Info Parenting

Moms Wajib Tahu, Ternyata 5 Kesalahan Ini Sering Terjadi saat Memandikan Bayi Lho!

August 15, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Moms, memandikan si kecil tentu saja menjadi rutinitas wajib ya untuk menjaga kebersihannya. Ternyata memandikan si kecil ada aturannya lho! Ada beberapa kesalahan saat memandikan bayi yang wajib Moms ketahui. Agar terhindar dari hal ini, yuk simak tips memandikan bayi secara benar!

Bayi cenderung memiliki kulit sensitif. Oleh karena itu, memandikan bayi harus sangat berhati-hati ya Moms.

Baca juga: Yuk, Ketahui Cara Mencuci Dot Bayi yang Benar dan Aman

Kesalahan yang paling sering terjadi saat memandikan bayi

Memandikan bayi bukan hanya sekedar membersihkannya dengan air, sabun, dan shampo, tetapi terdapat beberapa aturan yang juga perlu Moms perhatikan. Kesalahan memandikan bayi pun tak jarang dialami oleh beberapa ibu.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah kesalahan paling sering terjadi saat memandikan bayi.

1. Memandikan bayi terlalu dini

Kesalahan pertama adalah memandikan bayi terlalu cepat. Vernix cesaosa atau substansi lemak yang biasanya terdapat pada kulit bayi yang baru lahir mungkin saja terlihat kotor. Akan tetapi sebenarnya hal tersebut bagus untuk kulit bayi.

Vernix cesaosa sendiri adalah sebuah lapisan pelindung berwarna putih kekuningan. Lapisan ini muncul ketika bayi masih di dalam kandungan. Fungsinya adalah agar kulit bayi tidak keriput dan tetap halus selama di dalam kandungan ibu dan ketika lahir.

Vernix menawarkan perlindungan beberapa jam pertama setelah lahir. Oleh karena itu, sebaiknya tunda memandikan bayi baru lahir selama 6 jam.

Tak hanya itu, menunda memandikan bayi baru lahir juga memiliki manfaat lainnya, yakni bayi lebih mampu untuk menstabilkan gula darah dan suhunya.

2. Memandikan bayi terlalu sering

Moms pasti selalu menginginkan si kecil agar tetap bersih, ya ini merupakan hal wajar. Namun, yang harus diperhatikan adalah janganlah memandikan bayi terlalu sering.

Terkadang beberapa ibu memandikan bayinya di malam hari dengan air hangat untuk mencoba menenangkan bayi dan membantunya melepas lelah.

Melakukan rutinitas di malam hari untuk si kecil memang penting, tetapi dalam hal memandikan si kecil pada malam hari, sebenarnya tidak perlu. Sekali atau dua kali seminggu tidak masalah. Meskipun demikian, jika popok bayi penuh tentu saja ia perlu dimandikan.

3. Terlalu banyak menggunakan pembersih

Menggunakan sabun terlalu banyak pada kulit si kecil akan membuat kulit mereka kering. Maka dari itu, Moms harus menggunakan pembersih lembut yang dirancang untuk kulit sensitif bayi secara tidak berlebihan.

Tak hanya itu, jangan pula menggunakan terlalu banyak produk. Cukup gunakanlah pembersih yang melembapkan dan tidak mengandung parfum serta pewarna.

4. Air yang digunakan terlalu panas atau dingin

Suhu air merupakan hal detail yang penting saat memandikan bayi. Seringkali orang tua memandikan bayi untuk membuat bayi tidur lebih nyenyak.

Air yang terlalu dingin tidak dapat membantu untuk menenangkan bayi. Sedangkan air yang terlalu panas dapat berbahaya bagi kulit sentitif bayi.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya selalu periksalah suhu air yang akan digunakan dengan cara menguji suhu air di tangan sebelum memasukkan bayi ke dalam bak mandi.

5. Terlalu cepat memandikan bayi

Memandikan bayi sebenarnya tidak perlu waktu yang lama. Namun, memandikan bayi terlalu cepat juga bukanlah merupakan hal yang bagus.

Moms harus memberi bayi kesempatan untuk bermain-main sebentar di dalam air, bermain dengan satu atau dua mainan, bersantai, kemudian mandi dengan benar. Moms harus memerhatikan sikap si kecil untuk mengetahui kapan waktu mandi berakhir.

Tips untuk memandikan bayi

Setelah mengetahui apa saja kesalahan saat memandikan bayi, ada beberapa tips memandikan bayi yang wajib untuk Moms ketahui.

Dilansir dari Pampers, berikut adalah beberapa tips tersebut.

  • Selalu mandikan bayi di ruangan hangat bebas angin
  • Siapkan handuk kering untuk mengeringkannya segera setelah ia mandi
  • Menempatkan waslap hangat dan basah di perut bayi selama mandi, ini membantu untuk mencegah ia kedinginan
  • Gunakan waslap atau spons lembut untuk membersihkannya
  • Bilas setiap bagian tubuh secara bergantian, dengan cara menyeka dengan lembut kulit bayi
  • Pastikanlah selalu memeriksa belakang telinga, di antara jari-jari tangan dan kaki, di bawah lengan, serta di lipatan leher dan paha di mana tempat kotoran sering terkumpul
  • Jangan pernah meninggalkan bayi sendirian di bak mandi, meskipun hanya sebentar. Jika Moms harus meninggalkan ruangan, bawalah ia bersama dengan Moms
  • Setelah bayi selesai mandi, keringkan bayi menggunakan handuk dengan cara menepuk-nepuknya dengan lembut. Kemudian jangan lupa untuk menjaga kelembapan kulit dengan memberikan pelembap bayi

Kesalahan memandikan bayi yang sudah dijelaskan di atas harus Moms hindari ya. Memandikan bayi dengan cara benar bukan hanya dapat membuat bayi bersih tetapi juga dapat membuat mereka lebih nyaman.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Baby Gaga (2017). Diakses pada 13 Agustus 2020. 15 Ways Moms Wash The Baby Wrong 

Beebe Healthcare. Diakses pada 13 Agustus 2020. Why Delaying The First Bath After Birth Is a Good Thing 

Healthline (2016). Diakses 3 September 2020. Benefits of the Vernix Caseosa During Pregnancy and Birth

Pampers (2015). Diakses pada 13 Agustus 2020. Baby Bath Time Tips 

Parents. Diakses pada 13 Agustus 2020. 5 Ways You’re Cleaning Your Baby Wrong 

 

    register-docotr