Info Parenting

Perkembangan Bayi 10 Bulan: Mulai Belajar Merangkak dan Berdiri Sendiri

June 22, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu
feature image

Pada perkembangan bayi 10 bulan, biasanya kata-kata yang dikeluarkan sudah terdengar lebih nyata. Karena itu, semakin orang tua menunjukkan minat pada apa yang dikatakan, maka akan semakin banyak kata yang dikeluarkan.

Bayi pada usia 10 bulan juga sudah mulai merangkak dan seiring berjalannya waktu bisa berlatih untuk berdiri. Selanjutnya, bayi juga akan mulai mencoba berpegangan pada sesuatu untuk bisa berada pada posisi berdiri sepenuhnya.

Baca juga: Bisa Sebabkan Kelahiran Prematur hingga Perdarahan Hebat, Begini Penanganan Kondisi Plasenta Previa!

Bagaimana perkembangan bayi 10 bulan?

Perkembangan bayi pada usia 10 bulan biasanya akan ditandai dengan semakin lancarnya ia merangkak. Untuk itu, ketika bayi telah mendapatkan kepercayaan diri maka akan banyak perubahan yang mulai terlihat, seperti bisa duduk tegak.

Nah, dilansir Web MD, berikut beberapa perkembangan lainnya yang bisa terlihat, antara lain:

Kemampuan motorik

Bayi berusia 10 bulan biasanya mulai menikmati kebebasan menjelajah dengan berbagai cara.

Beberapa hal lain yang bisa dilakukan, seperti merangkak, menarik dari posisi duduk ke berdiri, berjongkok sambil memegang atau duduk kembali, dan berusaha berdiri dengan memegang sesuatu.

Pada usia 10 bulan, koordinasi bayi telah meningkat pesat sehingga cukup mahir dalam mengambil benda-benda kecil dengan genggaman menjepit. Karena itu, pastikan untuk menyimpan benda berukuran kecil untuk menghindari bahaya tersedak.

Pola tidur dan istirahat

Bayi yang sudah memasuki usia 10 bulan biasanya memiliki waktu tidur lebih sedikit pada waktu siang hari. Namun, tidak perlu khawatir karena kebiasaan ini justru dapat membantu bayi terjaga pada sore hari dan menghindari sulit tidur ketika malam. 

Jika bayi melewatkan waktu tidur siang, maka pada malam hari harus diganti satu atau dua jam ekstra. Untuk itu, orang tua harus benar-benar memerhatikan jadwal tidur bayi agar tumbuh kembang terkontrol dengan baik.

Asupan makan

Ketika sudah masuk usia 10 bulan. Moms perlu memperluas asupan makanan bayi dengan memberikan berbagai macam buah-buahan, sayur, biji-bijian, yoghurt, ataupun daging.

Namun, pastikan untuk menghindari makanan yang berisiko menyebabkan bayi tersedak, seperti kacang-kacangan, permen, atau anggur utuh.

Setelah beberapa gigi muncul, Moms bisa mulai memperkenalkan konsistensi makanan yang lebih tebal dengan potongan-potongan kecil. Biarkan bayi mengambil makanannya dengan tangan sendiri untuk melatih genggaman dan keterampilan koordinasi.

Kemampuan komunikasi

Kemampuan komunikasi bayi pada usia 10 bulan semakin meningkat sehingga jangan kaget jika ia mulai meniru kata-kata yang sering diucapkan orang tua. Selain itu, bayi juga akan menyalin segala macam perilaku yang dilakukan orang sekitarnya.

Bayi usia 10 bulan juga sudah mulai bisa memahami dan mengikuti perintah, seperti melambaikan tangan atau bertepuk tangan. Karena itu, selalu berhati-hati dalam berucap atau bertindak karena bisa sewaktu-waktu ditiru oleh bayi.

Kepribadian mulai muncul

Usia 10 bulan akan membuat bayi mulai memunculkan kepribadiannya, seperti memberikan senyuman lebar pada orang yang ditemui. Namun, terkadang bayi juga bisa merasa malu atau enggan menyapa orang asing yang baru ditemuinya.

Bayi juga mulai mencari perhatian orang di sekitarnya dengan memberi isyarat melalui kata-kata atau melambaikan tangan. Selain itu, bayi mulai mengembangkan pikirannya sendiri seperti bisa memprotes ketika hal yang diinginkan tidak terpenuhi.

Baca juga: Moms, Pahami Penggunaan Susu Formula Bayi Berdasarkan Bahan Dasarnya

Tips untuk perkembangan bayi 10 bulan

Bayi yang lahir secara prematur biasanya membutuhkan waktu lebih banyak untuk mulai berjalan atau berbicara. Namun, apabila bayi lahir secara normal dengan pertumbuhan dan perkembangan yang signifikan, maka memerlukan beberapa tips seperti:

Tanggapi saat bayi berbicara

Ketika bayi sudah mulai banyak berbicara, tanggapi celotehannya dengan jawaban yang ramah dan sabar. Hal ini akan membuat bayi semakin tertarik untuk mengatakan hal lain atau belajar kata-kata yang baru.

Menyalakan musik atau lagu

Semua jenis musik sangat bagus untuk tumbuh kembang otak pada bayi dan membantunya belajar mengucapkan kata-kata lebih jelas. Bayi juga akan mulai menggerakkan badan menyesuaian alunan musik sehingga tubuhnya bisa lebih aktif dan sehat.

Pada 10 bulan, bayi akan lebih banyak mengoceh, melakukan mata, dan menanggapi kata-kata serta tindakan orang di sekitarnya. Jika bayi tidak bisa berkomunikasi dengan baik, maka segera hubungi dokter untuk evaluasi lebih lanjut.

Perkembangan lainnya pada bayi bisa ditanyakan pada dokter ahli di Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Webmd (2019), diakses 18 Juni 2020. Baby Development: Your 10-Month-Old
  2. Babycentre.co.uk (2017), diakses 18 Juni 2020. Your 10 month old’s development
    register-docotr