Kesehatan Wanita

Kenali Berbagai Stadium Kanker Payudara yang Perlu Dipahami, Apa Saja?

September 14, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Diagnosis kanker biasanya akan sepaket dengan pemberitahuan stadium atau tingkat keparahannya di dalam tubuh. Biasanya pembagian stadium ditandai dengan angka, dimulai dari 0 hingga 4. Pembagian tersebut tadinya juga berlaku untuk stadium kanker payudara.

Namun dilansir American Cancer Society, pedoman penentuan stadium kanker payudara mengalami perubahan sejak 2018 lalu. Perubahan ini lebih rumit namun dapat membantu pasien mendapatkan pengobatan terbaik. Seperti apa penentuan stadium kanker payudara saat ini?

Memahami pembagian stadium kanker payudara

Stadium kanker adalah tingkat keparahan kondisi kanker yang dialami oleh seseorang. Penentuan stadium ini diperlukan untuk menentukan pengobatan yang dibutuhkan oleh pasien.

American Joint Committee on Cancer membuat perubahan penentuan stadium pada kanker payudara yang efektif diberlakukan sejak Januari 2018 lalu. Jika tadinya menggunakan sistem skala angka 0-4, kini menggunakan sistem TNM, yaitu:

  • T menandakan tingkat penyebaran tumor yang menjadi kanker
  • N menandakan jumlah penyebaran ke kelenjar getah bening
  • M menandakan penyebaran kanker ke bagian organ tubuh lainnya

Masing-masing huruf tersebut masih memiliki kategori turunan lagi. Berikut penjelasan selengkapnya.

Pembagian stadium kategori T

Ada empat pembagian untuk kategori T, yaitu:

  • TX. Kode ini menandakan bahwa belum ada informasi lebih lanjut mengenai tumor atau tumor belum dapat diukur
  • T0. Kode ini berarti tumor tidak dapat dibuktikan keberadaannya di jaringan payudara
  • Tis. Ini menandakan sel kanker hanya tumbuh di tempat awal kanker ditemukan. Kondisi ini juga disebut sebagai pra-kanker
  • T diikuti angka 1-4. Semakin besar angka yang ada setelah huruf T menandakan semakin besar ukuran tumor dan semakin luas penyebarannya ke jaringan di sekitarnya

Pembagian stadium kategori N

N adalah penanda tumor yang menjadi awal kanker telah menyebar ke kelenjar getah bening. Umumnya penyebaran kanker akan dimulai dari kelenjar getah bening yang berada di jarak terdekat dari lokasi tumbuhnya tumor.

Stadium penyebaran ke kelenjar getah bening ini kemudian dibagi menjadi tiga tingkatan berbeda, yaitu:

  • NX. Kode untuk penanda tidak ada informasi atau penyebaran yang belum dapat dihitung
  • N0. Kode yang menandakan bahwa kelenjar getah bening di sekitar sel kanker tidak terkontaminasi kanker
  • N diikuti angka 1-4. Semakin besar angka yang ada setelah huruf N menandakan semakin besar ukuran tumor dan semakin luas penyebarannya ke kelenjar getah bening

Pembagian stadium kategori M

M digunakan untuk penggambaran stadium kanker payudara yang telah menyebar ke organ tubuh lain di luar kelenjar getah bening, atau yang umum disebut dengan istilah metastasis.

Kategori M, dibagi lagi menjadi 2, yaitu:

  • M0, yang berarti tidak ditemukan penyebaran kanker
  • M1, yang berarti kanker telah menyebar ke organ atau jaringan yang lebih jauh

Pembagian stadium dengan sistem TNM juga akan dilengkapi dengan pembagian stadium klinis dan patologis.

Stadium klinis

Stadium klinis adalah perkiraan kanker yang didapat dari pemeriksaan awal. Bisa berupa pemeriksaan rontgen, CT scan, pemeriksaan endoskopi dan biopsi.

Pembagian stadium klinis ini dilakukan sebelum pengobatan dimulai. Pembagian stadium klinis ini dilakukan untuk menentukan pengobatan yang akan dilakukan selanjutnya.

Stadium patologis

Setelah memiliki pembagian stadium klinis, seorang pasien yang perlu mendapatkan pengobatan bedah, maka akan kembali mendapatkan pembagian stadium. Di tahap ini, disebut dengan stadium patologis.

Setelah operasi dilakukan biasanya dokter akan lebih memahami kondisi pasien. Ada kemungkinan di tahap ini pembagian stadium akan berubah lagi dari yang sudah ditentukan sebelumnya.

Penetapan stadium kanker payudara

Setelah melewati berbagai pemeriksaan, pasien akan mendapatkan penentuan stadium kanker payudara berupa kombinasi dari stadium klinis, patologis dan sistem TNM.

Masing-masing pasien akan mendapat hasil penetapan stadium yang berbeda-beda. Berikut contoh penentuan stadium kanker payudara:

Contoh hasil penetapan stadium: cT1

Huruf c kecil menandakan pasien melewati fase stadium klinis tanpa melewati stadium patologis, yang berarti pasien tidak menjalani proses pembedahan. Sementara T1 adalah hasil stadium berdasar sistem TNM yang berarti ditemukan pembesaran atau penyebaran sel kanker payudara.

Perubahan pada stadium kanker payudara

Penetapan stadium bisa berubah setelah menjalani pengobatan atau setelah sembuh. Di tahap ini, stadium kanker payudara akan ditandai dengan penambahan satu huruf lagi di depan hasil stadium sebelumnya.

Ada dua huruf yang digunakan untuk menandakan kondisi setelah pengobatan yaitu huruf y dan r kecil.

  • Huruf y kecil, menandakan kanker pulih setelah menjalani beberapa terapi.
  • Huruf r kecil, digunakan untuk memberikan tanda bahwa kanker kembali kambuh atau tetap berkembang walau telah melakukan pengobatan.

Selain penjelasan di atas, masih ada beberapa kondisi lain yang mungkin akan dijelaskan oleh dokter. Meski pembagian stadium ini lebih kompleks, namun hasilnya akan lebih akurat untuk membantu proses penyembuhan.

Penggunaan stadium lama tetap berlaku

Jika kamu mendapatkan diagnosis dengan sistem TNM ini, mintalah dokter menjelaskan hingga kamu benar-benar memahaminya. Sementara bagi yang sudah didiagnosis sebelum diberlakukannya sistem TNM, maka saat menjalani perawatan akan tetap menggunakan sistem lama.

Jika mendapat diagnosis sebelum 2018, pasien akan tetap menjalani pengobatan dengan menggunakan penyebutan stadium menggunakan angka, di mana angka 0 menandakan tahap paling awal dan angka 4 menandakan kanker sudah mencapai tahap lanjut.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter terkait dengan masalah kesehatan kamu di aplikasi Good Doctor. Dokter terpercaya kami akan membantu dengan layanan 24/7.

Reference
  1. American Cancer Society diakses 11 September 2020 Breast Cancer Stages 
  2. Breastcancer.org diakses 11 September 2020 Breast Cancer Stages 
    register-docotr