Kesehatan Anak

Jika Anak Mencret Jangan Sembarang Berikan Obat, Ini Alasannya

July 3, 2020 | Nanda Hadiyanti
feature image

Diare adalah masalah pencernaan yang membuat penderita lebih sering buang air dan biasanya disertai feses berbentuk cair atau mencret. Diare bisa diderita siapa saja, termasuk anak-anak. Namun tidak seperti pada orang dewasa, obat untuk anak mencret tidak bisa diberikan dengan bebas.

Pada orang dewasa, diare atau mencret bisa diatasi dengan obat-obatan yang dijual bebas. Beberapa obat yang biasa digunakan mengatasi diare pada orang dewasa adalah pepto bismol dan loperamide. Lantas, bagaimana dengan obat untuk anak mencret? Berikut penjelasannya.

Mengatasi diare atau mencret pada anak

Mencret atau diare ringan yang disebabkan oleh virus pada anak umumnya akan membaik dengan sendiri dalam beberapa hari. Sehingga tidak perlu diperlukan obat-obatan seperti pada orang dewasa.

Namun orang tua perlu menjaga kondisi anak agar tidak mengalami dehidrasi. Karena dehidrasi adalah masalah utama yang muncul pada anak-anak ketika terserang diare.

Apa saja yang bisa dilakukan orang tua agar mencegah dehidrasi dan meringankan gejala diare pada anak? Berikut tiga langkah yang bisa dilakukan.

Memberikan oralit

Orang tua harus memastikan anak cukup cairan. Selain memberikan air putih, orang tua juga bisa memberikan cairan solusi rehidrasi oral atau yang dikenal dengan nama oralit.

Oralit bekerja dengan cara mengandalkan kandungan glukosa untuk menyerap natrium di dalam tubuh. Dengan begitu elektrolit yang terbuang saat diare akan segera kembali dan menjaga keseimbangan elektrolit tubuh.

Dilansir dari fda.gov, orang tua dapat memberikan beberapa mililiter cairan solusi rehidrasi oral setiap 15 hingga 30 menit pada anak. Ini dapat membantu meringankan diare pada anak.

Memberikan probiotik

Memberikan produk probiotik tablet atau kapsul yang mengandung bakteri baik dianggap dapat membantu mengurangi gejala diare pada anak. Probiotik akan membantu mengembalikan keseimbangan bakteri di dalam usus.

Jika kesulitan mendapatkan produk probiotik tablet atau kapsul, orang tua dapat memilih yoghurt. Kultur bakteri hidup yang ditemukan dalam yogurt dipercaya aman dan efektif untuk mengobati diare. Pastikan untuk membeli yoghurt yang mengandung lactobacillus atau kultur hidup.

Menjaga asupan makan anak

Selama diare, anak tetap harus mendapat asupan makanan seperti biasa. Namun usahakan memberikan makan dalam porsi kecil, untuk dikonsumsi dalam beberapa kali jam makan. Jadi bukan dalam tiga kali porsi makan seperti biasanya.

Berikan makanan seperti biasa, tapi jika memungkinkan berikan beberapa makanan dengan rasa asin seperti sup. Berikan juga makanan seperti nasi, pisang, saus apel dan roti panggang.

Di luar itu jangan memberikan makanan berminyak, makanan yang digoreng dan makanan pedas pada anak. Hindari juga memberikan minuman bersoda pada anak.

Bagaimana dengan obat untuk anak mencret yang dijual bebas?

Jangan gunakan obat diare yang dijual bebas kepada anak-anak kecuali atas saran atau resep dari dokter. Produk seperti pepto bismol mengandung magnesium atau aluminium yang dapat membahayakan bayi atau anak-anak, karena kandungannya dapat menumpuk pada tubuh anak-anak.

Umumnya, pada kemasan produk pepto bismol akan tertulis peringatan bagi pengguna. Biasanya orang tua akan diminta bertanya kepada dokter terlebih dahulu jika ingin menggunakannya untuk anak di bawah usia 12 tahun.

Sementara itu, untuk obat diare lainnya seperti imodium atau loperamide juga akan mencantumkan peringatan serupa. Untuk produk ini biasanya orang tua disarankan untuk bertanya kepada dokter terlebih dahulu sebelum memberikan obat untuk anak-anak di bawah usia 6 tahun.

Bagaimana jika diare pada anak tidak juga membaik?

Orang tua bisa segera menghubungi dokter jika kondisi anak tidak membaik atau anak menunjukkan gejala seperti:

  • Muntah berulang kali
  • Demam tinggi lebih dari 39 derajat celcius
  • Feses atau tinja anak bercampur darah atau berwarna hitam
  • Menunjukkan tanda-tanda dehidrasi seperti mulut kering dan tidak buang air kecil dalam kurun waktu enam jam

Diare bisa disebabkan oleh berbagai macam hal. Walaupun umumnya disebabkan oleh virus, bakteri atau parasit. Jika diare tidak membaik atau bertambah buruk dalam beberapa hari, perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Karena diare parah pada anak bisa mengindikasikan adanya penyakit serius. Beberapa penyakit yang terkait dengan diare antara lain radang usus dan gangguan usus fungsional.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Webmd diakses 29 Juni 2020 Diarrhea Treatment in Children
  2. Medlineplus diakses 29 Juni 2020 When your child has diarrhea
  3. American College of Gastroenterology diakses 29 Juni 2020 Diarrhea in Children 
  4. Fda.gov diakses 29 Juni 2020 How to Treat Diarrhea in Infants and Young Children 
    register-docotr