Kesehatan Anak

Kenali Metode Kanguru untuk Bayi Prematur dan Berat Badan Lahir Rendah

October 21, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Ketika bayi lahir prematur atau memiliki berat badan lahir rendah bisa membuat Moms cemas. Ada metode yang dapat Moms lakukan untuk mengatasi kondisi tersebut, yakni metode kanguru.

Nah, untuk mengenal metode kanguru lebih dalam, yuk Moms simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Moms, Yuk Pahami Lebih Lanjut Perawatan Bayi Prematur yang Paling Tepat!

Mengenal metode kanguru

Perawatan Metode Kanguru (PMK) atau Kangaroo Mother Care (KMC) adalah perawatan yang dilakukan untuk bayi yang lahir prematur atau memiliki berat lahir rendah dengan melakukan kontak langsung dengan kulit ibu (skin-to-skin contact).

Metode ini memanfaatkan penggunaan suhu tubuh alami ibu untuk menghangatkan bayi. Meskipun demikian, baik ibu maupun ayah dapat melakukan metode ini.

Perawatan ini pertama kali diperkenalkan oleh Ray dan Martinez di Bogota, Columbia pada 1979 sebagai alternatif perawatan berat badan lahir rendah (BBLR). Perawatan ini merupakan alternatif pengganti inkubator dalam perawatan BBLR.

Metode perawatan ini meniru binatang kanguru yang bayinya lahir sangat prematur. Ketika lahir, bayi kanguru disimpan di kantung yang terdapat di perut sang ibu untuk mencegah bayi kedinginan sekaligus mendapatkan makanan yang berupa air susu dari induknya.

Apa saja manfaat metode kanguru?

Metode kanguru seringkali dilakukan pada bayi prematur saat mereka masih di rumah sakit.

Moms, metode kanguru memiliki banyak sekali manfaat lho. Bukan hanya untuk bayi saja tetapi juga untuk orang tua. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat dari metode kanguru yang perlu Moms ketahui.

Manfaat metode kanguru untuk bayi

  • Menstabilkan detak jantung si Kecil
  • Memperbaiki pola pernapasan pada bayi agar lebih teratur
  • Meningkatkan tingkat saturasi oksigen
  • Membantu penambahan berat badan yang lebih cepat
  • Mengurangi tangisan pada bayi
  • Membuat tidur bayi lebih nyenyak
  • Meningkatkan tingkat menyusui
  • Membantu bayi untuk keluar dari rumah sakit lebih cepat

Manfaat metode kanguru untuk orang tua

  • Memperkuat ikatan dengan bayi
  • Meningkatkan suplai ASI
  • Meningkatkan kepercayaan diri terhadap kemampuan merawat si Kecil
  • Meningkatkan rasa kendali
  • Meringankan kekhawatiran pada orang tua

Cara melakukan metode kanguru

Dilansir dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), perawatan kanguru dapat dilakukan dengan dua acara, di antaranya adalah:

PMK intermiten

PMK intermiten dilakukan untuk bayi dengan kondisi yang berat dan membutuhkan perawatan intensif di ruang rawat neonatologi, atau bahkan memerlukan bantuan alat.

Untuk bayi dengan kondisi ini, perawatan kanguru tidak diberikan sepanjang waktu, tetapi hanya diberikan ketika ibu mengunjungi bayinya yang masih berada di dalam inkubator.

Setelah bayi memiliki kondisi yang lebih stabil, bayi dengan PMK intermiten dapat dipindahkan ke ruang rawat untuk melakukan PMK kontinu.

PMK kontinu

Untuk melakukan perawatan ini, kondisi bayi harus stabil serta harus dapat bernapas tanpa bantuan oksigen.

Kemampuan untuk minum seperti menghisap atau menelan bukanlah persyaratan utama, karena metode kanguru dapat dimulai meskipun pemberian minumnya menggunakan pipa lambung.

Baca juga: Fakta-fakta Tentang Bayi Lahir Prematur yang Perlu Moms Ketahui

Apa saja langkah-langkah melakukan metode kanguru?

Ketika Moms pertama kali melakukan metode ini, biasanya suster akan membantu Moms untuk memulai perawatan kanguru di rumah sakit. Berikut langkah-langkah untuk melakukan metode kanguru meliputi:

  • Melepaskan pakaian dalam dan mengenakan kemeja terbuka di bagian depan. Moms juga bisa mengenakan pakaian khusus di rumah sakit untuk melakukan metode ini
  • Tempatkan bayi yang hanya mengenakan popok dan topi di dada. Bayi harus berada dalam posisi tegak
  • Letakkan selimut, kemeja, atau pakaian rumah sakit di punggung si Kecil. Hal ini dilakukan untuk menjaga bayi tetap hangat
  • Selama melakukan metode kanguru, Moms harus rileks saat menggendong si Kecil. Tak hanya itu, selalu ingatlah untuk bernapas dengan normal dan fokus kepada si Kecil
  • Akan lebih baik jika Moms merencanakan perawatan ini lebih dari satu kali. Namun, berapa kali Moms harus melakukan perawatan kanguru dalam satu hari, bergantung dari rekomendasi dokter dan perawat. Sebaiknya bicarakanlah mengenai hal ini.
  • Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah membiarkan bayi beristirahat. Ini adalah waktu yang tepat untuk membiarkan ia bersantai bersama Moms. Biarkan si Kecil tertidur dan meringkuk selama menjalani sesi.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai metode kanguru. Selain mudah untuk dilakukan, perawatan ini juga memiliki banyak sekali manfaat. Akan tetapi sebelum melakukan perawatan ini sebaiknya konsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter ya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Cleveland Clinic (2020). Diakses pada 20 Oktober 2020. Kangaroo Care 

Ikatan Dokter Anak Indonesia (2013). Diakses pada 20 Oktober 2020. Perawatan Metode Kangguru PMK Meningkatkan Pemberian ASI

Pampers (2017). Diakses pada 20 Oktober 2020. Benefits of Kangaroo Care for Preemies 

    register-docotr