Kesehatan Wanita

Ladies! Begini Lho Cara Minum Pil KB untuk Memancing Haid Secara Efektif

December 13, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Pil KB adalah alat kontrasepsi yang dapat digunakan untuk mencegah kehamilan. Namun di sisi lain, pil KB juga dapat digunakan untuk mempercepat haid. Agar kamu tidak salah mengonsumsinya, yuk simak cara minum pil KB untuk memancing haid di bawah ini.

Perlu diketahui, siklus menstruasi yang dihitung dari hari pertama haid hingga hari pertama berikutnya tidaklah sama untuk masing-masing wanita. Siklus menstruasi normal berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama dua hingga tujuh hari.

Akan tetapi, menstruasi juga dapat terjadi secara tidak teratur yang dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor.

Baca juga: Khawatir Menstruasi Datang Terlambat? Begini Cara Mempercepat Haid

Apa penyebab haid tidak teratur?

Haid yang tidak teratur terkadang memang dapat membuat wanita khawatir. Melansir dari Healthline, ada beberapa penyebab mengapa haid datang terlambat yang bukan disebabkan oleh kehamilan, di antaranya adalah:

  • Stres
  • Berat badan rendah
  • Obesitas
  • Sindrom ovarium polikistik (PCOS)
  • Alat kontrasepsi
  • Penyakit kronis
  • Perimenopause dini
  • Masalah tiroid

Sudah menggunakan pil KB tetapi haid datang terlambat, apa penyebabnya?

Mengonsumsi pil KB adalah cara efektif untuk mencegah kehamilan. Karena pil KB bekerja dengan cara memasukan hormon berbeda ke dalam sistem tubuh, beberapa wanita mungkin mengalami pendarahan ringan, sebagian lain mungkin mengalami siklus haid yang terlambat.

Nah, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa menstruasi datang terlambat ketika kamu mengonsumsi pil KB.

  • Stres: Stres berlebih dapat memengaruhi pikiran serta tubuh. Stres berlebih juga bisa menganggu fungsi hipotalamus, ini adalah bagian otak yang mengontrol regulasi hormon
  • Perubahan pola makan: Perubahan pola makan serta penurunan berat badan yang cepat dan signifikan dapat menganggu siklus menstruasi
  • Terlalu banyak berolahraga: Olahraga dalam frekuensi sedang adalah cara tepat untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Akan tetapi latihan yang terlalu berat dapat memengaruhi siklus menstruasi
  • Penggunaan pil KB terus-menerus: Beberapa wanita memilih untuk mengonsumsi pil KB terus-menerus. Padahal, penggunaan secara terus-menerus bisa menjadi faktor yang berkontibusi pada terlambat datangnya menstruasi

Cara minum pil KB untuk memancing haid

Perlu diketahui bahwa, menggunakan kontrasepsi hormonal, seperti pil KB atau alat kontrasepsi cincin adalah metode yang bisa digunakan untuk mengendalikan siklus haid.

Pil KB kombinasi mengandung hormon estrogen dan progestin, yang mana dapat membantu untuk mengontrol siklus menstruasi.

Pil KB harus dikonsumsi pada jam yang sama. Sebaiknya bicarakanlah pada dokter kapan waktu yang paling tepat untuk mengonsumsi pil KB. Ingat, perhatikanlah petunjuk dalam kemasan sebelum mengonsumsinya.

Cara minum pil KB untuk memancing haid paket 28 hari

Pil KB dapat terdiri dari 28 pil, yang mana 21 pil merupakan pil hormon aktif, dan 7 di antaranya merupakan pil tiruan (plasebo).

Sebagai cara minum pil KB untuk memancing haid, kamu bisa meminum pil hormonal selama 21 hari, dan meminum pil tiruan selama 7 hari. Biasanya, seorang wanita akan mengalami haid dalam rentang 7 hari tersebut.

Cara minum pil KB untuk memancing haid paket 21 hari

Selain itu, pil KB juga bisa terdiri dari paket 21 hari, yang mana 21 pilnya merupakan pil aktif. Dalam paket ini, pil diminum selama 3 minggu pertama.

Berbeda dengan paket 28 hari, tidak ada pil yang diminum selama 7 hari ke depan dalam paket ini. Pada rentang 7 hari tersebut haid akan dimulai.

Baca juga: Moms Sebelum Dipilih, Yuk Ketahui Dulu Plus Minus dari Minum Pil KB

Adakah efek samping dari pil KB?

Sebagian wanita memilih untuk menggunakan pil KB untuk memancing haid. Meskipun demikian, hormon dalam pil juga bisa mengurangi kram menstruasi atau membuat haid menjadi lebih ringan.

Namun yang perlu diperhatikan adalah pil KB juga memiliki beberapa efek samping. Berikut adalah beberapa efek samping tersebut seperti yang telah dilansir dari Webmd.

  • Mual
  • Payudara terasa sakit
  • Sedikit darah, atau bercak (spotting) di antara periode menstruasi (spotting
  • Perubahan mood
  • Sakit kepala

Selain itu, pil KB juga bisa menyebabkan kemungkinan penambahan berat badan. Pil kombinasi juga memiliki risiko pembekuan darah.

Seorang wanita yang menggunakan pil KB sangat disarankan untuk tidak merokok. Sebab, merokok bisa meningkatkan beberapa efek samping, termasuk pembekuan darah.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai cara minum pil KB untuk memancing haid. Perlu diketahui bahwa terdapat beberapa kondisi yang membuat wanita tidak disarankan untuk mengonsumsi pil KB.

Oleh karena itu, agar lebih aman, jika kamu ingin menggunakan pil KB untuk memancing haid, berkonsultasikanlah terlebih dahulu pada dokter, ya.

Jika kamu memiliki pertanyaan seputar cara minum pil KB untuk memancing haid, kamu bisa berkonsultasi melalui Aplikasi Good Doctor. Mitra dokter kami akan membantumu dengan layanan 24/7. Jangan ragu untuk berkonsultasi ya!

Reference

Healthline (2016). Diakses pada 01 Desember 2020. Here’s Why You Missed Your Period While on Birth Control 

Healthline (2018). Diakses pada 01 Desember 2020. Why Is My Period Late: 8 Possible Reasons 

Mayo Clinic (2019). Diakses pada 01 Desember 2020. Menstrual cycle: What’s normal, what’s not 

Medical News Today (2019). Diakses pada 01 Desember 2020. How can you make your period come faster? 

NHS (2020). Diakses pada 01 Desember 2020. Combined pill 

Planned Parenthood. Diakses pada 01 Desember 2020. What are the benefits of the birth control pill? 

Teens Health (2015). Diakses pada 01 Desember 2020. Should I Take Pills to Regulate My Period? 

University Health Service. Diakses pada 01 Desember 2020. The Pill 

Webmd (2020). Diakses pada 01 Desember 2020. Birth Control Pills 

    register-docotr