Kesehatan Wanita

8 Tips Ampuh dan Sederhana Mengatasi Haid Tidak Lancar

May 5, 2020 | Ajeng Annastasia | dr Vivi Puspita Hartono
feature image

Haid tidak lancar menjadi salah satu masalah yang umum dialami oleh para wanita. Pernahkah kamu mengalaminya juga?

Haid sendiri merupakan perdarahan normal pada vagina yang dikarenakan lepasnya lapisan dinding rahim yang merupakan siklus bulanan. Siklus ini berlangsung selama 3-5 hari, dengan siklus normal 28-35 hari.

Siklus haid tidak lancar

Haid dimulai sejak usia 10-16 tahun dan terus berlangsung hingga usia 45-55 tahun. Siklus haid yang tidak teratur disebut oligomenore, di mana siklus haid tidak dapat diprediksi dengan panjang siklus biasanya lebih dari 35 hari atau yang panjangnya bervariasi.

Penyebab haid tidak lancar

Apa saja hal-hal yang dapat menyebabkan haid tidak lancar? Foto: Shutterstock.com

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan siklus haid tidak lancar, di antaranya yaitu:

  1. Ketidakseimbangan hormon
  2. Penggunaan alat kontrasepsi
  3. Polycystic ovary syndrome (PCOS)
  4. Stress
  5. Penurunan atau kenaikan berat badan yang berlebihan
  6. Penderita diabetes
  7. Hamil
  8. Menopause
  9. Penebalan dinding rahim (endometriosis)
  10. Olahraga yang berlebihan

Tips ampuh mengatasi haid tidak lancar

Jika kamu sering mengalami masalah siklus haid tidak lancar, ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya siklus bisa kembali normal. Meskipun belum ada penelitian ilmiahnya, tapi tak ada salahnya kamu coba:

Mengurangi stres

Stres juga bisa jadi pemicu haid tidak teratur. Foto: Shutterstock.com

Saat stres tubuh menghasilkan hormon kortisol dan adrenalin yang dapat menghambat produksi estrogen dan progesterone, yang berfungsi dalam mempertahankan siklus haid yang teratur.

Para peneliti berpendapat bahwa tingkat stres yang tinggi memiliki kaitan dengan haid tidak teratur. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu mencari kegiatan favorit yang bisa membantu mengurangi stres.

Meditasi

Meditasi merupakan salah satu cara sederhana untuk mengurangi stres. Beberapa cara meditasi yang bisa kamu lakukan misalnya mencari tempat yang tenang dan fokus pada suara napas.

Setelah itu, dengarkan suara-suara yang ada di sekitar dan biarkan pikiran tetap tenang. Agar lebih fokus, lakukan beberapa menit per hari.

Baca juga: Yuk, Ketahui Gejala dan Penyebab HB Rendah

Yoga

Yoga teratur untuk merilekskan pikiran dan kembalikan siklus haid teratur. Foto: Shutterstock.com

Sebuah studi menemukan bahwa latihan yoga setiap hari membantu menyeimbangkan hormon yang terkait dengan siklus haid tidak teratur.

Menurunkan dan menaikkan berat badan

Memiliki berat badan yang terlalu rendah seringkali dapat membuat haid tidak lancar, dikarenakan tubuh membutuhkan lemak untuk menghasilkan hormon. Sebaliknya, memiliki berat badan yang berlebih juga menyebabkan haid tidak teratur.

Nah, yuk mulai pertahankan berat badan ideal dengan cara mengontrol kalori, konsumsi makanan yang sehat dan olahraga teratur.

Olahraga teratur

olahraga
Jangan lupa perbanyak olahraga, ya! Foto: Shutterstock.com

Melakukan terlalu banyak olahraga dapat mengganggu siklus haid, bahkan olahraga ekstrem dapat membuat haid berhenti. Direkomendasikan bahwa latihan fisik yang baik adalah 2,5-5 jam setiap minggunya.

Konsumsi vitamin D dan vitamin C

Vitamin D dapat membantu mengatur ovulasi. Menurut penelitian, mengonsumsi vitamin D dan kalsium, selain metformin dapat mengatur periode haid bagi penderita PCOS.

Selain itu, diyakini pula bahwa vitamin C dapat menginduksi haid, dengan cara meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar progesteron.

Manfaatkan nanas

haid tidak teratur
Nanas bisa dimanfaatkan untuk mengatasi haid tidak lancar. Foto: Shutterstock.com

Nanas mengandung enzim yang disebut bromelain yang dipercaya mempengaruhi estrogen dan hormon lainnya. Bromelain juga berfungsi mengurangi peradangan, dikarenakan beberapa penyebab haid tidak lancar adalah peradangan.

Baca juga: Sudahkah Kamu Menjaga Kesehatan Ginjal? Lakukan dengan 8 Cara Berikut

Kunyit dan jahe

Keduanya merupakan obat rumahan yang populer untuk berbagai kondisi kesehatan, termasuk siklus haid tidak teratur. Curcumin merupakan bahan aktif yang terdapat pada kunyit yang memilki efek anti peradangan, sementara jahe memiliki bahan alami untuk kontraksi uterus. 

Jika beberapa cara alami ini sudah kamu coba dan siklus haid masih juga tidak teratur, lebih baik segera konsultasikan ke dokter, ya. Terutama jika kondisi ini disertai gejala lain seperti nyeri perut.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Brazier, Yvette. “What you need to know about irregular periods.” Medical News Today (2017). 07 Nov 2019.
Burgess, Lana. “Can home remedies help regulate your period?” Medical News Today (2019). 07 Nov 2019.
Medicine, U.S. National Library of. “Menstruation.” MedlinePlus (2017). 07 Nov 2019.
Young, Becky. “12 Natural Ways to Induce a Period.” Healthline (2019). 07 Nov 2019.

    register-docotr