Info Parenting

Agar Produksi Melimpah, Ini 5 Makanan Pelancar ASI untuk Ibu Menyusui

July 17, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Ario W. Pamungkas
feature image

Menjaga pasokan ASI yang stabil tentunya merupakan tantangan bagi setiap ibu menyusui. Dalam proses ini, tubuh perlu kalori ekstra serta asupan makanan pelancar ASI yang sesuai.

Apa saja pilihan makanan yang bisa Moms konsumsi untuk memperlancar ASI? Berikut rangkuman informasinya!

Baca juga: Penggunaan Susu Formula untuk Bayi, Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya

Pilihan makanan pelancar ASI untuk ibu menyusui

Berikut beberapa pilihan makanan yang baik dikonsumsi oleh Moms untuk memperlancar ASI:

Oatmeal

Oatmeal merupakan pilihan makanan pelancar ASI terbaik yang bisa Moms konsumsi. Makanan yang terbuat dari gandum ini kaya akan zat besi yang mampu meningkatkan produksi ASI. Oatmeal juga dipercaya bekerja dengan cara meningkatkan hormon produksi ASI dalam tubuh. 

Selain meningkatkan produksi ASI, oatmeal mengandung berbagai nutrisi yang penting bagi bayi dan Moms. Misalnya seperti serat, magnesium dan zinc.

Sayuran berdaun hijau

Beragam sayuran hijau seperti bayam, daun katuk, peterseli, brokoli, selada air, dan daun kale juga bisa menjadi makanan pelancar ASI lho, Moms. Sayuran hijau mengandung vitamin dan mineral dalam jumlah yang bervariasi dan tentunya bermanfaat bagi produksi ASI.

Berdasarkan penelitian, mengonsumsi banyak sayuran hijau ketika menyusui juga dapat memengaruhi selera anak pada buah dan sayuran.

Baca juga: Moms, Pahami Penggunaan Susu Formula Bayi Berdasarkan Bahan Dasarnya

Makanan berprotein tinggi

Protein merupakan kandungan yang juga penting untuk produksi ASI. Kandungan protein akan berpindah dari Moms pada bayi sebagai nutrisi untuk mendukung pertumbuhannya. 

Setidaknya, ibu menyusui membutuhkan tambahan 25 gram protein per hari agar pasokan ASI yang dihasilkan tetap stabil. Moms bisa mendapatkan protein dari beberapa sumber seperti daging tanpa lemak, telur, kacang, lentil, tahu, dan biji-bijian. 

Jahe 

Selain baik untuk menjaga kekebalan tubuh, jahe juga termasuk sebagai makanan pelancar ASI. Penelitian juga menunjukkan bahwa jahe merupakan galactagogue alami yang tidak menimbulkan efek samping serius. 

Untuk mengonsumsi jahe, Moms bisa merebusnya dan meminum air rebusan jahe, atau mencampurnya dengan teh. Jahe juga bisa ditambahkan ke dalam masakan sesuai selera. 

Biji wijen 

Biji wijen mengandung kalsium tinggi sehingga mampu meningkatkan produksi ASI. Asupan kalsium tinggi ini juga penting selama kehamilan dan menyusui untuk kesehatan tulang Moms dan bayi.

Bila kekurangan asupan mineral dan kalsium, kemungkinan ASI yang dikeluarkan akan lebih sedikit. Setidaknya untuk ibu menyusui, kalsium harian yang disarankan adalah 1.000 miligram.

Catat, saat ibu sedang menyusui, kebutuhan gizi ibu juga harus terpenuhi. Tetap konsumsi makanan dengan gizi seimbang, bervariasi dengan campuran karbohidrat, protein, serat, dan vitamin, ya.

Demikian informasi tentang beberapa pilihan makanan pelancar ASI yang bisa Moms rutin konsumsi. Jika produksi ASI terus menurun, segera cek ke dokter, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    register-docotr