Gizi Anak

Ingin Menaikkan Berat Badan Anak? Coba Konsumsi 5 Jenis Makanan Ini

August 15, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Beberapa orang tua ingin menaikan berat badan anak sehingga bahan MPASI yang sehat perlu diketahui. Makanan pendamping air susu ibu atau MPASI berperan besar dalam membantu menaikkan berat badan anak dengan sehat. 

Biasanya, penurunan berat badan dialami oleh hampir semua bayi baru lahir dalam lima hingga tujuh hari pertama kehidupan. Karena, seiring dengan bertambahnya usia maka bayi memerlukan makanan pendamping yang sehat untuk membantu menaikkan berat badan.

Baca juga: 5 Manfaat Menyusui bagi Ibu: Turunkan Berat Badan hingga Cegah Depresi

Apa saja bahan MPASI sehat yang dibutuhkan anak?

Anak yang sulit bertambah berat badan biasanya diakibatkan karena beberapa alasan, salah satunya faktor genetik. Namun, metabolisme juga diketahui berperan penting dalam pola kenaikan berat badan anak. Karena itu, orang tua perlu mempertimbangkan makanan pendamping yang cocok.

Seorang anak membutuhkan kebutuhan lemak lebih besar sehingga pemberian susu formula saja tidak akan cukup. Dilansir dari Firstcry.com, berikut beberapa bahan MPASI yang cocok diberikan untuk membantu menaikkan berat badan anak.

Pisang

Bahan MPASI pertama yang bisa diberikan pada anak untuk membantu menaikkan berat badan dengan sehat adalah buah pisang. Buah satu ini kaya akan potasium, vitamin C, vitamin B6, dan karbohidrat.

Selain itu, pisang juga sarat dengan kalori sehingga menjadi makanan enak untuk dimakan sehingga berat badan mudah bertambah.

Cara membuatnya cukup mudah, yakni dengan menghancurkan pisang atau sajikan dalam bentuk smoothie. Tak hanya itu, pisang juga bisa dikukus terlebih dahulu lalu berikan pada anak untuk mendapatkan rasa lebih nikmat.

Ubi jalar

Makanan pendamping ASI lainnya yang bisa diberikan adalah ubi jalar dengan cara direbus dan dihaluskan. Ubi jalar sendiri merupakan makanan yang enak, bergizi, mudah dicerna, dan sehat.

Hal ini dikarenakan ubi jalar kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin, B6, tembaga, fosfor, kalium, dan mangan.

Ubi jalar juga sarat dengan serat makan sehingga dapat membantu anak dalam menaikan berat badan. Cara mengonsumsi ubi jalar bisa dengan dibuat bubur dan sup lezat agar mudah masuk ke dalam tubuh.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan protein, magnesium, kalsium, zat besi, serat, dan kalium.

Karena itu, setelah usia 6 bulan bayi bisa diberikan kacang-kacangan yang dibuat sup karena merupakan salah satu makanan penambah berat badan paling populer. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan kacang-kacangan dengan nasi atau sayuran.

Sekitar 7 hingga 9 bulan merupakan waktu yang tepat untuk memperkenalkan bayi dengan rasa dan tekstur baru, salah satunya kacang-kacangan. Mulailah memberi makanan setengan padat dan tebal agar mulut bisa cepat menyesuaikan.

Telur

Bahan MPASI berikutnya yang wajib diperkenalkan pada anak adalah telur. Sumber protein ini biasanya diberikan setelah berusia satu tahun.

Telur sendiri merupakan makanan kaya akan lemak jenuh, protein, vitamin, dan mineral di mana sangat bagus untuk membantu menaikkan berat badan anak.

Telur bisa dikonsumsi dengan cara dibuat dadar, orak-arik, ataupun direbus. Pilihlah telur dengan kualitas yang baik dan dari peternakan bebas penyakit untuk menghindari masalah kesehatan serius.

Alpukat

Alpukat termasuk makanan pendamping ASI yang direkomendasikan karena mengandung banyak nutrisi di dalamnya. Buah ini kaya akan vitamin B6, vitamin E, vitamin, C, vitamin K, folat, tembaga, serat, asam pantotenat, dan juga memiliki persentase lemak tinggi.

Buah ini bisa ditambahkan ke dalam makanan untuk mempermudah dicerna oleh anak. Tak hanya itu, kamu juga bisa membuat milkshake agar rasanya lebih lezat tanpa mengurangi nilai gizi di dalamnya.

Baca juga: Penyebab Perut Kembung saat Hamil dan Cara Tepat untuk Mengatasinya

Hal yang perlu diperhatikan sebelum memberikan MPASI

Makanan pendamping ASI menawarkan berbagai macam jenis karena mudah didapatkan dengan harga terjangkau. Namun sebelum memberikannya pada anak, perhatikan selalu kualitas dan kondisi makanan yang ingin dibuat.

Selain itu, ketahui juga apakah anak memiliki alergi terhadap beberapa makanan pendamping ASI yang direkomendasikan di atas. Buatlah makanan sendiri untuk menjamin kandungan di dalamnya.

Selalu konsultasikan juga dengan dokter bahan MPASI yang tepat lainnya untuk membantu menaikkan berat badan anak secara sehat.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Medical News Today (2020), diakses 13 Agustus 2020. How to make baby food: Tips and options
  2. Parents.com (2018), diakses 13 Agustus 2020. 10 Foods to Healthfully Encourage Baby’s Weight Gain
  3. Firstcry.com (2019), diakses 13 Agustus 2020. List of 12 Healthy Weight Gain Foods for Babies & Kids
    register-docotr