Kesehatan Anak

Moms, Catat Perkembangan Fisik Anak Usia 1 Sampai 5 Tahun Berikut

November 4, 2020 | Dewi Nurfitriyana
feature image

Memiliki buah hati yang dapat tumbuh dan berkembang dengan sempurna adalah impian setiap orang tua. Namun sering kali, kita kebingungan dengan tahapan perkembangan seperti apa yang seharusnya dicapai oleh si Kecil.

Apalagi jika terkait dengan perkembangan fisik yang terjadi dengan sangat cepat. Nah, agar Moms bisa mendapatkan sedikit gambaran mengenai hal ini. Mari simak tahap perkembangan fisik anak usia 1 sampai 5 tahun berikut.

Baca juga: Mendidik Peduli, Simak 4 Manfaat Memelihara Binatang Bagi Anak

Perkembangan fisik anak usia 1 tahun

Sebagian besar orang tua menganggap usia 1 tahun adalah pintu gerbang si Kecil memasuki fase balita. Tak heran jika di momen ini ada banyak perkembangan fisik yang akan ia alami.

Misalnya yang paling kentara adalah melangkahkan kakinya untuk pertama kali. Tapi jika di usia ini ia belum dapat melakukannya, Moms tak perlu merasa khawatir.

Ingat, perkembangan fisik setiap bayi itu berbeda-beda. Lagi pula selain berjalan, ada juga yang mengalami perkembangan fisik di usia ini dengan merangkak, atau berguling.

Umumnya, si Kecil sudah bisa berjalan di usia 12 bulan hingga 15 bulan. Penting bagi orangtua untuk mendampingi buah hati selama ia belajar dan berusaha untuk berjalan.

Di usia ini kemampuan si Kecil dalam mengambil benda menggunakan ibu jari dan telunjuk mereka juga semakin meningkat. Skill ini kelak akan sangat berperan pada kemampuan motorik mereka dalam makan sendiri, menyusun benda, dan semacamnya.

Perkembangan fisik anak usia 2 tahun

Mungkin Moms pernah mendengar bahwa anak yang memasuki usia 2 tahun akan menjadi lebih rewel sampai-sampai ada istilah ‘the terrible twos’ untuk menggambarkan kondisi ini.

Padahal perubahan tersebut salah satunya terjadi karena perkembangan hormon dan fisik yang pesat di dalam tubuhnya.

Misalnya, kemampuan berjalan mereka akan semakin meningkat menjadi berlari dan melompat. Pada akhirnya mereka akan berlari ke sana ke mari dan seolah tidak bisa duduk diam dengan manis dalam waktu yang lama.

Hal ini merupakan pertanda bahwa kemampuan koordinasi yang mereka miliki semakin baik dan seimbang. Selain itu, si Kecil juga akan semakin lihai mengambil benda berukuran kecil, membuka pintu, bahkan membuka dan memasang pakaian sendiri.

Si Kecil juga mulai menunjukkan kemampuan menggambar atau mencoret-coret. Moms bisa memberikan pensil atau krayon agar si Kecil bisa mengembangkan kemampuannya.

Baca juga: Biar Mandiri, Berikut Cara Mengajarkan Toilet Training pada si Kecil Moms

Perkembangan fisik anak usia 3 tahun

Saat memasuki usia 3 tahun, perkembangan otot kecil maupun besar si Kecil akan terjadi dengan semakin cepat. Salah satunya dapat dilihat melalui berkembangnya kemampuan motorik mereka dalam memanjat, mengayuh sepeda, atau bahkan mengendarai skuter.

Di momen ini si Kecil juga akan mengalami lompatan besar dalam mengoordinasikan otot-otot kecil pada tangannya dengan mata. Ini berarti dia akan mulai bisa memegang pensil dengan baik, mencorat coret kertas, dan makan sendiri dengan rapi.

Namun mengingat salah satu perubahan besar yang terlihat di usia ini juga adalah kemandirian si Kecil yang semakin matang. Terkadang mereka bertingkah seolah mampu melakukan apapun sendiri tanpa bantuan Moms sama sekali.

Misalnya ketika hendak memasukkan makanan ke dalam mulut, ia akan memasukkan makanan dengan tangan kiri. Untuk membantunya menggunakan tangan yang benar, Moms perlu mengenalkan mana tangan kanan dan kiri di usia ini.

Ini penting karena bisa membantu mengarahkan otot-otot mereka agar terbiasa melakukan aktivitas dengan benar.

Perkembangan fisik anak usia 4 tahun

Perbedaan fisik yang paling menonjol pada anak di usia ini umumnya dilihat dari tinggi badan.

Dilansir dari Goodtoknow, anak usia 4 tahun akan tumbuh sekitar 4 sentimeter per tahunnya. Pada rentang usia ini anak juga akan mengalami peningkatan kemampuan motorik kasar dan halus yang semakin membaik.

Ia akan mulai mampu menyambung garis-garis putus untuk menjadi sebuah huruf, berlari dengan lebih stabil tanpa terjatuh, dan sejenisnya.

Perkembangan fisik anak usia 5 tahun

Di usia 5 tahun fisik anak akan menjadi semakin kuat. Ia akan mampu berlari lebih cepat, menyeimbangkan diri dengan berdiri pada satu kaki, atau bahkan melempar sebuah benda secara akurat dalam jarak yang cukup jauh.

Perkembangan fisik lain yang menjadi penanda masuknya usia ini adalah si Kecil mulai mengalami gigi susu yang tanggal.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr