Kesehatan Anak

Wajib Tahu! Cara Mencegah Anak Dehidrasi Saat Cuaca Panas

July 2, 2020 | Richaldo Hariandja
feature image

Keaktifan anak bermain di luar tanpa disadari akan menguras cairan tubuh mereka. Oleh karena itu, Moms harus tahu cara mencegah anak dehidrasi supaya mereka tetap ceria saat bermain.

Saat melakukan aktivitas fisik, anak-anak menghasilkan lebih banyak panas tapi dengan keringat yang lebih sedikit daripada orang dewasa.

Hal inilah yang akan membuat mereka berpotensi dehidrasi, terutama karena kurangnya kemampuan untuk menghilangkan panas dari tubuh.

Tips dan cara mencegah anak dehidrasi

Memang menjadi kebiasaan yang baik jika anak aktif bermain di luar rumah. Sayangnya, karena terlalu banyak bermain, anak seringkali lupa minum untuk mengisi kembali cairan yang hilang.

Bagaimana caranya untuk mencegah dehidrasi pada anak? Yuk simak ulasan berikut ini:

Pahami kondisi fisik anak

Kondisi fisik yang tidak prima dapat mengganggu performa anak saat bermain di luar dan dalam cuaca yang panas. Anak yang kelebihan berat badan dan tidak biasa berolahraga, biasanya akan kesulitan untuk bermain dengan leluasa.

Untuk itu, jika anak berpartisipasi di kegiatan fisik yang aktif, Moms bisa gunakan waktu luang untuk melatih fisik mereka, terutama jika anak tidak dalam kondisi terbaiknya.

Biasakan beradaptasi dengan panas

Moms bisa mulai usahakan untuk mengenalkan anak dengan cuaca panas agar mereka terbiasa untuk beraktivitas di luar. Dengan demikian, tubuh mereka pun akan beradaptasi dan belajar menahan dehidrasi.

Cara ini akan membuat tubuh mereka belajar untuk lebih banyak minum, meningkatkan volume darah dan berkeringat lebih banyak. Dengan berkeringat, maka panas dalam tubuh akan mudah terlepas maka anak akan belajar mencegah dehidrasi.

Berikan air minum yang cukup

Memberi air putih adalah cara terbaik untuk mencegah anak dehidrasi. Minuman energi olahraga yang beredar di pasaran seringkali mengandung gula sangat tinggi, sehingga walaupun mereka sering minum karena rasa dari minuman ini, mereka tetap mudah lelah.

Moms harus pastikan anak terhidrasi dengan baik sebelum bermain, dan saat sedang bermain biasakan untuk meminta mereka minum secara berkala.

Cara terbaik adalah meminta anak untuk minum 20 menit sekali untuk mencegah mereka dehidrasi.

Amati kondisi cuaca sebelum mengajak anak bermain

Moms bisa mencegah anak dehidrasi dengan memilih waktu aktivitas yang tepat mengacu pada kondisi cuaca dan kelembapan. Karena kombinasi dua komponen ini adalah hal yang berbahaya bagi anak.

Berolahraga atau beraktivitas di kelembapan 35 persen dan suhu yang mencapai 35 derajat celsius dapat menyebabkan heal illness atau penyakit yang disebabkan oleh cuaca panas. 

Karena itu, hindari beraktivitas pada titik terpanas di hari itu. Sebaliknya, gunakan waktu untuk beraktivitas pada pagi atau sore hari, saat di mana cuaca sedang tidak panas sehingga anak bisa beraktivitas dan berolahraga dengan aman.

Gunakan pakaian yang tepat dan nyaman

Memilih pakaian yang tepat bisa jadi cara mencegah anak dehidrasi. Karena pakaian mempengaruhi panas yang keluar dari tubuh.

Untuk itu, Moms bisa memakaikan pakaian yang ringan dengan warna-warna yang cerah pada anak pada saat beraktivitas di luar. Celana pendek yang tidak ketat dan kaus bisa jadi kombinasi yang baik untuk ‘membuang’ panas dari tubuh.

Jika anak mengikuti olahraga yang memakai perlengkapan yang berat, Moms bisa meminta melatih mereka dengan memakai pakaian yang ringan selama seminggu untuk aklimatisasi.

Awasi gerak dan aktivitas anak

Mengawasi anak sebelum, saat dan sesudah beraktivitas adalah cara terakhir untuk mencegahnya dehidrasi. Lakukan hal ini dengan seksama terutama jika anak Moms mengikuti olahraga yang melebihi kemampuan mereka.

Apabila anak terlihat mulai lemah dan lelah, Moms bisa meminta mereka untuk segera menghentikan aktivitas. Awasi mereka saat mereka beristirahat dan sedang memenuhi asupan cairan tubuh.

Meskipun anak terlihat tangguh, biasanya mereka masih dehidrasi setelah 15 menit mereka minum. Oleh karena itu, tetap perhatikan mereka dan beri asupan air putih yang cukup.

Pastikan anak cukup istirahat

Jika mereka mengikuti olahraga berat, Moms bisa pastikan mereka mendapat waktu istirahat yang cukup setelah berlatih atau bertanding. Waktu istirahat ini penting untuk mereka mengisi ulang tenaga dan tingkat hidrasi dalam tubuh.

Demikian beberapa informasi tentang cara mencegah anak dehidrasi yang perlu Moms ketahui. Amati setiap perubahan yang ditunjukkan oleh anak saat bermain, ya!


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Uvpediatrics.com (2015) diakses 27 Juni 2020. https://www.uvpediatrics.com/topics/preventing-dehydration-in-children/
  2. Webmd.com (2018) diakses 27 Juni 2020. https://www.webmd.com/children/prevent-dehydration-children#2
    register-docotr