Kesehatan Anak

Kapan Waktu yang Tepat Ajarkan si Kecil Berenang?

October 23, 2020 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Jika memiliki kolam renang di rumah, kamu mungkin bertanya-tanya kapan waktu yang tepat untuk mulai mengajarkan pelajaran berenang ke buah hati. Berikut ini penjelasannya. 

Waktu tepat ajarkan anak berenang

Para orang tua pasti ingin membuat buah hatinya merasa aman saat berada di dalam air.

Dilansir dari Very Well Family, menurut penjelasan American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan bahwa pelajaran renang sebaiknya mulai diperkenalkan untuk semua anak usia 4 tahun atau lebih. 

Mereka biasanya menganjurkan kamu agar tidak memulai pelajaran renang formal sampai anak-anak berusia minimal 4 tahun, usia di mana anak-anak dianggap “siap secara perkembangan” untuk pelajaran berenang.

Namun, mereka tidak lagi menentang program akuatik dan pelajaran renang untuk balita dan anak prasekolah antara usia 1 hingga 4 tahun.

Ingatlah bahwa AAP tidak bermaksud untuk mengatakan bahwa anak-anak di bawah usia 4 tahun tidak harus mendapatkan pelajaran, tetapi tidak masalah jika orang tua ingin mendaftarkan anak mereka ke program ini.

Manfaat ajarkan anak berenang

Program akuatik bayi dan balita sangat populer bagi orang tua dan anak-anak. Program ini adalah cara yang baik untuk mengajari anak-anak menikmati berada di dalam air dan mengajari mereka agar tetap aman saat berada di sekitar air. 

Tak hanya itu saja, berikut deretan manfaat mengajarkan buah hati untuk berlatih renang: 

1. Membantu tingkatkan fungsi kognitif 

Perlu kamu ketahui bahwa ketika berenang, tubuh bayi melakukan gerakan lintas-pola bilateral, yakni menggunakan kedua sisi tubuh untuk melakukan suatu tindakan sehingga otak bayi bisa berkembang lebih baik.

Gerakan lintas pola ini membangun neuron di seluruh otak, terutama di corpus callosum. Kemudian bagian otak ini yang memfasilitasi komunikasi, feedback, dan modulasi dari satu sisi ke sisi lain.

Singkatnya dengan mengajarkan anak untuk berlatih berenang bisa meningkatkan kemampuan membaca, perkembangan bahasa, pembelajaran akademik, serta kesadaran spasial. 

2. Menjaga kesehatan fisik 

Tidak hanya membantu perkembangan otot dan persendian saja loh, berenang juga bisa meningkatkan kekuatan organ di dalam tubuh seperti jantung dan paru-paru, serta mengembangkan otak sang buah hati. 

3. Tingkatkan kesehatan mental dan fisik

Perlu kamu ketahu bahwa lebih dari 7.000 anak-anak, dan telah menyatakan bahwa mereka yang berenang sejak kecil memiliki kemajuan dalam perkembangan fisik dan mental bila dibandingkan dengan teman sebayanya yang tidak berenang.

4. Tingkatkan rasa kepercayaan diri 

Anak-anak usia 4 tahun yang sudah belajar berenang pada suatu waktu sejak usia 2 tahun sampai 4 tahun bisa lebih baik beradaptasi dengan situasi baru, lebih percaya diri, dan lebih mandiri dibanding yang tidak berenang.

Baca juga: Ingin Berenang Saat Pandemi Corona? Situasi Ini Perlu Kamu Perhatikan!

Tips mengajarkan anak berlatih renang

Dilansi dari Very Well Family, jika memiliki anak-anak yang takut pada air,  kamu dapat membantu mempersiapkan mereka untuk berenang tanpa perlu mencelupkan jari kaki mereka ke dalam air.

Sebaiknya ajarkan anak untuk beradaptasi dengan air. Kamu bisa isi bak mandi dengan air hangat atau air yang memiliki suhu normal ruangan. Basuhkan ke bagian kepala, dada, tangan dan kaki.

Sebelum berenang cara ini sangat penting untuk dilakukan orang tua, agar anak terbiasa dengan suhu air dan kondisi ketika terkena di tubuh. 

Cara efektif lainnya bisa memulai saat mandi di bak, hal ini untuk mengajari anak bahwa berada di sekitar air itu menyenangkan. Biarkan mereka bereksperimen dan merasakan bagaimana di dalam air. 

Saat anakmu mulai menunjukkan minat untuk pergi ke kolam renang, beri mereka kacamata untuk dipakai saat berada di bak mandi atau pancuran.

Hal ini dapat membuat anak terbiasa dengan manfaat menggunakan kacamata, yang membantu menciptakan pengalaman yang lebih positif saat berada di kolam renang.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Verywellfamily.com (2020) diakses pada 22 Oktober 2020. When Kids Should Start Swimming Lessons
  2. Thejoyfilledmom.com (2020) diakses pada 22 Oktober 2020. How to Teach Your Child To Swim Without Lessons
  3. Verywellfamily.com (2020) diakses pada 22 Oktober 2020. How to Teach Your Child to Swim 
    register-docotr