Info Parenting

Moms, Jangan Stres Dulu, Kenali Cara Mengatasi Baby Blues di Sini

July 19, 2020 | Richaldo Hariandja
feature image

Cara mengatasi baby blues yang terbaik adalah membicarakan tentang apa yang Moms rasakan. Jangan ragu untuk berbagi seputar emosi, perubahan mood, dan tantangan yang Moms rasakan.

Membicarakan mengenai apa yang dirasakan itu adalah upaya untuk meningkatkan psikologis Moms setelah baru mendapatkan momongan. Meskipun demikian, sebenarnya baby blues akan hilang dengan sendirinya.

Penyebab baby blues

Kondisi baby blues diduga karena adanya perubahan hormon yang terjadi selama masa kehamilan dan juga setelah bayi dilahirkan, perubahan hormon ini dapat menyebabkan perubahan kimia di otak yang berujung pada depresi.

Baby blues juga terjadi karena adanya penyesuaian yang Moms harus alami setelah bayi dilahirkan bersama dengan terganggunya waktu tidur, terganggunya rutinitas dan emosi dari bayi yang dilahirkan itu dapat berkontribusi pada apa yang Moms rasakan.

Nah, untuk itu, Moms harus kenali cara mengatasi baby blues berikut ini:

Istirahat yang cukup

Waktu tidur akan menjadi barang langka setelah melahirkan. Oleh karena itu, Moms harus manfaatkan seefektif mungkin waktu luang yang Moms punya.

Dengan tidur, maka emosi dan kelelahan yang dapat berujung pada kekacauan psikologis dapat dikurangi. Karena itu, tidurlah saat bayi sedang tidur, jangan hiraukan dulu pakaian kotor yang menumpuk, tidurlah.

Berbicara dengan orang lain

Moms tidak perlu mengunjungi terapis tentang apa yang yang Moms rasakan. Karena berbicara dengan orang lain akan membantu melepaskan beban yang tersangkut di dada.

Karena itu, ambillah telepon genggam dan hubungi teman atau saudara yang Moms percaya dan mau meluangkan waktunya untuk menjadi pendengar setia.

Cari bantuan

Terkadang orang tua akan datang berkunjung saat Moms baru melahirkan. Jangan ragu untuk meminta bantuan mereka melakukan pekerjaan apapun yang tertunda di masa ini, seperti misalnya pakaian kotor yang menumpuk, atau bahkan memasak makanan.

Jangan ragu untuk meminta tolong, karena Moms sangat membutuhkan bantuan dalam masa transisi dan adaptasi ini.

Buat senang diri sendiri

Membuat senang diri sendiri adalah cara mengatasi baby blues yang penting untuk menyehatkan mental. Dalam hal ini, Moms cukup melakukan pekerjaan atau kegiatan yang Moms gemari.

Pastikan agar apa yang Moms gemari sebelum melahirkan dapat dilakukan walaupun cuma 20 menit di masa setelah melahirkan. Di masa ini memang waktu luang adalah hal berharga, oleh karena itu, maksimalkanlah waktu luang yang Moms punya.

Membuat senang diri sendiri juga bisa dilakukan dengan memakan makanan favorit. Tapi ingat, Moms harus menjaga asupan nutrisi yang baik selama masa pasca melahirkan ini, ya!

Perkuat ikatan emosional dengan bayi

Ikatan emosional antara ibu dan bayi adalah hal yang penting. Oleh karena itu, Moms harus bisa memastikan ikatan ini tetap kuat supaya perubahan emosi yang bisa saja terjadi selama baby blues tidak mengganggu perkembangan dari bayi.

Belajar dan memahami ikatan dengan bayi bukan hanya menguntungkan bagi anak saja, lho. Moms bisa merasa lebih rileks dan senang karena adanya endorphin yang dilepaskan lewat ikatan ini. Sehingga Moms juga bisa menjadi lebih percaya diri sebagai orang tua.

Perkuat ikatan dengan pasangan

Cara mengatasi baby blues yang satu ini sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hubungan Moms dengan pasangan. Karena tidak jarang perubahan emosi yang terjadi pasca melahirkan dapat mempengaruhi hubungan rumah tangga juga.

Perkuat komitmen dengan pasangan dan lakukan hal yang digemari berdua sehari sekali dapat memperkuat hubungan dan dukungan satu sama lain dalam mengatasi perubahan-perubahan yang terjadi karena baby blues.

Mencegah baby blues

Cara mengatasi baby blues bisa dimulai dari pencegahan yang dilakukan saat kehamilan, lho. Salah satu cara yang bisa Moms lakukan adalah memperbanyak asupan lemak omega-3, EPA dan DHA yang dapat mengurangi risiko bayi prematur dan depresi pasca melahirkan.

Kurang asupan lemak omega-3 juga dikaitkan dengan serangan diabetes tipe 1 pada anak.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Helpguide.org (2019) diakses 15 Jui 2020. https://www.helpguide.org/articles/depression/postpartum-depression-and-the-baby-blues.htm
  2. Americanpregnancy.org, diakses 15 Jui 2020. https://americanpregnancy.org/first-year-of-life/baby-blues/
  3. Healthline.com (2020) diakses 15 Jui 2020. https://www.healthline.com/health/baby-blues
    register-docotr