Info Parenting

4 Permainan Asah Otak yang bisa Moms Mainkan bersama Anak

August 10, 2020 | Dani Kosasih | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Mengasah kemampuan otak pada anak bisa dilakukan melalui permainan. Oleh karena itu, memilih jenis-jenis permainan menjadi penting agar kecerdasan anak terus berkembang.

Selain mengasah otak, memilih permainan yang bisa dimainkan bersama orang tua juga mampu menciptakan ikatan dan rasa nyaman anak kepada orang tua menjadi lebih besar.

Permainan asah otak yang bisa dilakukan bersama orang tua dan anak

Berikut beberapa permainan asah otak yang bisa Moms dan anak mainkan bersama-sama:

1. Permainan susun puzzle

Mengajak anak bermain puzzle memiliki manfaat yang cukup banyak bagi perkembangan otak dan mengasah kecerdasan.

Melansir laman teach.com, ada 3 manfaat khusus yang didapatkan anak dalam bermain puzzle, yaitu:

Mengasah keterampilan fisik

Bermain puzzle mampu mengasah kemampuan gerak dan fisik anak mulai dari cara memilih, mencari dan memegang potongan puzzle, hingga memutar dan menyesuaikan puzzle tersebut hingga sesuai pada posisinya.

Keterampilan kognitif

Bermain puzzle memberikan kesempatan pada anak untuk belajar bagaimana cara memecahkan sebuah teka-teki, hingga akhirnya seluruh puzzle berhasil diselesaikan.

Keterampilan emosional

Bermain puzzle membuat anak belajar tentang kesabaran dan ketelitian dalam menyelesaikan keseluruhan puzzle yang tersedia.

Meningkatkan kepercayaan diri anak

Permainan puzzle bisa dilakukan oleh siapapun. Oleh sebab itu, Moms sebagai orang tua juga bisa bermain puzzle bersama anak.

Setelah anak berhasil menempatkan potongan puzzle yang ia pilih ke bagian yang tepat, Moms bisa memberikan apresiasi selamat kepada anak.

Dengan begitu, anak akan mendapatkan kepercayaan diri dalam menyelesaikan permainan.

2. Kubus rubik

Permainan kubus rubik merupakan permainan yang ada sejak lama. Permainan ini adalah jenis permainan teka-teki mekanik yang ditemukan pada tahun 1974 oleh seorang pemahat dan profesor arsitektur Hongaria, Erno Rubik.

Kubus rubik terdiri atas 27 bagian kecil yang diputar dan bertumpu pada porosnya. Setiap sisi dari kubus memiliki sembilan permukaan yang terdiri dari enam warna berbeda.

Saat Moms dan anak berhasil menyelesaikan permainan kubus rubik ini, maka setiap sisi dari kubus akan menjadi satu warna dengan warna-warna berbeda pada setiap sisinya.

Permainan kubus rubik bisa diberikan apabila anak telah mencapai usia 5 tahun. Bermain kubus rubik memberikan manfaat fisik dan mental pada anak, seperti:

Manfaat fisik

  • Meningkatkan refleks saat sedang berusaha menyelesaikan permainan
  • Meningkatkan ketangkasan dan kelincahan jari anak
  • Meningkatkan koordinasi antara tangan dan mata

Manfaat mental

Melansir laman psychologytoday.com, bermain rubik mampu membuat anak mengembangkan kemampuan otaknya dalam memecahkan teka-teki.

Beberapa manfaat mental yang bisa didapat adalah:

  • Mengembangkan keterampilan dalam memecahkan masalah
  • Mengembangkan kemampuan dalam menata ulang kembali sebuah masalah
  • Mengembangkan kemampuan kognitif seperti ketekunan, kesabaran, kemampuan untuk fokus dan konsentrasi

3. Permainan congklak

Congklak merupakan permainan tradisional Indonesia yang menggunakan kerang, batu atau biji-bijian.

Moms bisa mengajak anak bermain congklak di waktu senggang. Selain mengenalkan permainan tradisional yang telah banyak dilupakan, ada beberapa manfaat lain yang bisa didapatkan oleh anak, seperti:

Melatih anak untuk belajar berhitung

Bermain congklak akan melatih anak berlajar berhitung karena di setiap kali mendapatkan giliran bermain, anak akan berhitung jumlah biji congklak yang dimilikinya.

Melatih anak untuk jujur

Setiapk kali mendapatkan giliran bermain, anak akan memasukkan satu biji ke tiap lubang yang ia lewati.

Karena aturan yang berlaku adalah tidak boleh memasukkan lebih dari satu biji, maka aturan ini akan melatih anak untuk bersikap jujur.

Melatih saraf motorik

Bermain congklak akan membuat anak menggerakkan tangan untuk mengambil dan memasukkan biji congklak ke lubang yang tersedia.

Kegiatan ini akan memberikan reaksi pada saraf motorik anak serta meningkatkan konsentrasi agar tidak memasukkan lebih dari satu biji congklak ke dalam lubang.

Cara bermain congklak

Sebuah studi tentang permainan tradisional Indonesia memberitahukan bagaimana cara bermain congklak yang umum dilakukan oleh masyarakat dan bisa Moms ajarkan kepada anak.

Moms bisa mengajak anak bermain congklak dengan menyediakan satu papan congklak yang terbuat dari kayu atau plastik dan 98 biji congklak untuk bermain.

Saat memulai, isilah tiap lubang kecil dengan 7 buah biji congklak. Setelah itu, kedua pemain bersama-sama memindahkan tiap biji congklak yang ada di satu lubang ke lubang lain dan juga ke lubang besar hingga salah satu pemain memasukkan biji congklak ke lubang yang kosong.

Apabila Moms yang memasukkan biji congklak ke lubang yang kosong, maka Moms harus berhenti bermain dan membiarkan anak melanjutkan permainan.

Pemenang ditentukan biji-biji congklak di lubang yang kecil habis dan berpindah ke lubang besar. Pemain yang mendapatkan jumlah biji congklak terbanyak di ujung lubang yang besar, dialah pemenangnya.

4. Permainan shape sorter

Permainan shape sorter atau penyortir bentuk merupakan mainan klasik yang membantu anak mempelajari cara mengenal bentuk seperti segitiga atau kubus, kotak atau lingkaran. Cara bermainnya sangat sederhana.

Moms bisa memberikan balok-balok berbentuk kepada anak dengan usia 1 hingga 3 tahun, lalu membiarkannya memasukkan balok tersebut ke dalam kotak tiga dimensi yang berlubang dan memiliki bentuk serta ukuran yang sesuai dengan balok yang dipegang oleh anak.

Manfaat bermain shape sorter:

Mengembangkan kemampuan motorik halus

Mengembangkan keterampilan motorik halus, yaitu kemampuan untuk mengontrol pergerakan otot-otot kecil pada tubuh. Otot-otot ini membantu anak melakukan berbagai hal seperti mengambil barang dan memegang pensil atau pulpen.

Membantu anak belajar memecahkan masalah

Moms bisa membantu mengenalkan anak pada balok yang anak pilih, lalu membiarkan anak meraba dan mempelajari kotak yang berlubang apakah bentuk lubangnya sesuai dengan bentuk balok yang anak pilih.

Sesekali anak akan salah memilih lubang dan balok yang dipilih akan menjadi tidak sesuai. Moms bisa berperan dalam menyemangati dan mengarahkan pada lubang yang sesuai agar anak lebih percaya diri.

Mengembangkan persepsi visual

Permainan shape sorter sangat membantu anak dalam mengembangkan kemampuan persepsi visualnya. Melalui persepsi visual ini, anak akhirnya akan belajar tentang bentuk, warna, dan banyak lainnya.

Jika Moms memiliki pertanyaan terkait permainan asah otak yang dapat dilakukan bersama orang tua dan anak, silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

1. urbanpro.com (2018). Diakses 7 Agustus 2020. https://www.urbanpro.com/rubik-s-cube/benefits-of-learning-rubik-s-cube

2. childdevelopment.com.au. Diakses 7 Agustus 2020. https://childdevelopment.com.au/blog/play/shapes-away-learning-fun-shape-sorter/#:~:text=The%20shape%20sorter%20allows%20your,to%20identify%20and%20name%20shapes).

3. teach.com (2013). Diakses 7 Agustus 2020. https://teach.com/blog/the-benefits-of-puzzles-in-early-childhood-development/

4. parentcircle.com. Diakses 7 Agustus 2020. https://www.parentcircle.com/article/rubiks-cube-every-child-should-learn-to-solve/

5. psychologytoday.com. Diakses 7 Agustus 2020. https://www.psychologytoday.com/us/blog/in-excess/201704/excessive-rubiks-cube-use

6. www.researchgate.net. Diakses 7 Agustus 2020. https://www.researchgate.net/publication/312877644_Recognition_of_Traditional_Games_in_Indonesia_as_Cultural_Preservation_Efforts_Through_Special_Event

7. parenting.com. Diakses 7 Agustus 2020. https://www.parenting.com/toys/the-benefits-of-shape-sorter-toys/

8. toyreviewexperts.com. Diakses 7 Agustus 2020. https://toyreviewexperts.com/physical-benefits-of-shape-sorter-toys/

    register-docotr