Info Parenting

Ingin si Kecil Cepat Berjalan? Yuk, Moms Coba Lakukan Cara Ini!

August 25, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Moms, ketika si kecil mulai membuat langkah pertamanya tentu saja hal itu membuat Moms bangga bukan? Umumnya, bayi kemungkinan akan mengambil langkah pertamanya pada usia 9 dan 15 bulan. Namun, ada cara melatih anak agar cepat berjalan yang perlu Moms ketahui, apa saja?

Perkembangan kemampuan pada setiap anak tidak dapat disamakan, setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Meskipun demikian, orang tua dapat membantu anak meningkatkan kemampuannya agar dapat berkembang lebih cepat.

Baca juga: Moms Wajib Tahu, Ternyata 5 Kesalahan Ini Sering Terjadi saat Memandikan Bayi Lho!

Bagaimana cara melatih anak agar cepat berjalan?

Melihat perkembangan si kecil tentu saja selalu menyenangkan ya Moms. Sebagai orang tua Moms tentu saja menginginkan si kecil berkembang dengan semestinya.

Berjalan merupakan langkah yang besar dalam perkembangan si kecil. Inilah momen yang paling dinantikan oleh banyak orang tua. Melatih anak agar cepat berjalan pun menjadi hal yang sangat penting yang sebaiknya dilakukan oleh orang tua.

Dilansir dari Moms.com, berikut adalah cara melatih anak agar cepat berjalan yang wajib Moms ketahui.

1. Mulailah lebih awal

Berlatih sejak dini merupakan hal yang terbaik yang dapat Moms lakukan untuk mempersiapkan anak berjalan. Saat diangkat tegak, sebagian besar bayi akan menopang diri dengan kaki mereka di usia sekitar 4 hingga 5 bulan.

Tak hanya itu saja, sebagian bayi pun akan menekuk lutut. Kegiatan berdiri tahap awal ini dapat membuat si kecil terbiasa berdiri, serta dapat mulai membangun otot di kaki dan pinggul. Mulai berlatih lebih awal juga merupakan cara yang terbaik untuk meningkatkan memori otot.

2. Biarkan mereka bertelanjang kaki

Sepatu bayi memang lucu, tetapi untuk melatih anak agar cepat berjalan akan lebih baik jika anak bertelanjang kaki. Ketika Moms melatih si kecil berjalan dengan kaki telanjang, Moms harus lebih sering menjaga si kecil.

Bayi mengandalkan ‘rasa’ untuk membimbing mereka, dengan merasakan pijakan mereka dapat menyesuaikan keseimbangan berdiri sesuai dengan kebutuhan. Permukaan yang berbeda membutuhkan penggunaan sendi, otot, dan postur yang berbeda pula.

3. Berikan bayi makanan atau mainan

Cara melatih anak agar cepat berjalan yang ketiga adalah dengan memberikan makanan atau mainan favorit kepada mereka.

Letakanlah makanan atau mainan yang disukai di luar jangkauan mereka, sehingga mereka tidak mempunyai pilihan selain mencoba dan berdiri untuk mendapatkannya.

4. Menggunakan musik

Ketika si kecil mendengarkan musik dan mencoba untuk menggerakkan tubuhnya tentu saja ini menjadi hal yang menggemaskan ya Moms.

Musik bukan hanya dapat membuat si kecil mencoba mencari gerakan pada irama yang menyenangkan saja, tetapi juga dapat membantu mereka berjalan lebih cepat.

5. Ajari si kecil untuk duduk di bangku tanpa penyangga

Sebelum bayi belajar berjalan, pertama-tama mereka harus belajar duduk, merangkak, dan lain sebagainya. Ketika si kecil dapat duduk tanpa bantuan, mintalah mereka untuk duduk di bangku bayi yang tidak memiliki penyangga.

Yang perlu diperhatikan adalah selalu pastikanlah ada orang dewasa di dekatnya untuk membantu ketika mereka mengalami kesulitan dan menjaganya. Pastikan kaki si kecil menyentuh lantai agar mereka dapat mendorongnya.

Cara ini akan membantu melatih keseimbangan si kecil untuk berjalan.  

6. Memegang tangan si kecil ketika mereka mencoba berjalan

Ini merupakan hal yang mudah dilakukan bukan Moms? Ya, mengangkat lengan dan tangan si kecil ketika mereka mencoba berjalan merupakan hal yang bagus.

Moms bukan hanya dapat mendukung mereka, tetapi mereka juga dapat merasakan bagaimana rasanya berdiri tegak. Sebagai tambahan, mereka juga dapat bergerak bersama Moms yang dapat membuat mereka percaya diri dan merasa aman untuk mencoba hal baru.

Baca Juga: Tanda-tanda Kecerdasan Naturalis Anak, Si Kecil Punya Salah Satunya?

7. Biarkan si kecil mencoba sendiri

Menggendong si kecil memang dapat memberikan mereka kenyamanan. Tetapi ketika Moms menginginkan si kecil untuk cepat berjalan, sebaiknya letakkanlah si kecil di bawah dan biarkanlah ia mendatangi Moms dengan caranya sendiri.

Ketika si kecil terus digendong, mereka mungkin akan menjadi malas, dalam arti mereka tidak merasakan keinginan untuk berjalan. Membiarkan mereka mendapatkan kebebasan dengan menggunakan caranya sendiri dapat membantu perkembangan mereka.

Itulah beberapa cara melatih anak agar cepat berjalan yang dapat Moms lakukan.

Jika Moms menginginkan si kecil cepat berjalan, tak ada salahnya lho untuk mencoba cara yang sudah dijelaskan di atas. Hal yang paling penting adalah selalu jagalah si kecil ketika mereka mencoba untuk berjalan.

Punya pertanyaan lain terkait masalah ini? Silakan chat dokter kami untuk berkonsultasi secara online melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Moms.com (2018). Diakses pada 22 Agustus 2020. 15 Ways to Get The Baby Walking Faster (And 5 Things That Will Just Slow Them Down)

Parents (2020). Diakses pada 22 Agustus 2020. When Do Baby Start Walking? 

    register-docotr