Info Parenting

Jangan Khawatir Moms, Ini 9 Cara Memperbanyak ASI

July 2, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Setelah melahirkan, tidak sedikit orang mengalami kesulitan dalam memproduksi ASI. Padahal sebagai makanan utama dari bayi baru lahir, asupan ASI tentu perlu dijaga. Nah, berikut beberapa cara memperbanyak ASI yang bisa dipraktikkan di rumah.  

Cara memperbanyak ASI secara alami 

1. Pastikan posisi bayi tepat

Moms, sewaktu menyusui  pastikan mulut bayi menempel ke payudara dengan benar ya. Karena bila bayi menyusu dengan baik, produksi ASI dari tubuh Moms secara alami akan terstimulasi juga. Bila Moms masih ragu mencari posisi tepat untuk menyusui, konsultasikanlah dengan dokter.

2. Teruslah menyusui

Pada beberapa minggu pertama sejak pertama dilahirkan, bayi Moms butuh menyusu setiap 2 atau 3 jam. Untuk itu, Moms tidak boleh berhenti menyusui.

Saat bayi menyusu, tubuh Moms akan mendapat sinyal bahwa tubuh butuh ASI yang lebih banyak. Sehingga produksi ASI akan meningkat. 

3. Skin to skin

Skin to skin atau kontak langsung dari kulit ke kulit dapat menurunkan tingkat stres bayi, memperbaiki pernapasannya serta mengatur suhu tubuh bayi. Untuk melakukan skin to skin, pastikan bayi mendapat kontak langsung dengan bagian dada Moms.

Bayi disarankan hanya menggunakan popok agar sentuhan kulit dari Moms lebih terasa. Selain itu, Moms juga harus melepas pakaian serta pakaian dalam ya.  

Skin to skin akan meningkatkan ikatan emosional antara bayi dan Moms. Penelitian telah membuktikan bahwa skin to skin contact ini mendorong bayi untuk menyusui lebih lama dan mampu menstimulasi produksi ASI lebih banyak. 

4. Menyusui lebih lama

Bayi yang baru lahir harus menyusui setidaknya selama 10 menit di setiap sisi. Bila Moms melihatnya tertidur saat menyusui, cobalah bangunkan dengan pelan dan lembut.

Hal tersebut dapat menjadi salah satu cara memperbanyak ASI karena semakin lama bayi menyusui semakin banyak rangsangan pada tubuh Moms. 

5. Menyusui dari kedua payudara

Pada beberapa minggu pertama menyusui, sebaiknya Moms menyusui dari kedua payudara secara bergantian di setiap waktu menyusui. Berdasarkan penelitian, hal ini dapat membantu tubuh membangun persediaan ASI yang lebih kuat.

Bila Moms hanya menggunakan salah satu payudara untuk menyusui, payudara tersebut akan menjadi lebih besar dan menghasilkan lebih banyak susu.

Setelah melewati beberapa minggu pertama, ketika Moms sudah nyaman dengan jumlah ASI yang diproduksi tubuh, Moms bisa terus menyusui dari kedua sisi atau menyusui hanya dari satu sisi. 

6. Memompa ASI

Cara lain untuk memperbanyak ASI adalah dengan menggunakan pompa. Gunakan pompa ASI setelah selesai menyusui. Ingatlah, memompa ASI dapat membuat payudara terangsang untuk memproduksi lebih banyak ASI. 

Sebelum memompa ASI, Moms juga bisa coba untuk menghangatkan atau memijat payudara terlebih dahulu. Hal ini dapat mempermudah keluarnya ASI saat dipompa. 

Baca juga: Cek Gerakan Refleksnya, Ini Perkembangan Bayi 2 Bulan yang Moms Perlu Perhatikan!

7. Konsumsi makanan sehat

Untuk memproduksi susu, tubuh perlu energi cukup. Inilah mengapa Moms perlu mengonsumsi makanan seimbang dan camilan sehat agar asupan tubuh terjaga.

Konsumsilah makanan yang dapat memperbanyak ASI dalam tubuh. Seperti oatmeal, sayuran hijau dan almond untuk membantu Moms mendapatkan kalori ekstra yang dibutuhkan tubuh. 

8. Istirahat yang cukup

Kelelahan dan stres dapat memberikan pengaruh negatif terhadap pasokan ASI dalam tubuh Moms. Memang sih mencari waktu luang untuk Moms yang baru melahirkan nggak mudah. 

Tetapi Moms bisa coba curi waktu. Misalnya tidur siang ketika bayi sedang tidur. Bila tubuh tidak stres, tubuh dapat menggunakan energi ekstra untuk menghasilkan pasokan ASI yang sehat.

9. Konsumsi suplemen penambah ASI

Ada sejumlah suplemen yang dibuat untuk menstimulasi produksi ASI dari tubuh. Sebelum memutuskan mengonsumsinya, Moms bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. 

Tidak perlu takut Moms, mengonsumsi suplemen penambah ASI adalah hal wajar untuk membantu produksi ASI. Moms hanya perlu memastikan penggunaannya aman di bawah pengawasan dokter. 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    register-docotr