Kesehatan Wanita

Ingin Cepat Memiliki Momongan? Kenali Tanda-Tanda Masa Subur Wanita

August 14, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Bagi setiap wanita, memiliki momongan merupakan hal yang paling diimpikan. Apalagi jika kamu sedang menjalani program hamil, berikut ini adalah tanda-tanda masa subur wanita yang wajib kamu ketahui. Simak yuk!

Baca Juga: Peluang Hamil Lebih Besar, Begini Cara Menghitung Masa Subur

Tanda-tanda masa subur wanita

Masa subuh merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui bagi para wanita yang ingin memiliki momongan. Supaya lebih memahaminya, inilah tanda-tanda masa subur wanita, diantaranya adalah:

Gairah seks meningkat

Tanda-tanda masa subur wanita yang paling umum terlihat salah satunya adalah gairah seks yang meningkat dibanding hari-hari lainnya. Wanita yang sedang dalam masa subur memiliki keinginan untuk melakukan hubungan seks yang lebih tinggi. 

Selain itu, kamu juga akan terus menginginkan hubungan di atas ranjang selama beberapa malam. Bahkan meningkatnya gairah seks ini juga dapat menjadi tanda alami bahwa tubuh telah siap untuk melakukan reproduksi lho.

Nyeri di bagian panggul atau perut bagian bawah

Biasanya perut di bagian bawah akan terasa sakit ketika organ reproduksi tersebut sedang ovulasi. Rasa nyeri ini berlangsung antara beberapa menit hingga hitungan jam.

Selain itu, rasa nyeri juga bisa diikuti dengan rasa mual atau rasa tidak nyaman di bagian perut. Namun rasa nyeri ringan ini akan hilang dengan sendirinya.

Payudara terasa nyeri dan lebih sensitif

Tanda-tanda masa subur wanita juga dapat diketahui dari payudara yang lebih sensitif dan terasa sakit. Kondisi ini seringkali membuat area payudara menjadi lebih mudah nyeri saat disentuh.

Biasanya banyak wanita yang menganggap bahwa hal tersebut merupakan tanda-tanda menstruasi akan datang. Tetapi kondisi ini juga bisa disebabkan oleh perubahan hormon yang terjadi saat ovulasi.

Perubahan suhu tubuh bisa jadi tanda-tanda masa subur wanita

Jika sedang dalam masa subur, suhu tubuh biasanya akan sedikit mengalami penurunan. Kemudian akan kembali naik setelah masa subur lewat.

Misalnya, mendekati masa subur suhu tubuh akan berkisar antara 36,1 sampai 36,4 derajat Celcius. Nantinya angka ini akan mengalami peningkatan antara 0,5 sampai 1 derajat Celcius alias antara 36,5 sampai 37,4 derajat Celcius.

Keluarnya cairan putih pada vagina

Keluar cairan bening yang mirip dengan putih telur dari vagina juga bisa menjadi tanda-tanda masa subur wanita. Tetapi cairan bening ini bukanlah keputihan, melainkan cairan yang diproduksi untuk mempermudah gerakan sperma di dalam rahim. 

Saat cairan ini keluar, sebaiknya mulai untuk mendekatkan diri dengan pasangan. Hal ini dikarenakan di masa-masa seperti ini proses pembuahan dapat dilakukan dengan maksimal.

Baca Juga: Waspadai PCOS, Penyakit yang Menyerang Wanita di Masa Subur

Nah, selain tanda-tanda yang telah dijelaskan di atas, mengetahui masa subur wanita juga dapat dilakukan dengan cara menghitung dengan sistem kalender juga lho. Cara yang satu ini bisa kamu lakukan jika ciri-ciri di atas sulit untuk kamu ketahui.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar tanda-tanda masa subur wanita atau masalah kesehatan lainnya? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Growbywebmd diakses 25 November 2020. Ovulation Symptoms
  2. Growbywebmd diakses 25 November 2020. Ovulation Symptoms
  3. Healthline diakses 25 November 2020. What Are the Symptoms of Ovulation?
  4. Healthline diakses 25 November 2020.Why Do Some People Get Horny Before Their Period?
    register-docotr