Kesehatan Anak

Penyebab dan Cara Mencegah Mabuk Perjalanan pada Anak-anak

October 25, 2020 | Fitri Chaeroni | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Anak Moms pernah mengalami mabuk saat melakukan perjalanan dengan kendaraan darat seperti mobil atau bus?

Jika iya, jangan khawatir berlebihan Moms. Sebab hal ini adalah sesuatu yang normal dan sering dialami oleh anak-anak.

Untuk tahu apa penyebab dan cara mengatasi mabuk darat atau mabuk kendaraan pada anak-anak, Moms bisa simak penjelasan berikut ini ya.

Penyebab mabuk darat

Mabuk kendaraan adalah bagian dari motion sickness atau mabuk perjalanan. Mabuk perjalanan terjadi ketika otak menerima informasi yang bertentangan dari telinga bagian dalam, mata, saraf di persendian, dan otot.

Penyebab pasti mabuk darat tidak diketahui. Namun kondisi ini lebih sering terjadi pada anak usia 2-12 tahun dan tidak berpengaruh pada bayi serta balita.

Bayangkan seorang anak kecil duduk di kursi belakang mobil yang lebih rendah tanpa bisa melihat ke luar jendela, atau seorang anak yang lebih besar membaca buku di dalam mobil. 

Telinga bagian dalam anak akan merasakan gerakan, tetapi mata dan tubuhnya tidak. Hal ini menyebabkan ketidakcocokan sensorik yang membebani dan membingungkan otak. Akibatnya anak akan merasakan keringat dingin, kelelahan, kehilangan nafsu makan hingga muntah.

Baca Juga : 5 Jenis Obat Mual yang Bisa Dibeli di Apotek, Ini Daftarnya!

Gejala anak mabuk darat

Jika anak Moms terlalu kecil untuk bisa mengekspresikan diri, mereka mungkin mengalami mabuk darat jika mereka menunjukkan gelagat:

  • Menjadi pemarah atau rewel
  • Sering menguap
  • Berkeringat dan pucat
  • Gelisah

Cara mengatasi anak yang mabuk darat

Jika anak mulai mengalami gejala mabuk kendaraan, hentikan mobil atau kendaraan sesegera mungkin dan biarkan anak keluar dan berjalan-jalan atau berbaring telentang selama beberapa menit dengan mata tertutup.

Moms juga bisa mengompres kepala anak dengan kain dingin di bagian dahi. Jika anak muntah, berikan air dingin dan cemilan ringan saat mualnya hilang.

Baca Juga : Moms, Ini 9 Penyebab Anak Sakit Perut dan Muntah-muntah

Cara mencegah mabuk darat pada anak

Mabuk kendaraan ini sebenarnya bisa dicegah dengan beberapa cara. Berikut beberapa tips yang bisa Moms coba saat akan melakukan perjalanan darat dengan anak:

1. Kurangi masukan sensorik

Moms bisa ajak atau sarankan anak untuk melihat sesuatu di luar mobil daripada berfokus pada buku, mainan, atau layar gadget.

Akan lebih mudah jika anak tidur sepanjang perjalanan, jadi bepergian selama jam tidur anak mungkin bisa membantu.

2. Pilih menu makan yang tepat sebelum perjalanan

Jangan berikan anak makanan berat sebelum dan selama melakukan perjalanan darat, Moms. Jika perjalanannya akan lama atau anak perlu makan, berikan anak cemilan kecil yang lembut.

Sebelum meninggalkan rumah, berikan anak-anak biskuit atau makanan ringan lainnya. Jangan merokok atau membawa makanan berbau menyengat di dalam mobil.

3. Pastikan ventilasi udara baik

Pastikan anak mendapat cukup udara sepanjang perjalanan. Ventilasi udara yang memadai dapat membantu mencegah mabuk kendaraan.

4. Alihkan perhatian anak

Jika anak Moms termasuk anak yang mudah mabuk kendaraan, cobalah alihkan perhatiannya selama perjalanan.

Buat anak-anak sibuk dengan aktivitas yang menghentikan mereka untuk melihat ke bawah. Moms bisa mengajak anak mengobrol, mendengarkan musik, atau menyanyikan lagu.

5. Posisikan anak duduk lebih tinggi

Moms bisa menempatkan anak di car seat yang didesain khusus untuk anak-anak. Kursi khusus ini biasanya akan membuat posisi duduk anak lebih tinggi.

Tetapi ingat, bahwa anak-anak di bawah usia 2 tahun harus duduk di kursi mobil yang menghadap ke belakang. Kecuali mereka telah mencapai berat atau tinggi yang diizinkan oleh pembuat kursi mobil. 

6. Berhentilah sesering mungkin

Jika perjalanan darat yang ditempuh akan sangat panjang, jangan lupa untuk sering berhenti ya Moms. Selain mencegah anak bosan, ini juga bisa mencegah anak untuk mabuk darat.

Biarkan anak beristirahat dan keluar menghirup udara segar di luar mobil. Berikan merek cemilan selagi beristirahat.

7. Gunakan obat

Jika Moms merencanakan perjalanan dengan mobil, tanyakan kepada dokter anak tentang penggunaan antihistamin yang dijual bebas, seperti dimenhydrinate (dramamine) atau diphenhydramine (benadryl), untuk mencegah mabuk kendaraan.

Kedua obat tersebut bekerja paling baik jika diminum sekitar satu jam sebelum bepergian. Baca label produk dengan cermat untuk menentukan dosis yang tepat dan bersiaplah untuk kemungkinan efek samping, seperti mengantuk.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Mayo Clinic. Diakses pada 23 Oktober 2020. What causes car sickness in children and how can I prevent it?

URMC. Diakses pada 23 Oktober 2020. Why Children Get Carsick—And What to Do

Today’s Parents. Diakses pada 23 Oktober 2020. Why do some kids get motion sickness––and what can parents do to prevent it?

    register-docotr