Kesehatan Anak

Jangan Buru-buru, Ini Rekomendasi Usia yang Tepat untuk Bayi Bisa Minum Air putih

November 28, 2020 | Richaldo Hariandja
feature image

Memberikan air putih pada bayi sebaiknya tidak dilakukan sebelum mereka berusia 6 bulan. Karena, asupan terbaik mereka adalah ASI dan atau susu formula.

Si Kecil tidak membutuhkan air tambahan lain lantaran ASI sudah mengandung 80 persen air dan menyuplai kebutuhan cairan mereka.

Kondisi yang sama pun berlaku pada bayi yang diberikan susu formula. Karena formula yang terkandung di dalamnya akan memastikan bayi tetap terhidrasi dengan baik.

Kenapa harus menunggu?

Memberikan air putih kepada si Kecil sebelum dia berusia 6 bulan tidak direkomendasikan karena alasan berikut ini:

  • Air akan membuat bayi cepat merasa kenyang, sehingga mereka tidak peduli lagi dengan asupan ASI. kondisi ini dapat membuat mereka mengalami penurunan berat badan dan meningkatkan level bilirubin
  • Memberikan air putih kepada bayi yang baru lahir dapat menyebabkan keracunan air yang dapat melemahkan level nutrisi lain di dalam tubuh bayi
  • Terlalu banyak air dapat membuat ginjal bayi mengeluarkan elektrolit, termasuk sodium yang berujung pada ketidakseimbangan cairan

Rekomendasi untuk bayi berusia 6-12 bulan

Saat bayi mulai diperkenalkan dengan bubur padat, maka kamu pun sudah bisa memperkenalkan air putih kepada si Kecil.

Situs kesehatan Healthline menyebut ketika makanan padat dikenalkan pada si Kecil di usia 4-6 bulan, maka asupan susu mereka akan berkurang dari sekitar 0,8-1,1 liter per hari menjadi 0,8-0,9 liter per hari.

Di usia 6-12 bulan, tujuan utama setiap asupan bagi si Kecil adalah memastikan kecukupan nutrisi dan tumbuh kembang mereka yang baik. Untuk mencapai hal ini, kamu bisa memberikan makanan padat dan air putih.

Meskipun demikian, jika kamu si Kecil masih mengonsumsi ASI dan susu formula dengan baik di usia ini, maka mereka tidak membutuhkan air putih lebih dari 0,05-0,1 liter setiap 24 jam sekali.

Rekomendasi untuk anak berusia 12 tahun ke atas

Ketika si Kecil berusia 12 tahun, asupan susu mereka akan berkurang menjadi 0,48 liter per hari. Di tahap ini, kamu akan memperkenalkan sarapan, makan siang dan makan malam dengan beberapa variasi makanan baru pada mereka.

Karena aktivitas mereka yang meningkat, asupan susu yang berkurang, variasi asupan makanan, maka asupan air putih akan meningkat dengan sendirinya.

Saat si Kecil berusia 1 tahun, maka kamu sebaiknya memberikan mereka setidaknya satu gelas 0,24 liter air putih per hari. Jumlah ini akan meningkat sesuai dengan usia mereka, misalkan mereka menginjak usia 2 tahun, maka asupan air putih menjadi dua gelas 0,24 liter air putih per hari.

Apa yang harus dilakukan dalam cuaca panas?

Saat cuaca panas, pastikan si kecil tetap terhidrasi dengan baik dengan ASI ataupun susu formula. Air putih tetap tidak disarankan jika si Kecil masih berusia di bawah 6 bulan, kecuali dokter menyarankan hal sebaliknya.

Pada cuaca panas, si Kecil bisa jadi ingin minum lebih banyak daripada biasanya, tapi untuk sementara saja. Kalau dia masih diberikan ASI, pastikan kamu juga minum air yang cukup.

Berikut ini adalah tips untuk memastikan aktivitas menyusui kamu tetap nyaman saat cuaca panas:

  • Tempatkan handuk, kain, atau bantal antara kamu dengan si Kecil
  • Untuk meminimalkan kontak kulit, kamu bisa menyusui sambil menunduk dan si Kecil berbaring

Perhatikan popok mereka, kamu akan tahu kalau mereka cukup terhidrasi di udara panas jika 6-8 popok mereka basah per harinya.

Bagaimana jika bayi sedang demam?

Jika si Kecil demam, sementara dia masih berusia di bawah 6 bulan dan masih menyusui, maka kamu harus memberikan ASI lebih banyak. 

Kalau mereka di bawah usia 6 bulan dan asupan utamanya adalah susu formula, kamu bisa berikan lebih banyak susu tapi dalam jumlah yang lebih kecil. Untuk kedua kondisi ini, jangan memberikan air kecuali disarankan oleh dokter.

Jika si kecil berusia lebih dari 6 bulan, teruskan ASI dan susu formula. Kamu bisa berikan air putih di antara waktu minum susu mereka, yang penting kamu harus tetap memastikan asupan cairan si Kecil cukup.

Demikianlah berbagai tahapan pemberian air putih tergantung dari usia si Kecil. Pastikan kamu tidak memberikan air putih sebelum mereka berusia 6 bulan, ya!

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline, diakses 06 November 2020. When Should My Baby Drink Water?
  2. Pregnancy, Birth & Baby, diakses 06 November 2020. When can babies drink water?
    register-docotr