Info Parenting

Mengenal Natal Teeth: Gigi pada Bayi Ketika Baru Lahir

July 22, 2020 | Nanda Hadiyanti
feature image

Natal teeth adalah kejadian yang sangat jarang saat kelahiran. Disebut natal teeth karena saat baru dilahirkan, bayi sudah memiliki gigi.

Umumnya gigi yang tumbuh hanya satu dan bentuknya agak berbeda dari gigi normal. Ingin lebih mengetahui tentang natal teeth? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

Apa itu natal teeth?

Seperti yang sudah disebutkan bahwa natal teeth merupakan gigi yang sudah muncul sejak bayi dilahirkan. Padahal gigi normal baru akan tumbuh saat bayi memasuki usia enam hingga delapan bulan.

Gigi yang sudah ada sejak lahir ini tidak muncul dalam jumlah banyak. Bentuknya juga tidak seperti gigi pada umumnya. Ada yang berbentuk kerucut, kecil dan berwarna agak kuning kecoklatan atau putih.

Biasanya, gigi yang muncul saat bayi baru lahir ini berada di gusi bagian bawah atau gigi tumbuh di gusi atas bagian depan. Sangat jarang bayi yang memiliki gigi geraham saat baru dilahirkan.

Natal teeth ini berbeda dengan neonatal. Meski sama-sama gigi yang tumbuh lebih cepat, namun neonatal adalah gigi yang tumbuh di 30 hari pertama setelah bayi dilahirkan.

Jenis-jenis gigi natal teeth

Bayi yang terlahir dengan gigi, ternyata memiliki jenis yang berbeda-beda. Ada empat jenis yang umum terjadi, yaitu:

  • Gigi yang belum menembus gusi, namun terlihat keberadaannya karena gusi yang menebal.
  • Sebagian kecil gigi terlihat di gusi.
  • Gigi sudah terbentuk, tapi goyang karena tidak memiliki akar sama sekali.
  • Gigi yang sudah utuh namun masih goyang walau sudah terdapat sedikit akar.

Apa penyebab terjadinya natal teeth?

Kemunculan gigi saat bayi baru dilahirkan umumnya tidak terkait dengan gangguan medis apapun. Hingga kini, penyebab pastinya juga tidak diketahui. Namun, ada juga yang beranggapan natal teeth terjadi karena ada pengaruh dari beberapa sindrom seperti:

  • Sotos. Kelainan genetika yang membuat pertumbuhan fisik anak lebih cepat.
  • Hallermann-Streiff. Kelainan yang memengaruhi pertumbuhan rambut, gigi dan tengkorak.
  • Pierre Robin. Kelainan pada rahang bayi yang baru lahir.
  • Ellis-van Creveld. Kelainan genetik langka yang ditandai dengan tungkai pendek, jari tangan atau jari kaki tambahan, perkembangan kuku yang tidak normal termasuk gigi yang abnormal.

Apakah ada faktor risiko terjadinya natal teeth?

Selain dipengaruhi oleh beberapa sindrom yang telah disebutkan di atas, natal teeth ternyata mungkin terjadi karena faktor keturunan bawaan.

  • Dilansir dari Healthline, sekitar 15 persen bayi lahir dengan natal teeth memiliki anggota keluarga yang juga mengalami natal teeth, seperti saudara kandung atau orang tuanya.
  • Selain itu, natal teeth juga lebih mungkin terjadi pada bayi perempuan dibandingkan bayi laki-laki.
  • Satu lagi faktor risiko yang mungkin terjadi adalah malnutrisi selama kehamilan.

Bagaimana perawatan natal teeth?

Gigi yang sudah ada sejak bayi dilahirkan biasanya belum terbentuk dengan sempurna. Gigi tersebut juga sangat memungkinkan tidak tertanam dengan baik atau goyang, karena akar gigi belum berkembang sempurna.

Jika kondisi gigi memang belum terbentuk dengan sempurna, dokter mungkin akan mencabutnya dengan melakukan pembedahan. Setelahnya, tidak ada perawatan khusus yang diperlukan.

Justru dengan mencabut gigi, akan mengurangi risiko gangguan lain pada bayi. Adanya gigi sebelum waktu tumbuh dapat menyebabkan luka pada lidah atau menyebabkan sariawan dan masalah saat menyusui.

Selain itu, beberapa gigi yang muncul saat bayi dilahirkan tidak tertanam dengan sempurna di gusi atau goyang. Mencabut adalah pilihan terbaik untuk menghindari bayi menelannya saat terlepas dari gusi.

Apa yang harus diperhatikan dari natal teeth?

Meski umumnya natal teeth goyang dan akan dicabut oleh dokter, namun ada juga gigi yang dibiarkan karena dianggap sudah cukup kuat.

Dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut jika menganggap gigi tersebut tidak perlu dicabut. Biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan sinar-X untuk melihat struktur akar gigi.

Jika dokter memastikan tidak mencabutnya, maka moms perlu rutin merawatnya. Moms perlu membersihkan gigi dengan usapan lembut dan memeriksa bayi tidak mengalami cedera lidah karena gigi tersebut.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Healthline diakses 17 Juli 2020 Why Some Babies Are Born with Teeth 
  2. Medlineplus diakses 17 Juli 2020 Natal teeth
  3. Parenting.firstcry diakses 17 Juli 2020 Baby Born With Natal Teeth 
    register-docotr