Kesehatan Wanita

Wajib Tahu! Ini Daftar 5 Penyakit pada Sistem Reproduksi Wanita

June 5, 2020 | Arianti Khairina
feature image

Sistem reproduksi pada wanita memang rentan mengalami beberapa penyakit. Hal tersebut biasanya terjadi karena virus, bakteri hingga tumor.

Jika kamu memiliki gejala yang mengarah pada penyakit tersebut, jangan tunda untuk segera cek ke dokter guna menentukan diagnosis yang tepat.

Diagnosis dini dapat memberikan pengobatan yang lebih cepat pula, sehingga meningkatkan peluang keberhasilan perawatan. Berikut ini beberapa penyakit pada sistem reproduksi wanita yang perlu kamu tahu:

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 7 Masalah Reproduksi Wanita yang Paling Sering Terjadi

Penyakit pada sistem reproduksi wanita

Organ-organ reproduksi wanita terdiri dari beberapa bagian seperti sel telur, ovarium, tuba fallopi, uterus dan vagina. Tak hanya itu saja penyakit reproduksi wanita juga seringkali meliputi bagian payudara.

1. Kanker ovarium

Ilustrasi ovarium. Sumber gambar: Shutterstock.com

Kanker ovarium adalah jenis kanker yang dimulai dari ovarium. Kanker ini berawal dari kista ovarium yang merupakan tumor jinak dan kecil di dalam rahim.

Sistem reproduksi wanita memiliki dua ovarium, satu di setiap sisi rahim. Masing-masing ovarium memiliki ukuran seperti kacang almond. Bagian ini menghasilkan telur (ovum) serta hormon estrogen dan progesteron.

Kanker ovarium sering tidak terdeteksi sampai menyebar di dalam panggul dan perut. Pada tahap akhir ini, kanker ovarium lebih sulit diobati. Kanker ovarium tahap awal akan terbatas hanya pada bagian ovarium. Pembedahan dan kemoterapi umumnya digunakan untuk mengobati kanker ovarium.

2. Kanker serviks

penyakit pada sistem reproduksi wanita
Kanker serviks. Sumber gambar : https://oncolink.org

Kanker serviks adalah jenis kanker yang terjadi di sel-sel serviks pada bagian bawah rahim yang terhubung ke vagina. Berbagai jenis human papillomavirus (HPV), infeksi menular seksual, berperan dalam menyebabkan kanker serviks.

Ketika kamu terkena HPV, sistem kekebalan tubuh biasanya akan mencegah virus agar sel sel tertentu tidak mengalami kerusakan. Namun, dalam persentase kecil, virus bertahan selama bertahun-tahun, berkontribusi pada proses perubahan sel leher rahim menjadi sel kanker.

Tak perlu khawatir, kamu dapat mengurangi risiko terkena kanker serviks dengan melakukan tes skrining dan menerima vaksin yang melindungi sistem reproduksi dari infeksi HPV.

3. Vaginitis

Penyakit vaginitis juga menjadi salah satu penyakit yang menyerang bagian sistem reproduksi wanita. Ketika kamu menderita penyakit ini kondisi vagina akan mengalami infeksi.

Infeksi tersebut timbul pada bagian vagina karena beberapa jenis mikoorganisme seperti bakteri, jamur dan parasit.

Perlu kamu ketahui bahwa penyakit ini memang langsung menyarang bagian vagina melalui perineum. Penyakit vaginitis bisa disebabkan oleh jamur Candida albicans, bakteri Gardnerella, parasit Trichomonas vaginalis, dan virus lainnya.

Beberapa gejala yang akan terjadi jika kamu menderita penyakit ini yaitu nyeri hebat pada vagina, dysuria, pruritas di vulva, ruam bibir vagina, edema vulva, vagina berbau tak sedap, serta pendarahan vagina.

4. Condiloma accuminata

Jenis penyakit yang satu ini mungkin masih jarang terdengar oleh banyak orang. Condiloma accuminata adalah penyakit pada sistem reproduksi wanita yang disebabkan oleh virus human papiloma.

Penyakit ini akan menyebabkan kutil yang diawali dari sebuah virus. Kamu yang mengalami hal tersebut sebaiknya segera konsultasi ke dokter untuk diobati dan mendapatkan penanganan yang tepat.

Pentingnya periksa ke dokter jika kamu mengalami penyakit tersebut karena obat dari condiluma accuminta bisa berkembang dan menyebar menjadi kanker pada bagian organ tubuh lainnya. Salah satu contohnya adalah rahim wanita.

5. Kanker payudara

Kanker payudara. Sumber gambar : https://nationalbreastcancer.org

Dilansir dari mayoclinic.org, kanker payudara adalah kanker yang terbentuk di sel-sel payudara. Tak memandang jenis kelamin, kanker payudara dapat terjadi pada wanita maupun, tetapi penyakit ini jauh lebih umum terjadi pada wanita.

Tingkat kelangsungan pertumbuhan penyakit kanker payudara telah meningkat. Kanker payudara adalah salah satu penyakit yang terjadi pada sistem reproduksi wanita.

Meski seorang pria juga memiliki payudara, namun penyakit yang satu ini lebih rentan menyerang wanita sebab jaringan lemak pada payudara wanita jauh lebih besar jika dibandingkan dengan pria.

Demikian beberapa penyakit pada sistem reproduksi wanita yang bisa terjadi. Hindari membuat diagnosis sendiri dan lakukan konsultasi hanya pada dokter, ya.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. cdc.gov (2018) diakses 3 Juni 2020. Common Reproductive Health Concerns for Women 
  2. dmu.edu (2020) diakses 3 Juni 2020. FEMALE REPRODUCTIVE SYSTEM DISEASES 
  3. webmd.com (2019) diakses 3 Juni 2020. Women’s Health: Top Reproductive Problems
  4. mayoclinic.org (2019) diakses 3 Juni 2020. Ovarian cancer
  5. mayoclinic.org (2019) diakses 3 Juni 2020. Cervical cancer
  6. mayoclinic.org (2019) diakses 3 Juni 2020. Breast cancer
    register-docotr