Gizi Anak

Moms Wajib Tahu: Daftar Kebutuhan Gizi pada Anak Sesuai Usia

June 3, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Kebutuhan gizi sangat perlu diperlukan untuk mendukung tumbuh kembang anak. Para Moms pun wajib tahu apa saja daftar kebutuhan gizi pada anak yang perlu dikonsumsi.

Selain jenis-jenis nutrisinya, Moms juga perlu tahu seperti apa kebutuhan gizi pada anak sesuai dengan usianya.

Nah, buat Moms yang belum mengetahuinya, mari kita simak mengenai kebutuhan gizi pada anak pada ulasan berikut ini!

Pentingnya kebutuhan gizi pada anak

Pada dasarnya anak-anak membutuhkan asupan gizi yang maksimal untuk mendukung tumbuh kembang anak.

Jika pada usia bayi kebutuhan gizi pada anak dapat diberikan melalui ASI atau susu formula, seiring berjalannya waktu anak akan membutuhkan asupan gizi dari sumber makanan lain.

Kebutuhan gizi pada anak sangat penting dipenuhi guna menghindari risiko stunting, daya tahan tubuh yang lemah, dan berbagai gangguan kesehatan lainnya.

Tidak hanya itu saja, gizi yang seimbang juga membuat anak memiliki energi yang cukup dan lebih aktif.

Kebutuhan zat gizi yang dibutuhkan anak

Berikut beberapa zat gizi yang sangat dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang sang buah hati, simak yuk Moms!

Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi yang sangat penting bagi tubuh. Anak-anak sangat membutuhkan karbohidrat untuk memaksimalkan fungsi otak.

Moms bisa memberikan sumber karbohidrat seperti nasi, umbi-umbian, gandum, jagung, oatmeal, quinoa, dan bahan-bahan makanan lainnya.

Protein

Protein sangat dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan energi setiap harinya. Tidak hanya itu saja, asupan protein yang cukup juga mendukung regenerasi sel-sel tubuh dan memaksimalkan pertumbuhan otot.

Sumber protein hewani seperti aneka jenis daging, hidangan laut, susu, dan unggas. Sedangkan protein nabati bisa diperoleh dari kacang-kacangan.

Lemak

Ternyata lemak juga sangat baik untuk memenuhi kebutuhan gizi pada anak lho, Moms. Dengan mengonsumsi lemak dalam jumlah yang seimbang mampu membantu melarutkan vitamin A, D, E, K dan melindungi fungsi organ-organ tubuh. 

Moms bisa memberikan asupan lemak yang didapat dari ikan, susu, alpukat, dan minyak zaitun.

Kalsium

Kalsium sangat penting bagi pertumbuhan anak-anak. Kombinasi vitamin D dan kalsium dapat mendukung pertumbuhan tinggi badan serta pertumbuhan tulang dan gigi anak secara seimbang.

Moms bisa memperolehnya dari berbagai jenis makanan seperti sayur brokoli, susu, dan aneka ikan laut.

Berbagai jenis vitamin

Moms harus ketahui bahwa anak-anak sangat membutuhkan berbagai vitamin mulai dari vitamin A, B, C, D, E, K. Berbagai vitamin ini bisa diperoleh dengan mengonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran, dan kacang-kacangan dalam takaran yang seimbang.

Asam folat

Asam folat sangat dibutuhkan anak untuk memaksimalkan tumbuh kembang sang anak. Zat ini dibutuhkan anak mulai dari bayi hingga balita. Zat ini bisa didapatkan dari kacang-kacangan, sayuran berwarna hijau, dan buah-buahan.

Omega 3

Anak-anak memerlukan omega 3 untuk memaksimalkan fungsi otak dan daya ingat yang kuat. Omega 3 terdapat pada telur, minyak zaitun, dan alpukat.

Zat besi

Zat ini berfungsi agar anak tidak mudah lelah. Moms bisa memberikan asupan zat ini dari bayam, ikan, daging merah, dan kacang-kacangan.

Asupan gizi anak sesuai dengan usia

Berikut aturan pemenuhan gizi anak sesuai dengan usianya masing-masing, antara lain:

Kebutuhan gizi anak usia 0-6 bulan

Pada usia ini, anak membutuhkan ASI sebagai makanan utama untuk memenuhi gizinya. Moms bisa memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan penuh untuk memenuhi kebutuhan energi dan zat gizi lainnya.

Perlu diingat ya Moms, pada usia ini sebaiknya hanya berikan ASI saja dan tidak memberikan makanan ataupun minuman lainnya.

Kebutuhan gizi anak usia 6-24 bulan

ASI juga sangat baik diberikan hingga anak berusia 2 tahun. Hal ini dapat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak hingga dewasa nanti. Selain ASI, Moms harus memberikan makanan pendukung ASI (MP-ASI).

MP-ASI biasanya diberikan secara bertahap, mulai dari tekstur yang lunak seperti bubur susu. Setelah terbiasa, Moms bisa memberikan nasi tim pada sang buah hati.

Kebutuhan gizi anak usia 2-5 tahun

Kebutuhan nutrisi pada usia ini akan meningkat dikarenakan anak sedang mengalami masa pertumbuhan dan sedang aktif-aktifnya. Tetapi di usia ini, Moms harus lebih sabar karena biasanya anak cenderung susah makan.

Biasanya anak sudah mulai mengenal berbagai macam camilan dan jajanan, sehingga anak akan sering memilih-milih makanan yang disukainya.

Kebutuhan gizi anak usia 6-18 tahun

Di usia ini, kebutuhan nutrisi harian anak juga akan meningkat dari sebelumnya karena anak sedang mengalami masa pertumbuhan dan mengalami pubertas.

Moms harus memperhatikan anak saat meninjak usia 17-18 tahun karena anak remaja sudah memasuki masa pertumbuhan fisik dan psikis yang lebih matang. Selain itu, di usia ini anak mempersiapkan perubahan karena mengalami pubertas.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. mayoclinic.org (2020) diakses 2 Juni 2020. Children’s health. 2 Juni 2020 pukul 18.00.
  2. healthychildren.org (2016) diakses 2 Juni 2020. Childhood Nutrition. 2 Juni 2020 pukul 18.25.
    register-docotr