Info Parenting

Mendidik Peduli, Simak 4 Manfaat Memelihara Binatang Bagi Anak

October 23, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Hampir semua anak menyenangi binatang. Di samping menimbulkan rasa sayang, bermain dengan binatang juga seringkali membuat si Kecil merasa bahagia.

Tak heran jika beberapa orang tua memutuskan untuk memberikan binatang peliharaan untuk anak mereka.

Selain bisa menjadi teman bermain, ternyata hal ini juga memiliki banyak manfaat bagi perkembangan si Kecil. Mau tahu apa saja?

Mengajarkan nilai-nilai kehidupan

Ketika ada binatang peliharaan di rumah, orang yang memegang tanggung jawab utama untuk mengurusnya mungkin tetap harus Moms. Namun, dengan melihat teladan yang Moms berikan, tanpa sadar si Kecil akan banyak menyerap hal positif termasuk soal nilai-nilai kehidupan.

Moms juga bisa berinisiatif memberikan tugas-tugas sederhana untuk si Kecil agar bisa terlibat langsung mengurus keperluan binatang tersebut. Misalnya menuang makanan ke piring, atau mengajaknya bermain.

Dengan ikut serta secara aktif, anak akan menyadari bahwa hewan peliharaan, seperti halnya manusia, juga membutuhkan makanan, tempat berlindung, olahraga, dan cinta.

Dengan begitu Moms telah mengajarkan pentingnya rasa tanggung jawab, kasih sayang dan empati pada si Kecil.

Baca juga: Tak Cuma Mulut Berbusa, Ini Ciri-ciri Lain Anjing Terinfeksi Rabies

Meningkatkan rasa percaya diri

Dilansir dari What to expect, penelitian menunjukkan bahwa anak yang memiliki binatang peliharaan dinilai punya rasa percaya diri yang lebih tinggi.

Mengapa? Alasannya adalah karena mereka punya teman untuk diajak bicara dan bermain, bahkan di saat orang lain mungkin tidak sempat melakukan hal tersebut dengan mereka.

Ini akan berdampak besar pada kepercayaan diri, karena memiliki sesuatu untuk dicintai dan yang juga mencintai balik mereka, akan membuat si Kecil merasa keberadaan dirinya penting dan berharga.

Baik untuk kesehatan

Para ahli mengatakan bahwa anak-anak yang tumbuh dengan binatang peliharaan cenderung tidak punya alergi berkat paparan dini terhadap bakteri tertentu.

Sebuah studi tahun 2012 menemukan fakta bahwa anak-anak yang tinggal dengan binatang peliharaan, umumnya lebih sehat selama tahun pertama kehidupan mereka. Mereka juga relatif memiliki masalah pernapasan yang lebih jarang dibandingkan anak lain pada umumnya.

Berbagai rutinitas mengurus binatang peliharaan seperti menyikat, menepuk, atau membelai juga diketahui dapat menurunkan stres pada orang dewasa maupun anak-anak.

Namun hal ini bukan berarti Moms boleh begitu saja memelihara binatang di dalam rumah. Ada baiknya untuk tetap memeriksa reaksi alergi pada anak sebelum memutuskan memelihara binatang apapun.

Membuat si Kecil merasa nyaman          

Bukan rahasia jika binatang bisa memberikan rasa nyaman dan ketenangan yang luar biasa pada manusia.

Hal ini terbukti secara ilmiah ketika Gail F. Melson, PhD, seorang profesor perkembangan anak di Purdue University, Indiana, bertanya kepada sekelompok anak berusia 5 tahun tentang apa yang mereka lakukan ketika sedih, marah, takut, atau memiliki rahasia untuk dibagikan.

Lebih dari 40 persen secara spontan menyebutkan bahwa mereka akan beralih ke binatang peliharaan mereka.

Anak yang memelihara binatang juga cenderung memiliki tingkat kecemasan yang tidak terlalu tinggi daripada anak lain pada umumnya.

Baca juga: Moms, Begini Pertolongan Pertama saat Kepala Bayi Terbentur

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat mau memelihara binatang

Bermain dengan binatang peliharan memang terlihat menyenangkan. Namun jangan lupa bahwa ada tanggung jawab besar yang menyertainya. Apalagi jika Moms berniat untuk memberikan binatang tersebut pada si Kecil. Ada baiknya Moms melakukan beberapa hal berikut terlebih dahulu:

Sepakati dulu dengan orang rumah

Pastikan keputusan ini telah diketahui dan disepakati oleh semua orang yang ada di dalam rumah. Ini penting karena bagaimana pun mereka akan tinggal bersama makhluk hidup lain yang perlu diurus dan diperhatikan.

Lakukan penelitian kecil

Cari tahu hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk memelihara binatang yang Moms dan si Kecil inginkan.

Bukan hanya seputar tempat makan, minum, dan sejenisnya. Tapi juga dokter hewan terdekat yang bisa dikunjungi jika binatang tersebut memerlukan perawatan.

Pilih binatang peliharaan yang mudah dirawat

Sebagai permulaan ada baiknya Moms memberikan binatang peliharaan yang tidak memerlukan perawatan terlalu rumit pada si Kecil.

Misalnya ikan, burung, atau kucing. Namun seperti yang telah disebutkan sebelumnya, jangan lupa pastikan bahwa si Kecil tidak memiliki reaksi alergi terhadap binatang tersebut, ya.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

4 things to consider before getting a family pet, https://www.todaysparent.com/family/4-things-to-consider-before-getting-a-family-pet/ diakses pada 22 Oktober 2020

The Benefits of Pets for Kids, https://www.whattoexpect.com/family/kids-and-pets/benefits-of-pets/ diakses pada 22 Oktober 2020

The Benefits of Pets, https://www.parents.com/parenting/pets/kids/the-benefits-of-pets/ diakses pada 22 Oktober 2020

 

    register-docotr