Info Parenting

4 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Anak Memergoki Orangtua Berhubungan Seksual

November 13, 2020 | Dewi Nurfitriyana
feature image

Menemukan waktu untuk berhubungan seks setelah menjadi orang tua, bisa menjadi hal yang sangat sulit untuk dilakukan.

Apalagi jika ada ketakutan si Kecil masuk ke kamar, saat Moms sedang asyik berhubungan intim dengan suami.

Apabila hal ini terjadi, tidak perlu khawatir berlebihan, ya. Lakukan beberapa tips berikut, untuk mengatasi situasi yang tidak diharapkan tersebut.

Baca juga: Moms, Begini Pertolongan Pertama saat Kepala Bayi Terbentur

Hentikan aktivitas seksual

Secara alami, Moms tentu akan langsung menghentikan setiap aktivitas seksual yang sedang berlangsung. Mungkin butuh beberapa waktu agar Moms bisa menenangkan diri.

Itu tidak mengapa, karena jika Moms panik atau marah, justru ini malah bisa membuat si Kecil ketakutan.

Tenang dan lekas kembali fokus, dengan segera menutupi bagian tubuh yang tidak memakai baju. Selanjutnya ambil pakaian untuk dikenakan kembali secara perlahan.

Bawa si Kecil kembali ke tempat tidurnya

Jika kejadian ini terjadi di malam hari, langkah selanjutnya yang harus dilakukan setiap orang tua adalah membawa si Kecil kembali ke tempat tidurnya.

Pegang tangan mereka dengan lembut, dan tidak perlu menjelaskan apa yang terjadi, kecuali mereka bertanya.

Jika mereka bertanya dan Moms merasa siap untuk menjawab, Moms boleh berkata jujur dengan menyampaikan bahwa Moms sedang melakukan kegiatan istimewa dengan ayah.

Atau Moms juga bisa mengalihkan perhatian mereka dengan menanyakan apakah mereka ingin minum air atau tidak.

Jika hal ini terjadi di siang hari, minta mereka untuk kembali melakukan apa pun yang mereka lakukan atau meninggalkan ruangan.

Berikan penjelasan

Waktu terbaik untuk berbicara mengenai hal ini adalah keesokan harinya. Cobalah memulai percakapan dengan pertanyaan seperti, ‘Apakah kamu ingat saat masuk ke kamar ayah dan ibu tadi malam?’.

Jika mereka ingat, tanyakan apa yang menurut mereka terjadi. Selanjutnya Moms bisa mencoba bertanya lagi, ‘Menurut kamu, apa yang kami lakukan saat kemarin kamu masuk?’.

Dengan cara ini Moms bisa mengetahui apa yang mereka lihat, dan seberapa banyak mereka tahu tentang seks, sebelum menanggapinya dengan penjelasan.

Penjelasan untuk anak di bawah 8 tahun

Usia mereka yang masih kecil, umumnya tidak memerlukan penjelasan terlalu rinci mengenai hal ini.

Jadi untuk amannya, bicarakan saja tentang bagaimana terkadang para ayah dan ibu suka melakukan hal-hal pribadi bersama.

Namun apabila ternyata mereka tidak ingat apa-apa, Moms tidak perlu memberikan penjelasan apapun pada mereka.

Penjelasan untuk anak di atas 8 tahun

Di rentang usia ini, rasa ingin tahu anak terhadap banyak hal akan sangat besar. Jadi ada baiknya untuk menjelaskan apa yang mereka lihat.

Meski bisa jadi ini adalah momen di mana mereka justru merasa tidak nyaman membicarakan seks dengan orang tua.

Tapi ada baiknya jika Moms memberi tahu sekilas tentang aktivitas seksual, sambil menyelipkan pengetahuan tentang bagaimana menghargai waktu pribadi orang lain.

Baca juga: Tak Cuma Mulut Berbusa, Ini Ciri-ciri Lain Anjing Terinfeksi Rabies

Bagaimana agar berhubungan seks tanpa ketahuan

Ada beberapa hal yang dapat orang tua lakukan untuk mencegah anak ‘memergoki’ hubungan seksual yang kalian lakukan, di antaranya adalah:

Ajari mengenai batasan

Bicaralah dengan si Kecil tentang pentingnya menerapkan beberapa aturan saat hendak memasuki ruangan pribadi orang lain. Misalnya dengan mengetuk pintu, menunggu izin orang yang berada dalam ruangan, dan sejenisnya.

Jangan lupa, anak kecil akan lebih mudah melakukan apa yang orang tua minta apabila melihat contohnya secara langsung.

Jadi berikan contoh langsung dengan menghormati privasi anak selama berada di dalam kamarnya.

Selalu kunci pintu

Orang tua dapat mencegah insiden ini dengan memasang kenop pintu kamar tidur yang terkunci.

Begitu anak-anak cukup dewasa untuk bangun dari tempat tidur mereka di malam hari, cara ini akan menciptakan batasan yang aman bagi anak-anak, dan memberikan orang tua ketenangan pikiran selama berhubungan seks.

Gunakan pencahayaan lembut

Trik ini akan membantu si Kecil agar tidak melihat terlalu banyak ‘adegan’ saat tanpa sengaja ia masuk ke kamar Moms ketika berhubungan seksual.

Nyalakan televisi

Suara yang keluar dari kotak ajaib ini bisa menyamarkan suara-suara yang muncul ketika orang tua berhubungan seks.

Bahkan, televisi dapat mengalihkan perhatian si Kecil dari apa yang terjadi, selama ia tanpa sengaja masuk ke dalam kamar.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

What to Do When Your Kids Walk in on You Having Sex, https://www.parentmap.com/article/caught-in-the-act-by-your-kids-how-to-cope diakses pada 12 November 2020

Parent tips on what to do when your child walks in on you ‘having sex’, https://sexedrescue.com/when-your-child-walks-in-on-you/  diakses pada 12 November 2020

    register-docotr