Info Parenting

Jangan Kehilangan Momen, Ini Perkembangan Bayi 12 Bulan yang Wajib Moms Ketahui

June 23, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Perkembangan bayi 12 bulan akan ditandai dengan berbagai pencapaian yang membuat tersenyum. Pastinya, Moms akan sangat menikmati usia pertama anak dengan komunikasi yang berjalan dua arah.

Pada perkembangan anak 1 tahun ini Moms akan melihat bagaimana bayi akan mulai merespons setiap komunikasi yang biasa Moms lakukan. Beberapa kali bisa saja Moms mendengar kata ‘dada’ sampai ‘mama’ yang keluar dari mulut bayi.

Oleh karena itu, sering-seringlah berbicara. Semakin sering Moms berbicara, maka akan semakin baik karena anak mulai tertarik dalam setiap percakapan yang terjadi.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Berbagai Penyebab Mata Mudah Merah dan Berair

Paling mencolok, perkembangan bayi 12 bulan yakni mulai berjalan

Jika di bulan-bulan sebelumnya Moms melihat anak mulai berguling dan merangkak, di usia 12 bulan ini bayi kemungkinan akan mengambil langkah pertama mereka. 

Anak akan mulai mencoba untuk mengangkat diri mereka dan bertumpu dengan berpegangan pada benda-benda di sekitar. Di periode ini, biasanya bayi akan mulai berjalan tanpa bantuan.

Jika memang hal ini belum terlihat pada bayi Moms, jangan khawatir, karena tidak sedikit juga bayi akan bisa berjalan setelah melewati usia satu tahun mereka.

Perkembangan anak 1 tahun

Di periode ini, bayi masih akan berkembang sekitar setengah inci atau sekitar 1,27 cm per bulan dan bertambah berat badan sebanyak 3 ons hingga 5 ons atau sekitar 85 gram hingga 142 gram setiap minggunya.

Tapi yang perlu Moms waspadai, banyak juga bayi yang mengalami pertumbuhan dengan sangat cepat pada usia 12 bulan ini.

Perkembangan bayi 12 bulan terkait berat dan panjangnya

Berdasarkan standar antropometri anak yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan, rata-rata berat badan yang dimiliki oleh anak usia 1 tahun berkisar antara 7,7 kg hingga 10,8 kg jika Moms memberikan gizi yang baik pada mereka.

Sementara untuk panjang anak, berdasarkan antropometri yang sama, bayi 12 bulan akan dikatakan memiliki panjang normal jika panjangnya sekitar 71 cm hingga 82,9 cm.

Perkembangan bayi 12 bulan terkait kemampuan panca indera

Pada usia ini, perkembangan bayi 12 bulan akan ditandai dengan pendengaran yang mulai sangat akurat. Moms akan menyadari jika bayi terlihat memerhatikan setiap apapun yang dia dengarkan.

Bayi 12 bulan mulai melihat dan mendengarkan dengan seksama pada waktu yang bersamaan. Dalam periode ini, akan sangat menyenangkan jika Moms mulai ajak anak untuk membaca buku bersama.

Perkembangan indera peraba bayi 12 bulan juga mulai terlihat menyenangkan. Bayi akan senang untuk menyentuh dan merasakan permukaan-permukaan berbeda dari setiap benda yang dia sentuh.

Maka Moms jangan heran kalau bayi terlihat senang menyentuh apapun dan memasukkan benda ke dalam mulut mereka. Dalam kondisi ini, Moms harus menerapkan perhatian ekstra.

Baca Juga: Kenapa Bayi di Bawah 6 Bulan Tak Butuh Air Putih? Ini Penjelasannya

Pencapaian dalam perkembangan anak 1 tahun

Pada usia satu tahun, Moms akan melihat anak dapat melakukan beberapa hal berikut ini:

Gerak dan kemampuan tangan

Perkembangan yang paling terasa pada gerak anak 1 tahun adalah kemampuan mereka untuk duduk tanpa bantuan, merangkak dengan perut dan menggunakan tangan untuk bergerak ke depan, hingga berjalan.

Pada usia ini, cara bermain anak akan berubah drastis, karenanya ini jadi momen yang tepat untuk mencari permainan yang dapat memperkuat lengan dan kakinya.

Di usia ini anak akan terlihat sangat menikmati permainan untuk mendorong, melempar dan menjatuhkan barang. Moms bisa mengajak anak bermain dengan beberapa toples plastik ringan yang Moms punya.

Perkembangan bahasa dan kognitif

Pada perkembangan anak 1 tahun, ia akan terlihat menyimak setiap obrolan yang dia dengar. Maka tidak heran kalau bayi akan terlihat merespons setiap pembicaraan atau ucapan yang Moms berikan pada mereka.

Tidak hanya mengikuti setiap ucapan, bayi 12 bulan pun akan mulai mengikuti setiap gerak yang dia perhatikan.  Dia akan mulai memerhatikan setiap detail objek dan bisa menggunakannya dengan baik, seperti minum dari gelas, menyisir rambut hingga menggunakan telepon.

Menikmati tumbuh kembang anak adalah hal yang menyenangkan, meskipun demikian, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kami melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

register-docotr