Info Parenting

Perkembangan Bayi 9 Bulan: Punya Mainan Favorit dan Senang Bicara

June 22, 2020 | Dani Kosasih | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Perkembangan bayi 9 bulan biasanya ditandai dengan beberapa perubahan atau pencapaian yang mulai dilakukan oleh bayi. Seperti tingkat kesadaran, perkembangan motorik hingga saat bayi mulai mengeluarkan suara dengan ucapan.

Pada usia 9 bulan, bayi perempuan biasanya memiliki berat badan sekitar 6,6 hingga 10,4 kg dan panjang antara 65,6 hingga 74,7cm. Sedangkan pada bayi laki-laki memiliki berat antara 7,2 sampai 10,9 kg, dan panjang antara 67,7 hingga 76,2cm.

Apa lagi tahap perkembangan bayi di usia 9 bulan yang perlu Moms ketahui?

Perkembangan bayi 9 bulan

Pada usia 9 bulan, umumnya perkembangan bayi sudah mulai pada tahap mencapai kemampuan tertentu, seperti:

  • Mulai mengenali wajah-wajah yang dekat dan bertindak waspada terhadap wajah asing
  • Mulai bisa memilih mainan favorit
  • Membuat banyak suara yang berbeda, seperti ‘mamamama’ dan ‘bababababa’
  • Mulai meniru gerakan dan suara orang lain

Namun selain itu, perkembangan bayi 9 bulan juga mulai menunjukkan beberapa tonggak pencapaian yang akan membuat Moms senang, seperti:

Kemampuan kognitif

Pada tahun pertama, merupakan waktu yang penting untuk perkembangan otak bayi. Di tahun pertama, triliun koneksi kecil mulai terbentuk dan menciptakan fondasi untuk pembelajaran seumur hidup.

Moms bisa membantu mempercepat pertumbuhan otak bayi dengan memberikan lingkungan yang merangsang. Mengajak bayi membaca, bernyanyi, dan berbicara setiap hari adalah cara terbaik untuk meningkatkan perkembangan otak.

Kemampuan emosional

Pada perkembangan bayi 9 bulan, tingkat kepekaan dan kesadaran bayi sudah mulai berkembang. Moms bisa mengetahuinya dari tingkah laku bayi saat bayi menangis apabila Moms meninggalkannya pergi.

Selain itu, bayi juga sudah mulai bisa mengingat hal-hal spesifik seperti letak penyimpanan mainannya. Ia juga sudah mulai bisa mengingat bagaimana cara memainkan mainannya.

Kemampuan bahasa

Pada usia 9 bulan, bayi sudah mulai mengoceh tanpa henti. Celotehan bayi tersebut bisa terdengar seperti mengucapkan kalimat sungguhan, meski sulit untuk dipahami.

Saat bayi berusia 9 bulan, Moms sudah bisa menjadi pendengar dan pembaca bahasa tubuh yang baik untuk membaca dan mengenali komunikasi yang dilakukan olehnya.

Kemampuan motorik

Di usia 9 bulan, bayi membutuhkan ruang gerak yang cukup luas agar bisa membantu mengembangkan kemampuan motoriknya seperti bergerak, merangkak sangat aktif hingga berdiri.

Ruangan yang cukup luas dibutuhkan karena di usia ini bayi sudah mulai memiliki rasa penasaran dan ingin melakukan berbagai hal.

Selama tahun pertamanya ini, bayi akan mulai sibuk mengembangkan koordinasi dan kekuatan otot di setiap bagian tubuhnya. Dia akan belajar duduk, berguling, dan merangkak sebelum bergerak untuk menarik dan berdiri.

Melansir Baby Center, sebagian besar bayi mulai melakukan langkah pertamanya pada usia 9 dan 12 bulan.

Namun, jika pada usia 9 bulan bayi belum mulai melangkah, Moms tidak perlu khawatir. Beberapa anak normal bahkan tidak berjalan sampai mereka berusia 16 atau 17 bulan.

Kemampuan interaksi sosial

Di usia 9 bulan, bayi sudah mulai merasakan interaksi yang nyaman antara bayi dan orang tua baik ibu maupun ayah. Begitu juga dengan orang asing, dia akan mulai merasa tidak nyaman dengan kehadiran orang asing di dekatnya.

Pada beberapa kasus, ada juga bayi di usia 9 bulan yang justru senang menajdi pusat perhatian. Seperti misalnya senang saat orang-orang di sekitarnya tertawa karena tingkah lucunya.

Bayi bahkan bisa dengan sengaja melakukan sesuatu sepeti mengeluarkan suara atau bermain dengan benda-benda di sekitarnya untuk menarik perhatian orang-orang terdekat.

Tips melatih perkembangan bayi 9 bulan

Jika bayi tidak melakukan semua yang dilakukan anak-anak lain yang berusia 9 bulan, Moms tidak perlu khawatir. Ada beberapa kemungkinan tertentu yang bisa menjadi tanda keterlambatan perkembangan bayi 9 bulan.

Moms bisa berkosultasi dengan dokter jika bayi tidak melakukan hal-hal seperti:

  • Tidak mau berdiri saat Moms memegangnya dengan tegak di atas permukaan
  • Tidak duduk dengan menyangga atau memegang sesuatu
  • Tidak mengeluarkan ocehan yang terdengar seperti ‘mama’, ‘baba’ dan ‘dada’.
  • Tidak menanggapi saat Moms memanggil namanya
  • Tidak mengenali orang-orang terdekatnya

Jika kamu memiliki pertanyaan terkait perkembangan bayi 9 bulan, silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr