofen mampu mengurangi rasa sakit dan demam. Obat ini tersedia tanpa resep dokter.

Namun meskipun begitu, ada baiknya Moms berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui dosis yang tepat. Karena jika berlebihan, obat ini dapat menyebabkan kerusakan hati pada anak.

Antiinflamasi nonsteroid

Obat seperti ibuprofen dapat membantu mengurangi pembengkakan, nyeri, dan demam. Obat ini tersedia dengan atau tanpa resep dokter.

Ada baiknya Moms berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat karena obat ini dapat menyebabkan perdarahan lambung atau masalah ginjal pada beberapa orang tertentu.

Jangan memberikan obat ini kepada anak di bawah 6 bulan tanpa arahan dari dokter.

Antibiotik

Beberapa jenis antibiotik dapat membantu mengobati infeksi bakteri yang menjadi penyebab radang amandel. Konsultasikan dengan dokter agar Moms bisa memberikan antibiotik yang tepat untuk anak.

Operasi

Jika radang amandel sudah berada pada tahap yang cukup parah atau kronis, Moms bisa melakukan operasi amandel untuk mengangkat amandel anak. Pembedahan juga dapat dilakukan jika antibiotik tidak bekerja.

Pengobatan rumahan untuk radang amandel

Moms juga bisa melakukan perawatan di rumah untuk beberapa kasus radang amandel, khususnya yang telah mendapat anjuran dari dokter. Beberapa cara yang bisa Moms lakukan adalah:

  • Pastikan anak mendapatkan banyak waktu istirahat
  • Usahakan anak mengonsumsi banyak air atau cairan seperti sari buah, terutama selama demam
  • Jangan biarkan anak mengonsumsi minuman berbasis es dan gula
  • Jangan berikan anak makanan yang digoreng dan makanan yang diawetkan
  • Bimbing anak untuk berkumur air garam hangat 3-4 kali sehari
  • Gunakan kompres hangat pada leher anak setiap hari

Demikian informasi tentang radang amandel yang perlu Moms waspadai. Jika gejala berlanjut dan tak kunjung sembuh, segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

1. drugs.com. Diakses 9 Juli 2020. https://www.drugs.com/cg/tonsillitis-in-children.html

2. yankes.kemkes.go.id (2019). Diakses 9 Juli 2020. http://www.yankes.kemkes.go.id/read-tonsilitis-radang-amandel-8380.html

3. rch.org.au. Diakses 9 Juli 2020. https://www.rch.org.au/kidsinfo/fact_sheets/Tonsillitis/#:~:text=Signs%20and%20symptoms%20of%20tonsillitis&text=a%20sore%20throat,be%20a%20middle%20ear%20infection)

4. yankes.kemkes.go.id (2017). Diakses 9 Juli 2020 http://www.yankes.kemkes.go.id/read-tim-ip3-humas-rsmh-penyuyluhan-penyakit-tonsilitis-1707.html

5. mayoclinic.org. Diakses 9 Juli 2020. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tonsillitis/symptoms-causes/syc-20378479

    register-docotr