Kesehatan Wanita

Manfaat Asam Folat dan Mengapa Penting untuk Dikonsumsi oleh Wanita

July 20, 2020 | Husni Efendi
feature image

Setiap orang butuh asam folat untuk kesehatan, namun asam folat memegang peranan sangat penting bagi wanita. Apa saja sebenarnya manfaat asam folat untuk wanita?

Asam folat adalah vitamin sintetis yang larut dalam air, yang biasanya ada dalam suplemen dan makanan yang diperkaya (fortified foods). Asam folat adalah folat versi buatan manusia, yang mana folat adalah vitamin B alami di sejumlah makanan.

Baca Juga: Sesak Napas karena Asam Lambung, Kenali Penyebab dan Pencegahannya!

Manfaat asam folat untuk wanita

Asam folat dikenal manfaatnya untuk mencegah cacat lahir pada bayi, makanya penting untuk para perempuan dan ibu hamil. Namun selain untuk kepentingan kehamilan dan janin, asam folat juga memiliki peran penting lainnya untuk kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat asam folat untuk wanita:

Perlindungan kesehatan wanita

Manfaat asam folat untuk wanita yang paling utama adalah menjaga kesehatan. Suplemen dengan asam folat bisa membantu mengurangi risiko komplikasi terkait kehamilan, termasuk preeklampsia.

Selain itu, kadar folat tinggi pada wanita juga telah dikaitkan dengan penurunan risiko kelahiran prematur secara signifikan.

Manfaat asam folat untuk wanita yakni mencegah bayi lahir cacat

Tanpa asam folat cukup dalam tubuh, tabung saraf bayi mungkin tidak menutup benar dan ini dapat berkembang menjadi masalah kesehatan, yang disebut cacat tabung saraf.

Cacat tersebut dikenal dengan spina bifida (perkembangan tidak lengkap sumsum tulang belakang atau tulang belakang), dan anencephaly (perkembangan tidak lengkap bagian-bagian utama otak).

Bayi dengan anencephaly biasanya tidak berumur panjang, dan bayi dengan spina bifida mungkin cacat permanen. Asupan asam folat cukup dapat melindungi bayi dari cacat tabung saraf setidaknya hingga 50 persen.

Menjaga kesuburan wanita

Asupan folat tambahan yang lebih tinggi (lebih dari 800 mikrogram per hari) dikaitkan dengan tingkat kelahiran bayi hidup yang lebih tinggi pada wanita yang menjalani teknologi reproduksi berbantu.

Manfaat asam folat untuk wanita juga penting untuk kualitas, implantasi dan pematangan oosit (telur).

Mengurangi risiko hipertensi

Sebuah penelitian menunjukkan manfaat asam folat untuk wanita bisa mengurangi risiko hipertensi. Wanita yang mengonsumsi lebih banyak asam folat memiliki risiko yang secara signifikan berkurang, dalam hal terkena tekanan darah tinggi (hipertensi).

Pencegahan dan perawatan anemia

Manfaat asam folat untuk wanita yang lainnya yakni mencegah anemia. Anemia terjadi ketika darah tidak dapat membawa oksigen cukup ke tubuh, yang membuat kamu jadi pucat, lelah, atau lemah.

Di sinilah peranan asam folat yakni menjaga darah tetap sehat dengan membantu sel-sel darah merah terbentuk dan tumbuh.

Kesehatan otak dan mental

Penelitian menunjukkan kadar folat darah rendah dikaitkan dengan fungsi otak yang buruk, dan peningkatan risiko demensia. Studi menunjukkan bahwa suplemen asam folat dapat meningkatkan fungsi otak bagi yang memiliki gangguan mental dan membantu mengobati Alzheimer.

Orang dengan depresi juga terbukti memiliki kadar folat dalam darah yang lebih rendah daripada orang tanpa depresi. Studi menunjukkan bahwa asam folat dapat mengurangi gejala depresi ketika digunakan bersama dengan obat antidepresan.

Manfaat asam folat untuk wanita bisa mengurangi faktor risiko penyakit lainnya

Manfaat asam folat untuk wanita juga membantu mengurangi risiko penyakit lainnya, seperti penyakit jantung. Penelitian menunjukkan, asam folat dapat mengurangi kadar homosistein dan risiko penyakit jantung. Selain itu, asam folat juga bisa membantu mengatasi peradangan (inflamasi).

Baca juga: Apa Pentingnya Memenuhi Kalsium untuk Ibu Hamil? Ini Jawabannya!

Cara mendapatkan asam folat untuk nutrisi tubuh

Kamu bisa mendapatkan asam folat untuk asupan nutrisi tubuh dengan dua cara:

Melalui makanan

Folat bisa ditemukan secara alami dalam beberapa makanan, seperti bayam, sayuran hijau gelap, sayuran berdaun, jeruk dan jus jeruk, kacang-kacangan, unggas (ayam, kalkun), daging, dan biji-bijian.

Asam folat juga bisa ditemukan dalam makanan yang diperkaya (fortified foods atau enriched foods), seperti roti, sereal, tepung, pasta, nasi, dan lainnya. Temukan istilah fortified foods atau enriched foods pada daftar bahan untuk mengetahui apakah makanan tersebut telah menambahkan asam folat.

Sebagai vitamin

Mungkin tidak mudah untuk selalu memakan makanan yang mengandung semua nutrisi yang kamu butuhkan setiap hari. Meski dengan perencanaan matang, kamu mungkin tidak mendapatkan semua vitamin yang dibutuhkan dari makanan biasa.

Untuk hal ini, kamu bisa mengonsumsi vitamin asam folat. Kebanyakan vitamin yang dijual biasanya mengandung 400 mikrogram, atau 100 persen nilai harian asam folat. Cek pada label untuk memastikannya.

Dosis konsumsi asam folat

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan setiap wanita untuk mendapatkan 400 mikrogram asam folat setiap hari. Semua wanita perlu terbiasa mengonsumsi asam folat setiap hari, bahkan meskipun tidak berencana untuk hamil.

Ada alasan atas hal tersebut, pertama, kadang alat kontrasepsi tidak berfungsi, sehingga tetap terjadi kehamilan meski tidak direncanakan.

Kedua, cacat lahir pada otak dan tulang belakang dapat terjadi pada beberapa minggu pertama kehamilan, dan kerap sebelum kamu tahu kamu hamil. Pada saat kamu tahu kamu hamil, mungkin waktunya sudah terlambat untuk mencegah cacat lahir.

Agar asam folat dapat membantu, wanita perlu meminumnya setiap hari, mulai sebelum hamil. Direkomendasikan pada semua wanita yang berencana atau mampu hamil atas asupan 400-800 mikrogram asam folat, setidaknya 1 bulan sebelum hamil dan 2-3 bulan pertama kehamilan.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  • CDC, Women Need 400 mcg of Folic Acid Every Day, https://www.cdc.gov/ncbddd/folicacid/features/folic-acid.html, diakses 15 Juli 2020
  • Drugs, Folic Acid https://www.drugs.com/folic_acid.html, diakses 15 Juli 2020
  • Healthline, Folic Acid: Everything You Need to Know https://www.healthline.com/nutrition/folic-acid, diakses 15 Juli 2020
  • Health NY, Top 10 Facts About Folic Acid Your Women Patients Should Know https://www.health.ny.gov/publications/1340, diakses 15 Juli 2020
  • Medicinenet, The Benefits of Folic Acid for Women https://www.medicinenet.com/folic_acid_the_benefits_for_women/views.htm, diakses 15 Juli 2020
  • WebMD, Folic Acid and Pregnancy https://www.webmd.com/baby/folic-acid-and-pregnancy#1, diakses 15 Juli 2020
  • Womenshealth, Folic acid https://www.womenshealth.gov/a-z-topics/folic-acid, diakses 15 Juli 2020
    register-docotr