Kesehatan Anak

Jangan Takut Berjalan Kaki Tanpa Alas di Alam Bersama si Kecil, Ini Manfaatnya Buat Mereka!

October 20, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Mengajak si Kecil kembali ke alam tidak hanya menyenangkan, tapi juga menyehatkan. Banyak manfaat yang bisa didapatkan saat berjalan tanpa alas dan menyentuh tanah, pasir atau rumput secara langsung.

Praktik yang disebut earthing atau grounding itu pada intinya mengharuskan kamu untuk melakukan aktivitas langsung di tanah atau menyatu dengan kekuatan elektrik alam.

Baca Juga: 8 Manfaat Mendongeng untuk Anak yang Perlu Moms Ketahui

Cara kerja earthing

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Environmental and Public Health menyebut aliran listrik dari bumi dapat memberikan manfaat positif bagi tubuh. 

Dengan berjalan, duduk, bekerja atau tidur di alam, maka kamu mengizinkan elektron dari bumi mengaliri tubuhmu. Menurut penelitian tersebut, hal ini akan memberikan manfaat kesehatan karena kamu terhubung kembali dengan alam.

Manfaat earthing bagi si Kecil

Earthing memberikan manfaat khusus bagi beberapa anak yang ternyata memiliki masalah kesehatan. Di antaranya adalah:

Meningkatkan kesehatan bayi prematur

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Pennsylvania State University Children’s Hospital menyebut beberapa manfaat dari earthing yang dirasakan secara langsung oleh bayi prematur. Di antaranya adalah:

Peningkatan sistem saraf otonom

Penelitian tersebut menyebut kalau grounding memberikan peningkatan sistem saraf otonom yang cepat dan signifikan pada bayi prematur. Sistem saraf ini memerankan fungsi yang penting dalam mengatur inflamasi dan respons terhadap stres.

Tidak hanya itu, sistem saraf otonom juga membantu mengatur tekanan arteri, motilitas dan sekresi gastrointestinal.

Meningkatkan variabilitas detak jantung

Para peneliti menyebut kalau melakukan earthing pada bayi yang berusia 5 sampai 60 hari dapat meningkatkan variabilitas detak jantung (VHR) yang juga menunjukkan adanya peningkatan transmisi saraf vagus.

Saraf vagus yang membentang dari batang otak hingga abdomen ini merupakan saraf pusat dari divisi parasimpatik sistem saraf otonom. Saraf vagus menyuplai dan mengatur organ-organ kunci seperti paru-paru, jantung dan isi perut.

Mengurangi kemungkinan penyakit necrotizing enterocolitis

Necrotizing enterocolitis merupakan penyakit berbahaya yang membuat jaringan di usus inflamasi mati. Kondisi ini sangat rentan terjadi pada bayi yang lahir prematur.

Sebuah artikel yang diterbitkan dalam Penn State College News menyebut kalau peningkatan saraf vagus yang dilakukan dengan earthing dapat mengurangi kemungkinan penyakit necrotizing enterocolitis.

Dengan saraf vagus yang kuat, maka inflamasi pun akan berkurang, sehingga bayi pun bisa terlindungi dari kemungkinan penyakit lainnya timbul.

Manfaat earthing secara umum

Situs kesehatan Healthline menyebut beberapa manfaat umum dari earthing yang bisa dirasakan. Yaitu meringankan beberapa kondisi kesehatan sebagai berikut:

  • Kelelahan yang kronis: Sebuah penelitian yang dilakukan di University of California terhadap therapist pijat menyebut adanya pengurangan kelelahan yang dialami oleh mereka yang menjalani perawatan menggunakan metode grounding
  • Nyeri kronis: Sebuah Jurnal yang diterbitkan dalam Dovepress menyebut adanya pengurangan level nyeri pada yang melakukan grounding sebagai bagian dari olahraga untuk pemulihan mereka
  • Depresi dan keresahan: Dalam kajian yang diterbitkan dalam Sage Journal menyebut 1 jam grounding dapat meningkatkan suasana hati
  • Masalah tidur: Penelitian terhadap therapist pijat juga menyebut adanya peningkatan kualitas tidur mulai dari durasi hingga pengurangan gangguan tidur yang dialami oleh mereka yang menjalani perawatan menggunakan metode grounding

Baca Juga: Tips Mengasah Kemampuan Empati Anak, Yuk Ajarkan Sejak Dini!

Bagaimana cara melakukan earthing yang aman dengan si Kecil?

Inti dari earthing adalah menyatu kembali dengan alam. Hal ini bisa dilakukan dengan duduk atau berjalan tanpa alas kaki di rumput atau tanah.

Jika sedang bersama si Kecil, kamu bisa membungkus mereka dengan handuk agar mereka tidak rewel dan ajaklah mereka ke luar untuk mendapat udara segar. Kalau si Kecil sudah bisa berjalan, ajak mereka berjalan tanpa menggunakan alas kaki selama cuaca juga mendukung.

Kamu juga bisa duduk atau berdiri saja di rumput atau tanah bersama si Kecil dan biarkan alam melakukan tugasnya dengan baik untuk memberikan elektron ke tubuhmu dan si Kecil. 

Demikianlah segala sesuatu tentang earthing atau grounding yang bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, termasuk pada si Kecil. Jangan ragu untuk keluar dan menikmati alam, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Moms, diakses 19 Oktober 2020. Can Earthing Actually Help Elevate My Child’s Mood?
  2. PennStateNews, diakses 19 Oktober 2020. Electrical grounding technique may improve health outcomes of NICU babies
  3. National Library of Medicine, diakses 19 Oktober 2020. Electrical Grounding Improves Vagal Tone in Preterm Infants
  4. Healthline, diakses 19 Oktober 2020. Grounding: Exploring Earthing Science and the Benefits Behind It
  5. National Library of Medicine, diakses 19 Oktober 2020. The Effects of Grounding (Earthing) on Bodyworkers’ Pain and Overall Quality of Life: A Randomized Controlled Trial
  6. National Library of Medicine, diakses 19 Oktober 2020. Grounding after moderate eccentric contractions reduces muscle damage
  7. National Library of Medicine, diakses 19 Oktober 2020. The effect of grounding the human body on mood
  8. National Library of Medicine, diakses 19 Oktober 2020. Earthing: Health Implications of Reconnecting the Human Body to the Earth’s Surface Electrons
  9. Earthing Institute, diakses 19 Oktober 2020. Grounding – Helping Premature Babies
    register-docotr