Info Parenting

Bikin Gemas! Moms, Begini Tahap Perkembangan Bayi 5 Bulan

June 22, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Di usia ini pastinya Moms sedang gemas-gemasnya dengan si Kecil. Hal ini dikarenakan sang buah hati sudah mulai berbicara dan merangkak.

Nah, di balik lucunya bayi, pada tahapan usia ini ia sudah mulai banyak mengalami perkembangan pesat lho, Moms. Apa saja? Yuk simak ulasan lengkapnya!

Perkembangan bayi 5 bulan

Seiring bertambahnya usia bayi, ia akan menjadi lebih aktif bergerak dan ekspresif. Saat masuk usia 5 bulan misalnya, ia sudah mampu berguling, mulai berbicara dan mulai merangkak.

Apa lagi ya tahap perkembangan bayi 5 bulan yang perlu Moms tahu?

Kemampuan motorik

Tahapan perkembambangan bayi 5 bulan dari segi motorik, antara lain:

Duduk tegak

Di usia ini bayi sudah dapat duduk tegak dengan waktu yang lama meski masih membutuhkan bantuan Moms. Berikan bantal penyangga untuk memotivasinya untuk duduk lebih lama.

Berguling

Sang bayi sudah mampu berguling dari posisi terlentang, tengkurap, bahkan bayi juga sudah bisa merayap perlahan-lahan. Usahakan Moms tetap perhatikan ya jangan sampai buah hati terjatuh.

Merangkak

Biasanya hampir semua bayi di usia 5 bulan akan mempersiapkan diri untuk mulai merangkak. Bayi juga sering menggoyangkan kaki dan memegang kaki secara bersamaan. Bayi juga sudah mulai mampu meraih benda yang berada dalam jangkauannya. 

Kemampuan berbicara

Pada usia ini biasanya bayi juga sudah mulai mengoceh karena sudah terbiasa mendengar bunyi-bunyi yang tedengar sehari-hari. Di sini bayi sudah mulai memahami suara-suara seperti suara Moms, suara televisi dan lain-lainnya.

Bayi sudah mulai dapat mengucapkan beberapa patah kata, seperti ‘ma’, ‘pa’, ‘ba’, atau ‘ga’. Beberapa bayi lain dapat menggabungkan satu patah kata dengan sepatah kata lain. Agar lebih cepat berbicara, usahakan Moms mengajak berbicara, ya.

Meski bayi di usia ini belum dapat memahami kata-kata, tapi kemungkinan besar sudah dapat merespons dengan memalingkan kepalanya ketika Moms memanggil namanya.

Kemampuan sosial

Bayi pada usia ini sudah menyadari ketika Moms atau orang yang ada di sekitarnya sedang memangil dan membicarakan dirinya. Biasanya bayi akan menengok ketika kamu sedang membicarakannya.

Pengaturan pola tidur

Pada usia ini jadwal tidur bayi sudah mulai teratur seperti sudah bisa tertidur nyenyak pada malam hari. Tetapi terkadang bayi akan terbangun tengah malam untuk meminta susu. 

Usahakan Moms membuat jam tidur teratur agar bayi terbiasa dengan jam tidurnya.

Moms juga bisa memperdengarkan musik lembut atau menyalakan lampu berputar. Cara ini akan mengajarkan si Kecil merasa nyaman untuk bisa tidur sendiri dan tidak tergantung pada orang yang menggendongnya.

Kemampuan penglihatan bayi

Di usia 5 bulan ini, indra penglihatan bayi sudah semakin membaik meski dalam jarak pandang tertentu. Selain itu, kedua mata bayi juga sudah dapat fokus secara bersamaan. 

Persepsi warna bayi juga semakin menajam sehingga bisa membedakan warna. Namun, di usia ini umumnya ia masih lebih menyukai warna primer seperti merah, biru, dan kuning. Moms bisa sering memberikan mainan dengan bentuk dan aneka warna yang menarik.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar info sehat lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. webmd.com (2019) diakses 18 Juni 2020. Baby Development: Your 5-Month-Old. 18 Juni 2020 pukul 20.00.
    register-docotr