Gizi Anak

Sayangi Ginjal, Berikut 8 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Ginjal Kamu!

October 24, 2020 | Richaldo Hariandja
feature image

Ginjal merupakan organ yang berada di bagian bawah abdomen yang memiliki peran penting dalam kesehatan tubuh kamu. Untuk itu, mengonsumsi makanan untuk kesehatan ginjal pun tidak boleh dikesampingkan.

Beberapa makanan dapat mendorong performa ginjal, sementara ada juga yang justru membuat kinerja ginjal menjadi menurun bahkan berujung pada kerusakan ginjal.

Berikut ini adalah daftar makanan yang perlu kamu konsumsi untuk kesehatan ginjal kamu:

Baca Juga: Mengenal Ginjal: Bagian, Anatomi, dan Fungsinya Bagi Kesehatan Tubuh

Air putih

Bagi kamu yang menyepelekan minum air putih harus berpikir ulang. Nyatanya air merupakan kebutuhan esensial bagi tubuh, termasuk untuk kesehatan ginjal.

Air memainkan peranan penting di tubuh. Setiap sel dalam tubuh menggunakan air untuk membawa racun yang dihasilkan ke aliran darah.

Sementara ginjal memakai air untuk menyaring racun-racun tersebut untuk membuat urine yang akan membuangnya ke luar tubuh. Untuk mendukung fungsi ginjal ini, maka kamu jangan malas minum air, ya!

Ikan berlemak

Salmon, tuna dan ikan berlemak di perairan dingin yang kaya akan asam lemak omega-3 dapat memberikan manfaat bagi gaya hidup sehat kamu.

Tubuh tidak bisa menghasilkan asam lemak omega-3, itu sebabnya kamu membutuhkan asupan makanan yang mengandung nutrisi ini. Sumber yang terbaik asam lemak omega-3 adalah ikan berlemak.

National Kidney Foundation menyebut dari sekian banyak manfaat asam lemak omega-3, yang berkaitan langsung dengan ginjal adalah kemampuan nutrisi ini untuk menurunkan level trigliserida dan tekanan darah.

Tekanan darah tinggi sendiri merupakan faktor risiko dari penyakit di ginjal. Dengan mengonsumsi makanan yang dapat menurunkan tekanan darah, maka kamu pun bisa menjaga kesehatan ginjal.

Ubi

Ubi hampir sama dengan kentang, bedanya makanan yang satu ini mengandung banyak serat sehingga membuat mereka dicerna lebih lambat. Dengan demikian, lonjakan level insulin pun menjadi lebih sedikit.

Ubi juga mengandung vitamin dan mineral seperti potasium yang dapat menyeimbangkan level sodium di dalam tubuh dan menurunkan efeknya terhadap ginjal.

Akan tetapi, karena kandungan potasiumnya yang tinggi, maka setiap penderita penyakit ginjal kronis atau yang sedang menjalani dialisis harus membatasi asupan makanan ini.

Sayuran berdaun gelap

Sayuran yang masuk dalam kategori ini di antaranya adalah bayam, kale dan chard. Jenis sayuran ini mengandung berbagai jenis vitamin, serat dan mineral, serta mengandung komponen antioksidan.

Meskipun demikian, makanan ini juga kaya akan potasium, sehingga tidak akan cocok untuk kamu yang sedang membatasi asupan potasium serta yang menjalani dialisis.

Berbagai jenis berry

Mulai dari dark berry, strawberry, blueberry dan raspberry merupakan sumber nutrisi yang baik dan komponen antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan ini membantu menjaga sel-sel tubuh terhadap kerusakan.

Ragam berry ini juga menjadi pilihan yang lebih baik ketimbang makanan lain yang mengandung gula untuk memuaskan hasrat makanan manis kamu.

Apel

Buah apel merupakan snack yang menyehatkan dan mengandung serat penting yang bernama pektin. Pektin sendiri dapat menurunkan beberapa faktor risiko yang dapat merusak ginjal, yaitu level gula darah yang tinggi serta level kolesterol dalam darah.

Sama seperti berry, kamu yang senang makan makanan manis bisa memanfaatkan apel sebagai asupan yang menyehatkan.

Baca Juga: Perlu Kamu Tahu! Ini Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan Ginjal

Putih telur

Meskipun kuning telur lebih bernutrisi, tapi bagian ini mengandung fosfor yang tinggi. Oleh karena itu, putih telur menjadi pilihan yang lebih baik untuk kamu yang sedang menjalani renal diet atau makan makanan yang sehat untuk ginjal.

Putih telur mengandung protein yang baik dan berkualitas untuk ginjal. Selain itu, jika kamu sedang menjalani dialisis, maka makanan ini dapat menjadi pilihan yang tepat.

Bawang putih

Setiap penderita masalah ginjal akan disarankan untuk membatasi asupan sodium di dalam makanan sehari-hari, termasuk juga garam yang berlebihan. Oleh karena itu, kamu bisa coba pakai bawang putih untuk alternatif penambah rasa sedap di makanan. 

Selain menambah rasa sedap, bawang putih pun memiliki banyak manfaat. Di antaranya bumbu yang satu ini kaya akan mangan, vitamin C vitamin B6, dan mengandung komponen lain yang memiliki fungsi sebagai antiinflamasi.

Demikianlah berbagai jenis makanan untuk kesehatan ginjal yang perlu kamu ketahui. Mulai sekarang beralihlah ke makanan yang baik untuk kesehatan organ yang satu ini, ya!

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. MedicalNewsToday, diakses 23 Oktober 2020. What foods are good for kidneys?
  2. National Kidney Foundation, diakses 23 Oktober 2020. 7 Kidney-Friendly Superfoods
  3. Healthline, diakses 23 Oktober 2020. The 20 Best Foods for People with Kidney Disease
    register-docotr