Info Parenting

Bingung Memilih Sepeda untuk Anak? Balance Bike Bisa Menjadi Pilihan Menarik

September 21, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Selain menyenangkan, menggunakan balance bike atau push bike mampu membantu pengembangan keterampilan motorik dan kepercayaan diri pada anak.

Balance bike sendiri merupakan sepeda tanpa pedal dengan dua roda dan dikendarai dengan mengandalkan gaya dorong dari kedua kaki anak. Moms bisa memberikan balance bike pada anak di usia balita, paling tidak saat anak berusia 18 bulan.

Mengapa memilih balance bike?

Melansir dari intermountainhealthcare.org, Todd Williams, seorang occupational therapist in pediatric rehabilitation di Logan Regional Hospital memaparkan alasan mengapa sebaiknya Moms memilih balance bike untuk anak.

Berikut di antaranya:

Menyenangkan

Alasan yang paling utama mengapa Moms lebih baik memilih balance bike adalah karena mengendarai balance bike sangat menyenangkan untuk anak. Jika Moms ingin memberikan kebahagiaan sekaligus melatih keseimbangan anak, balance bike tentu menjadi pilihan yang tepat.

Balance bike jauh lebih aman dibandingkan sepeda biasa

Balance bike diakui memiliki tingkat keamanan dan keselamatan yang lebih baik dibandingkan sepeda roda tiga untuk balita. Selain itu, sepeda roda tiga jauh lebih lambat, sulit untuk berbelok, dan anak mudah hilang kendali pada permukaan yang tidak rata atau miring.

Sedangkan balance bike memang dikhususkan untuk melatih keseimbangan anak daripada berlatih mengayuh. Efek yang diharapkan adalah anak lebih siap dalam menghadapi hal-hal yang tidak terduga dalam mempelajari keseimbangan.

Menciptakan waktu yang berkualitas bersama anak

Saat Moms memutuskan memberikan anak balance bike, maka Moms juga harus siap meluangkan waktu untuk bermain bersamanya. Karena penggunaan balance bike tentu membutuhkan pengawasan dan perhatian dari orang tua. Namun dengan begitu, Moms justru akan mendapatkan waktu berkualitas bersama anak.

Manfaat balance bike untuk anak

Setelah mengetahui alasan mengapa sebaiknya Moms lebih memilih balance baik dibandingkan sepeda biasa, Moms juga harus mengetahui manfaat yang akan didapatkan oleh anak saat mengendarai balance bike.

Berikut beberapa manfaat balance bike untuk anak dibandingkan sepeda biasa:

Melatih kepercayaan diri anak

Tidak ada yang lebih membahagiakan bagi Moms selain melihat anak mampu mengembangkan kepercayaan dirinya dan balance bike telah dipercaya banyak orang tua untuk memberikan anak rasa percaya diri tersebut.

Setiap kali anak mengendarai balance bike, anak hanya akan tertawa dan bahagia karena berhasil mengendarainya. Kebahagiaan ini akan melatih rasa percaya dirinya untuk melakukan hal yang lebih menantang.

Khususnya untuk balita di usia sekitar 18 bulan yang masih belajar untuk berjalan, berhasil mengendarai balance bike tentu akan sangat membuatnya senang dan bangga. Sehingga kepercayaan dirinya pun semakin terpupuk.

Membantu pengembangan keterampilan motorik kasar

Manfaat ini merupakan manfaat dasar yang justru jarang diketahui orang tua. Padahal, pengembangan keterampilan motorik menjadi manfaat paling penting yang didapatkan anak dari mengendarai balance bike.

Mengendarai balance bike merupakan salah satu cara terbaik untuk membantu anak mengembangkan keterampilan motorik kasarnya. Menurut situs Perkembangan Anak Kid Sense, belajar keseimbangan dan koordinasi sangat penting agar anak terhindar dari cedera.

Terhindar dari obesitas

Manfaat lain dari mengendarai balance bike adalah membuat anak terhindar dari obesitas. Bagaimana caranya? Mengendarai balance bike akan membuat seluruh bagian tubuh anak bergerak. Secara langsung pun anak jadi berolahraga tanpa ia sadari.

Mengendarai balance bike akan membantu membakar sebagian energi yang dimiliki oleh balita. Dengan begitu, segala jenis nutrisi yang dikonsumsi anak akan terbakar menjadi energi alih-alih menjadi lemak jahat.

Tertarik mengenalkan balance bike pada anak? Dilansir Twowheelington, berikut beberapa jenis balance bike yang bisa Moms pilih sesuai usia anak Moms: 

  • Balita dengan usia 18 bulan bisa menggunakan jenis balance bike Strider Sport, WOOM 1
  • Anak berusia 2 tahun bisa menggunakan balance bike Swagtron K3, Strider Sport
  • Anak dengan usia 3 tahun bisa menggunakan balance bike GOMO, Radio Flyer Glide & Go Air
  • Anak dengan usia 4 tahun bisa menggunakan balance bike Ridgeback Scoot, WOOM 1 PLUS
  • Anak dengan usia 5 tahun bisa menggunakan balance bike Strider 14X, Ridgeback Scoot XL
  • Anak dengan usia 6 tahun bisa menggunakan balance bike Bixe 16, Strider Sport 16

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. intermountainhealthcare.org. Diakses 18 September 2020. The Benefits of Balance Bike
  2. twowheelingtots.com. Diakses 18 September 2020. What is Balance a Bike?
  3. rascalrides.com. Diakses 18 September 2020. 7 Reasons Your Toddler Needs a Balance Bike
  4. people.com. DIakses 18 September 2020. Great Ideas! 5 Reasons Balance Bikes Are Better for Toddlers
    register-docotr