Kesehatan Anak

Janga Panik, Kenali 5 Penyebab Benjolan di Leher Anak dan Cara Mengatasinya

October 17, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Benjolan di leher anak adalah kondisi yang umum terjadi dan kadang tidak berbahaya. Meskipun demikian, kamu harus tetap waspada akan kondisi ini.

Mayoritas benjolan di leher anak akan terlihat bersamaan dengan infeksi saluran pernapasan bagian atas seperti pilek atau infeksi sinus. Akan tetapi beberapa di antaranya justru tidak terlihat sampai infeksi terasa sakit dan besar.

Penyebab benjolan di leher anak

Ada berbagai penyebab benjolan di leher anak. Di antaranya adalah:

1. Pembengkakan kelenjar getah bening

Kebanyakan benjolan yang terjadi di leher anak adalah pembengkakan kelenjar getah bening karena infeksi. Infeksi ini bisa terjadi saat tubuh anak sedang melawan penyebab penyakit pilek atau sedang radang tenggorokan.

Setidaknya ada 200-300 kelenjar getah bening yang terletak di belakang hidung, tenggorokan dan leher. Kelenjar getah bening ini merupakan bagian dari sistem imun yang membantu tubuh menyingkirkan bakteri jahat, virus serta penyebab iritasi lainnya.

Saat terjadi pembengkakan kelenjar getah bening, maka gejalanya adalah bengkak tersebut berwarna merah, empuk dan hangat jika disentuh.

2. Kista bawaan

Adanya kista kecil di leher anak merupakan kondisi yang lumrah. Kista bawaan ini adalah jaringan jinak yang terbentuk sebelum lahir dan dapat membesar seiring waktu.

Kista ini dapat menyebabkan infeksi berulang dan terkadang dibutuhkan operasi pengangkatan untuk menyinghilangkannya. Beberapa tipe kista bawaan yang umum adalah:

  • Thyroglossal duct cysts: Tipe kista bawaan yang paling umum, biasanya akan timbul di bagian depan leher. Kista ini terbentuk dari sel sisa setelah kelenjar tiroid terbentuk di rahim
  • Branchial cleft cysts: Kista ini biasanya terletak di bawah kedua telinga atau di sisi leher. Terbentuk tepat sebelum bayi dilahirkan
  • Dermoid cysts: Kista ini bisa terbentuk ketika lapisan kulit tidak terbentuk sempurna selama pembentukan janin. Biasanya, kista yang pertumbuhanya lambat ini mengandung kelenjar keringat, folikel rambut dan sel lainnya yang ada di kulit

3. Hemangioma

Terkadang penyebab benjolan di leher anak adalah tanda lahir yang disebut hemangioma. Yaitu adanya pertumbuhan pembuluh darah di bawah kulit anak.

Hemangioma ini mungkin bisa terlihat ketika anak lahir dan akan membesar seiring mereka tumbuh, terutama di ulang tahunnya yang pertama. Hemangioma yang dalam akan terlihat lebih lembut dan empuk ketimbang kista, dan kulit di sekitarnya akan terlihat kemerahan.

Pada umumnya, hemangioma ini akan hilang dengan sendirinya ketika anak memasuki usia sekolah. Akan tetapi, dokter bisa saja memberikan rekomendasi penanganan khusus apabila pertumbuhan hemangioma ini terlihat cepat dan menimbulkan berbagai gejala lain.

4. Tortikolis dan pseudotumor

Bayi yang mengalami tortikolis atau tegangnya otot di salah satu sisi leher dapat menimbulkan pseudotumor pada otot besar yang menyambungkan kepala, leher dan tulang dada. 

Benjolan biasanya tumbuh di jaringan yang rusak saat otot anak cedera saat masih di rahim atau saat proses kelahiran. Benjolan biasanya akan terlihat hingga anak memasuki usia 8 minggu.

Untuk mengatasi hal ini, biasanya dokter akan memberikan rekomendasi terapi fisik seperti gentle heat, pijat hingga passive stretching.

5. Sel kanker ganas

Pada kasus yang jarang terjadi, benjolan di leher anak biasanya merupakan tanda kanker. Kanker leher yang biasanya terjadi di masa kanak-kanak adalah lymphoma, neuroblastoma, sarcoma atau thyroid tumors.

Cara menangani benjolan di leher anak

Langkah penanganan benjolan di leher ini tergantung dari tipe dan apakah ada infeksi yang terjadi di sana. Tidak jarang juga diperlukan operasi untuk pengangkatan benjolan tersebut.

Pada benjolan yang terjadi karena infeksi, biasanya dibutuhkan antibiotik untuk mengatasi kondisi ini. Namun apabila anak tak kunjung membaik, maka langkah berikut ini akan direkomendasikan oleh dokter:

  • Antibiotik intravena, karena tipe antibiotik ini disuntikan langsung ke aliran darah untuk mengatasi infeksi dengan lebih cepat
  • Tes laboratorium atau pencitraan, untuk memperkirakan seberapa berat infeksi yang terjadi
  • Surgical draining, sebuah teknik bedah untuk mengeringkan darah atau cairan yang membuat benjolan itu timbul

Demikian informasi tentang benjolan di leher anak yang perlu kamu pahami. Jaga terus kesehatan si buah hati, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthy Children, diakses 12 Oktober 2020. What to Do If You Discover Lump on Your Child’s Neck
  2. Hassenfeld Children’s Hospital, diakses 12 Oktober 2020. Diagnosing Neck Masses in Children
  3. Children’s Hospital of Philadelphia, diakses 12 Oktober 2020. Neck Masses
    register-docotr