Info Parenting

Jangan Kaget! Ini Perkembangan Anak 5 Tahun yang Perlu Moms Tahu

June 23, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Usia 5 tahun adalah periode emas saat anak beranjak dari kategori balita. Ada banyak perkembangan anak 5 tahun yang bisa diamati, misalnya tubuh yang semakin tinggi dan besar. Tidak hanya itu, masih ada beberapa perubahan yang terjadi pada anak dengan rentang usia ini.

Perkembangan anak 5 tahun

Perkembangan pada anak di usia ini meliputi banyak hal, seperti perubahan fisik, emosi, aspek kognitif, hingga kemampuan beradaptasi dan menjalin hubungan sosial dengan lingkungan sekitar.

Perkembangan fisik anak 5 Tahun

Perkembangan anak 5 tahun bisa dilihat dari fisiknya. Sebab, pada periode ini, buah hati tercinta telah meninggalkan kategori balita yang perlu ditatih. Tubuh anak usia 5 tahun mulai membesar dan menggemuk.

Periode ini adalah saat-saat anak kehilangan lemak dan digantikan dengan otot. Salah satu tanda yang bisa diamati adalah berat dan tinggi badan yang bertambah dari usia sebelumnya.

Kemampuan motorik anak juga mulai terbentuk. Si kecil akan terbiasa dengan aktivitas yang membutuhkan gerak aktif, seperti lompat dan lari.

Mengutip Centers for Disease Control and Prevention, anak pada usia ini sudah bisa menggunakan toilet secara mandiri, memanjat sesuatu, dan berdiri dengan satu kaki selama 10 detik bahkan lebih.

Baca juga: Moms Wajib Tahu: Daftar Kebutuhan Gizi pada Anak Sesuai Usia

Perkembangan emosi anak 5 tahun

Perkembangan anak 5 tahun yang jarang disadari banyak orang tua adalah perubahan pada emosinya. Buah hati tercinta akan lebih bijak dalam menanggapi sesuatu, dan cenderung melakukan sesuatu dengan riang gembira.

Tapi jika ada yang mengganggu kestabilan emosinya, ia tak segan untuk marah dengan berapi-api, kebalikan dari kondisi sebelumnya.

Di rentang usia ini, rasa empati pada anak mulai muncul. Si kecil bisa merasa kasihan kepada seseorang, lalu bersedih. Oleh karena itu, sebagai orang tua, Moms perlu mengarahkan emosinya agar tetap terkontrol dengan baik.

Perkembangan kognitif anak 5 tahun

Anak berusia 5 tahun biasanya telah mengalami perkembangan pesat pada aspek kognitif. Pada usia ini, si kecil mulai memahami antara ‘benar’ dan ‘salah’. Artinya, anak mulai mengerti konsep aturan yang diberikan orang tua.

Anak-anak juga sudah mulai dapat memahami konsep waktu, misalkan waktu sarapan dan makan siang.

Anak-anak juga mulai memahami perintah dari orang tua seperti menggosok gigi sebelum tidur serta dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana serta mengekspresikan perasaannya.

Oleh karena itu, biasanya anak berusia 5 tahun sudah memasuki bangku sekolah taman kanak-kanak, menjalin hubungan pertemanan, belajar hal-hal baru seperti bernyanyi dan bermain.

Kemampuan berbahasa anak 5 Tahun

Bisa dibilang, usia 5 tahun adalah pembatas dari kategori bayi dan anak-anak. Artinya, beberapa kemampuan yang tidak dapat dilakukan saat bayi akan terasah pada periode ini. Misalnya, kecakapan berbahasa.

Sebenarnya, anak sudah mulai mencoba mengatakan satu atau dua kata pada usia 2 hingga 3 tahun. Sehingga, seharusnya pada usia 5 tahun, buah hati tercinta sudah dapat berbicara menggunakan bahasa ibu dengan lancar.

Di usia ini, kata-kata yang terucap olehnya akan mudah dipahami oleh orang dewasa, begitu juga sebaliknya. Anak usia 5 tahun juga bisa mencerna instruksi dan perintah yang lebih kompleks, meski ini tetap memerlukan latihan dan kebiasaan.

Mengutip Very Well Family, kemampuan berbahasa anak usia 5 tahun sudah mencapai pada tahapan memahami maksud dari kata “di atas”, “di bawah”, dan “di samping”. Buah hati juga mulai bisa menghitung angka hingga bilangan 10, serta belajar membaca dan menulis.

Keterampilan fisik anak 5 tahun

Perkembangan kognitif juga memacu tumbuhnya kreativitas dan keterampilan fisik. Misalnya, anak-anak akan lebih mahir dalam melakukan aktivitas yang membutuhkan gerakan intens, seperti permainan lompat tali, mengendarai sepeda, atau bahkan bermain sepak bola.

Melihat perkembangan di atas, Moms perlu memanfaatkan momentum ini untuk lebih mengembangkan bakatnya. Perkenalkan olahraga yang jarang dilakukan, serta ajak untuk belajar hal-hal baru. Pancing rasa keingintahuannya untuk mengoptimalkan kinerja saraf kognitif di otaknya.

Baca juga: Anak Muntah dan Masuk Angin? Yuk, Kenali Penyebab hingga Cara Mengatasinya

Perkembangan sosial

perkembangan anak 5 tahun
Anak bersama temannya. Sumber foto: www.parentingfromtheheartblog.com

Usia 5 tahun adalah periode anak untuk mengenal dunia luar. Dengan kata lain, ini adalah waktu yang tepat untuk mengajaknya menjalin hubungan pertemanan di luar lingkaran keluarga. Biasanya, ini terjadi saat buah hati tercinta memulai masa belajar di taman kanak-kanak.

Ketika anak sudah berusia 5 tahun, ia juga mulai memahami aturan seperti aturan permainan, memahami perasaan orang lain atau teman-teman terdekatnya, dan memahami konsep berbagi dan giliran.

Hubungan pertemanan yang akan dikenang biasanya adalah hubungan yang terjalin pertama kali. Anak usia 5 tahun sudah mulai tertarik untuk menjalin pertemanan dengan teman-teman sebaya.

Sayangnya, di usia ini, si kecil juga berpeluang menjadi korban perundungan. Oleh karena itu, Moms perlu mengetahui dan menjaga lingkungan pergaulan buah hati tersayang agar terhindar dari kondisi ini.

Setiap anak memiliki pencapaian tumbuh kembang yang berbeda-beda. Orang tua perlu untuk memahami hal ini dengan cermat dan jangan panik bila perkembangan si kecil tidak seperti anak-anak usia sebayanya.

Namun, ada baiknya bila orang tua mengetahui tanda-tanda gangguan perkembangan pada anak, seperti:

  • Perilaku anak sangat pemalu, penakut, atau agresif
  • Sangat rewel dan agresif saat terpisah dari orang tua
  • Tidak bisa fokus pada 1 tugas (tidak bisa berkonsentrasi lebih dari 5 menit) atau perhatiannya mudah teralih
  • Tidak peduli dengan sekitarnya
  • Tidak melakukan kontak mata atau merespon kepada orang lain

Jika anak menunjukkan tanda-tanda tersebut, maka orang tua dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter anak untuk mengetahui apakah anak memiliki gangguan atau keterlambatan perkembangan.

Nah, itulah berbagai perkembangan anak 5 tahun yang perlu Moms tahu. Jangan lupa untuk penuhi nutrisinya agar proses tumbuh kembang buah hati tercinta menjadi lebih optimal!

Masih punya pertanyaan tentang perkembangan anak? Tak perlu ragu untuk berkonsultasi dengan dokter terpercaya di Good Doctor. dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Centers for Disease Control and Prevention (CDC), diakses 7 Juni 2020, Important Milestones: Your Child By Five Years.
  2. WebMD, diakses 7 Juni 2020, 4- to 5-Year-Olds: Developmental Milestones.
  3. Parents.com, diakses 7 Juni 2020, The Year Ahead: Age 5.
  4. VeryWellFamily.com, diakses 7 Juni 2020, 5-Year-Old Child Development Milestones.

    register-docotr