Info Parenting

Perkembangan Bayi 6 Bulan: Mulai Konsumsi Makanan Padat Pertamanya

June 22, 2020 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Melihat anak tumbuh setiap harinya tentu menjadi hal paling bahagia untuk para orang tua. Termasuk ketika tahap perkembangannya bertambah kian pesat.

Misalnya saat sudah masuk usia 6 bulan, ia akan berada dalam salah satu periode penting dalam pertumbuhannya. Kenapa ya? Yuk cari tahu ulasan lengkapnya dalam artikel berikut ini, Moms!

Perkembangan bayi 6 bulan

Kamu mungkin merasa sulit untuk percaya saat memasuki usia pertengahan tahun pertama bayi sudah mulai belajar bagaimana cara berkomunikasi dengan orang-orang di sekitarnya.

Selain itu, di usia ini ia juga akan mulai belajar makan makanan padat.

Berikut ini beberapa perkembangan bayi saat usia 6 bulan, seperti dilansir Web MD:

Kemampuan bahasa dan bicara

Ketika bayi berusia 6 bulan, biasanya ia sudah mulai pandai berceloteh. Kata-kata yang diucapkannya pun mulai dari yang sederhana dan cenderung mengulang-ulang suku kata. Tak hanya itu saja, mereka juga mampu mengucapkan satu atau dua suku kata lain.

Pada saat mengeluarkan emosinya, bayi usia 6 bulan sudah dapat mengeluarkan suara sesuai dengan kondisinya seperti saat marah atau sedih.

Hal ini mengapa penting sekali bagi para orang tua untuk membacakan buku cerita saat malam hari. Cara seperti itu dapat melatih anak untuk mengerti dengan kata-kata baru dan belajar berinteraksi.

Kemampuan motorik

Jangan heran ketika bayi usia 6 bulan sudah mulai duduk sendiri ya, Moms. Walaupun awalnya dia akan menopang tubuh dengan bantuan tangannya sendiri, namun jika terus dibiarkan akan bisa duduk tanpa bantuan.

Tak hanya duduk, biasanya bayi juga akan mulai belajar merangkak diawali dengan proses maju atau mundur saat tengkurap.

Kemampuan kognitif

Pada usia ini bayi mulai terbiasa untuk mengenali orang-orang di sekitarnya. Hal tersebut tentu memengaruhi emosi dalam dirinya. Jika bayi merasa kenal dengan orang yang dilihatnya, pasti akan menunjukkan sikap nyaman, senang dan akrab.

Namun malah sebaliknya, ada beberapa bayi yang mengalami ketakutan jika baru bertemu orang baru. Biasanya akan memberikan tanda seperti menangis.

Keteraturan pola tidur

Dilansir Web MD, sebagian besar bayi membutuhkan tidur selama 6-8 jam berturut-turut. Namun ketika bayi pada usia 6 bulan ia akan mulai mengalami kesulitan untuk tertidur.

Biasanya para orang tua akan memasukkan bayi ke dalam boks sementara dia masih dalam keadaan bangun. Sebaiknya jika bayi menangis, tunggulah beberapa saat dan berikan kenyamanan.

Pola makan makanan padat

Saat bayi sudah berusia 6 bulan, ia akan mulai diperkenalkan makanan pendamping ASI alias MPASI. Moms bisa mulai memberikan makanan seperti sereal yang mengandung banyak zat besi dan campurkan dengan ASI atau susu formula.

Tak hanya itu saja, sangat disarankan juga untuk mulai memberikan buah-buahan dan sayur-mayur yang sudah diolah agar lebih lembut saat dimakan.

Mengenai daftar menu makanan apa saja yang boleh atau tidak Moms bisa konsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Pastikan setiap kali Moms memperkenalkan makanan baru pada bayi, tunggulah beberapa hari untuk memastikan ada alergi atau tidak.

Baca juga: Bisa Cegah Cacat pada Bayi, Ini Pentingnya Asam Folat untuk Ibu Hamil, Moms!

Kesehatan fisik: mulai tumbuh gigi

Gigi pertama bayi biasanya akan tumbuh saat usianya 6 bulan. Namun tidak semua bayi sama, tumbuh gigi tersebut tergantung pada kondisi tubuh setiap bayi.

Bayi akan sedikit rewel ketika gigi mulai tumbuh, hal tersebut karena mereka merasakan ada yang berbeda di dalam mulutnya. Para orang tua bisa melakukan sedikit pengalihan terhadap konsentrasinya agar bayi tidak terlalu fokus ketika gigi tumbuh.

Moms, perlu diingat ketika bayi berusia 6 bulan sudah diperbolehkan mengonsumsi makanan padat, ASI ataupun susu formula harus tetap diberikan, ya.

Pemberian ASI serta susu formula tersebut berfungsi untuk memberikan cairan yang cukup dan tubuh bayi tetap terhidrasi.

Sebagai orang tua, selalu perhatikan gerak-gerik tumbuh kembang anak. Ketika Moms merasakan ada perkembangan bayi yang berjalan lambat atau tertinggal dari bayi-bayi lain yang seusianya, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter, ya.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar tumbuh kembang anak? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. webmd.com (2020) diakses 17 Juni 2020. Baby Development: Your 6-Month-Old 
  2. verywellfamily.com (2019) diakses 17 Juni 2020. Your 6-Month-Old Baby’s Development 
  3. pregnancybirthbaby.org.au (2018) diakses 17 Juni 2020. Your baby’s growth and development – 6 months old 
    register-docotr