Gizi Anak

Sarapan Sereal dapat Meningkatkan Kesehatan Anak, Mitos atau Fakta Ya?

November 21, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Sarapan penting untuk memberi energi yang dibutuhkan di awal hari. Selain itu, dilansir dari Webmd, sarapan dikaitkan dengan kesehatan yang baik, termasuk daya ingat dan konsentrasi yang lebih baik. 

Tapi apakah semua jenis makanan yang disantap saat sarapan dapat memberi manfaat kebaikan, termasuk sereal untuk anak? Kira-kira mitos atau fakta ya, sarapan sereal dapat membantu meningkatkan kesehatan anak?

Sarapan sereal untuk anak, apakah benar menyehatkan?

Sereal adalah salah satu menu sarapan yang disukai anak-anak. Karena mudah dan cukup dicampur susu bisa langsung dimakan. Tentunya sereal juga mengandung nutrisi. Karena sereal terbuat dari biji-bijian olahan yang umumnya diperkaya dengan vitamin dan mineral. 

Baca Juga: Selain Enak, Makan Sereal untuk Sarapan Punya Segudang Manfaat Lho!

Fakta di balik kandungan sereal untuk sarapan

Seperti yang sudah disebutkan, sereal adalah salah satu makanan yang disukai anak-anak. Apalagi beredar klaim jika sarapan dapat membantu kesehatan. Tapi ternyata, sereal tidak selalu baik untuk kesehatan anak. 

Dilansir dari Healthline, produsen secara khusus menargetkan anak-anak untuk menyantap sereal. Perusahan pembuat sereal menggunakan warna yang menarik, karakter kartun pada sereal mereka demi menarik perhatian anak. 

Padahal faktanya, sereal yang mengklaim menunjang kesehatan ternyata sebaliknya. Karena beberapa sereal justru dibuat dengan penyedap, pewarna hingga kandungan gula yang tinggi. 

Kandungan tersebut bukan menyehatkan, justru dapat memberikan dampak negatif untuk anak. Salah satunya menjadi faktor risiko obesitas pada masa kanak-kanak dan penyakit lainnya yang terkait dengan makanan. 

Jadi, apakah anak-anak sebaiknya tidak mengonsumsi sereal? 

Meski dapat menjadi faktor risiko diabetes dan penyakit lain, Moms masih bisa menyajikan sereal untuk sarapan anak. Asal Moms memilih jenis sereal yang lebih sehat dengan melakukan beberapa tips berikut. 

Tips memilih sereal untuk sarapan yang lebih sehat

Pertama-tama, Moms jangan mudah tertarik dan percaya pada klaim kesehatan di depan kemasan sereal. Tapi, yang Moms perlu lakukan adalah membaca label nutrisinya untuk memastikan kandungan sereal.

Selain itu, Moms juga perlu melakukan tips berikut untuk membuat sereal lebih sehat untuk disantap saat sarapan:

Perhatikan porsi kalori

Dilansir dari Webmd, ahli diet Kristen Smith, RD mengatakan, sebaiknya pilih sereal yang memiliki 200 kalori atau kurang per porsinya. 

Pilih bahan sereal

Sebaiknya pilih sereal yang berbahan gandum, beras merah dan jagung. “Biji-bijian (seperti gandum) menyediakan kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk membantu fungsi tubuh,” kata Kristen Smith. Selain itu whole grain atau biji-bijian utuh dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Perhatikan kandungan serat. Serat baik untuk tubuh, dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Kandungan serat dalam sereal bervariasi. Pilihlah setidaknya yang mengandung 5 gram serat di setiap porsi penyajian. 

Hindari kandungan natrium tinggi

Beberapa memiliki lebih dari 500 miligram natrium per porsi. Jika tidak dikontrol, natrium yang berlebihan dapat meningkatkan risiko tekanan darah meningkat, stroke dan penyakit jantung. Pilihlah sereal dengan kandungan natrium tidak lebih dari 220 miligram per porsi. 

Kandungan gula penting untuk dijaga. Seperti yang disebutkan di atas, seringkali sereal mengandung lebih banyak gula. Satu porsi sereal memiliki gula sebanyak tiga kue kering cokelat.

Ini adalah salah satu strategi menarik minat anak. Karena itu, sebaiknya pilih sereal yang rendah gula. Setidaknya pilih yang kandungan gulanya 10 gram atau kurang di setiap porsinya. 

Tambahan protein

Untuk membuat sereal lebih sehat, coba kombinasikan dengan yoghurt tanpa lemak, sebagai penambah asupan protein. Ini akan membantu anak merasa lebih kenyang.  

Baca Juga: Memahami Perbedaan Ciri-ciri Anak Kurang Gizi dan Anak Kurus tapi Sehat

Takaran konsumsi sereal yang perlu disesuaikan

Selain harus lebih teliti memilih sereal berdasarkan nutrisinya, Moms juga harus memerhatikan porsi sereal. Seringkali setiap kali penyajian melebihi porsi yang seharusnya.

Di mana Moms sebaiknya menyesuaikan porsi sereal sesuai dengan saran penyajian. Ini penting agar anak tidak mendapatkan asupan yang berlebih, karena itu justru akan berdampak kurang baik untuk tubuhnya. 

Kini Moms tidak salah lagi mengetahui manfaat sereal untuk kesehatan anak. Semoga bisa membantu Moms memilih sereal yang terbaik untuk sarapan si Kecil ya.

Punya pertanyaan lain seputar nutrisi anak? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Webmd, diakses 20 November 2020
7 Tips for Choosing the Best Breakfast Cereal
Webmd, diakses 20 November 2020
Breakfast: Is It the Most Important Meal?
Healthline, diakses 20 November 2020
Breakfast Cereals: Healthy or Unhealthy?
Healthline, diakses 20 November 2020
Is Cereal Really the Worst Thing to Feed Your Kids for Breakfast?

    register-docotr