Info Parenting

Ini Lho Penyebab Anak Sulit Membaca yang Harus Diketahui Orang Tua, Apa Saja?

December 9, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Membaca adalah kemampuan dasar yang sangat penting untuk dimiliki oleh anak. Bukan hanya berhubungan dengan kegiatan menulis, membaca juga menjadi dasar untuk memahami pelajaran-pelajaran lainnya di sekolah. 

Namun faktanya tidak semua anak lancar dalam proses membaca. Sebagian anak justru memiliki kemampuan membaca yang lebih rendah dibanding anak-anak lain. Apakah si Kecil juga mengalaminya, Moms?

Kenali penyebab anak sulit membaca serta tips menghadapinya lewat ulasan di bawah ini!

Mengenal penyebab anak sulit membaca 

Ada sejumlah faktor yang dapat menyebabkan anak mengalami kesulitan dalam membaca. Hindari mencap anak sebagai pemalas atau bodoh karena ada beberapa kondisi yang dapat membuat anak sulit membaca. Berikut penjelasannya:

Disleksia

Sebagian besar masalah membaca muncul sejak anak belajar membaca. Nah, penyebab paling umum dari kasus kesulitan membaca pada anak adalah gangguan disleksia. 

Anak yang mengidap disleksia seringkali kesulitan mengucapkan kata-kata, memahami kata-kata tertulis dan menamai suatu objek dengan cepat. Meski begitu anak pengidap disleksia sebenarnya memiliki tingkat kecerdasan normal. 

Gangguan hiperaktif (ADHD)

Penyebab anak sulit membaca lainnya adalah gangguan ADHD (attention deficit hyperactivity disorder). Anak dengan ADHD seringkali tidak dapat menaruh fokus pada materi dan mudah teralihkan. Kondisi ini akan membuat anak sulit membaca atau memahami bacaan.

Hambatan pemrosesan bahasa dan pusat penalaran visual di otak

Hal ini mungkin disebabkan oleh faktor genetik atau perbedaan perkembangan. Anak juga mungkin mengalami kesulitan dalam pendengaran, bicara, penglihatan, atau memahami instruksi. 

Baca juga: Mengenal Gejala dan Penyebab Disleksia pada Anak

Tanda-tanda anak sulit membaca

Anak-anak yang kesulitan membaca seringkali menganggap membaca sebagai proses yang rumit sehingga mereka menghindarinya. Perhatikan tanda-tanda ini berikut ini ketika anak sedang membaca:

  • Anak tidak bisa mengenali bunyi dari huruf
  • Sering melewati kata-kata dalam kalimat yang dibaca
  • Tidak memahami ide-ide penting dalam bacaan
  • Tidak bisa mengingat tulisan yang di bacanya
  • Membunyikan kata yang sama setiap kali muncul di halaman
  • Sering menebak kata-kata yang tidak dikenal, daripada mengucapkannya

Tips melatih anak dalam membaca

Anak yang mengalami kesulitan membaca seringnya akan mengalami kesulitan di mata pelajaran lainnya. Ketika anak sulit membaca ia juga akan kesulitan untuk memahami dan menjelaskan materi tertulis. 

Padahal sebagian besar pembelajaran dilakukan dengan membaca dan menulis. Baik itu mata pelajaran sains, bahasa, seni maupun sosial.

Untuk itu, lakukanlah tips berikut agar kemampuan membaca anak menjadi lebih baik:

  • Lakukan sesi membaca bersama. Ketika anak mendengar seseorang yang lebih lancar membacakan sesuatu untuknya, anak bisa belajar soal intonasi serta ritme baca yang lebih baik. 
  • Menerapkan teknik echo reading. Jika anak kesulitan membaca dengan ekspresi, cobalah membaca satu bagian dan minta anak untuk ikuti intonasi dan penekanan yang sama dengan Moms. 
  • Gunakan sight word. Sight word adalah media yang umum digunakan untuk melatih anak membaca. Sight word berisi kata-kata yang paling sering digunakan sehari-hari dan menjadi dasar dari keterampilan membaca dan menulis anak.
  • Membuat area khusus membaca. Meski tidak membantu secara teknis, langkah ini juga dapat membangun keinginan anak untuk membaca lebih tinggi. Berikanlah anak ruangan khusus baca yang dipenuhi koleksi buku khusus anak. 
  • Biarkan anak memilih buku yang mereka suka. Ketika anak memiliki buku bacaan favorit, biasanya anak akan lebih mudah memahami proses pembelajaran.
  • Coba latih anak dengan audio book. Audio book memungkinkan anak mendengarkan buku favoritnya berulang kali. Dengan begitu anak bisa belajar membaca sambil diiringi rekaman suara.

Selain perlu melatih anak di rumah, Moms juga perlu berkonsultasi dengan guru anak di sekolah. Moms bisa bekerja sama dengan guru anak di sekolah agar kemampuan anak dalam membaca terpantau dengan baik.

Ketika anak sulit membaca, orang tua berperan penting untuk terus mendukung dan membantunya. Jika tidak dibantu, bukan tidak mungkin anak akan terus mengalami kesulitan membaca bahkan hingga ia bertumbuh dewasa. 

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    register-docotr