Kesehatan Wanita

Deteksi Kanker Serviks Sejak Dini Itu Penting, Ini Ragam Manfaat Pap Smear!

August 29, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker yang paling ditakutkan oleh wanita. Mendeteksi kanker serviks sejak dini sangat penting untuk dilakukan. Pap smear merupakan prosedur untuk menguji kanker serviks pada wanita. Lantas, apa saja manfaat pap smear? Yuk, cari tahu di sini.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Kompas.com, setiap tahunnya, terdapat 14.000 wanita yang didiagnosis menderita kanker serviks dan lebih dari 7.000 orang meninggal dunia akibat kanker serviks.

Hal tersebut membuat kanker serviks menempati urutan kedua sebagai penyebab kematian bagi wanita Indonesia.  

Baca juga: Jangan Dianggap Remeh, Ini Bisa Jadi Faktor Penyebab Kanker Serviks

Lalu, apa itu pap smear?

Kanker serviks merupakan jenis kanker yang terjadi di sel-sel leher rahim, yakni bagian bawah rahim yang terhubung ke vagina.

Pap smear atau yang juga disebut dengan pap test merupakan pemeriksaan yang dilakukan oleh dokter untuk menguji kanker serviks pada wanita. Pemeriksaan ini juga dapat mengungkapkan perubahan pada sel serviks yang dapat berubah menjadi kanker di kemudian hari.

Seorang wanita disarankan untuk melakukan pemeriksaan ini setiap tiga tahun dari usia 21 hingga 65 tahun. Secara umum, pap smear disarankan untuk dimulai pada usia 21 tahun.

Kamu dapat memilih untuk menggabungkan pemeriksaan pap smear dengan tes human papillomavirus (HPV) mulai dari usia 30 tahun. Jika kamu melakukan hal ini, maka kamu dapat diuji setiap 5 tahun sekali.

Jika kamu memiliki beberapa kondisi tertentu, dokter akan menyarankan melakukan pap smear lebih sering. Kondisi tersebut dapat termasuk:

  • Kanker serviks atau pap test yang mengungkapkan sel prakanker
  • Infeksi HIV
  • Melemahnya sistem kekebalan tubuh karena transplantasi organ, kemoterapi, atau penggunaan kortikosterid kronis
  • Pernah terpapar diethylstilbestrol (DES) sebelum lahir

Apa saja manfaat pap smear?

Pap smear sendiri merupakan pemeriksaan yang akurat. Dilansir dari Healthline, melakukan pemeriksaan ini secara rutin dapat mengurangi tingkat kanker serviks dan kematian setidaknya 80 persen.

Melakukan pap smear secara teratur dapat membuatmu memperoleh banyak manfaat. Berikut adalah manfaat pap smear yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Mendeteksi perubahan pada sel serviks

Manfaat pap smear yang pertama adalah pemeriksaan ini dapat membantumu untuk mendeteksi perubahan pada sel serviks yang menunjukkan kemungkinan terjadinya kanker di masa depan.

Yang perlu diketahui adalah terdapat dua kemungkinan hasil dari pap smear, yakni normal dan tidak normal.

Pap smear normal

Jika pemeriksaan yang dihasilkan normal, itu dapat berarti tidak ada sel abnormal yang teridentifikasi. Hasil normal terkadang juga disebut negatif. Jika hasilnya normal, kamu mungkin tidak memerlukan pap smear selama 3 tahun lagi.

Pap smear tidak normal

Jika hasil tes tidak normal, bukan berarti bahwa kamu menderita kanker. Namun, ini berarti ada sel abnormal di serviks, beberapa di antaranya bisa menjadi prakanker.

Mendeteksi sel-sel yang tidak normal sejak dini dengan melakukan pap smear adalah langkah pertama dalam menghentikan kemungkinan perkembangan kanker serviks.

Kesempatan sembuh yang lebih besar dari kanker serviks

Mendeteksi kanker serviks sejak dini dengan pap smear dapat memberi seseorang peluang yang lebih besar untuk sembuh.

Tak hanya itu saja, pap smear juga dapat membantu menemukan kanker serviks sejak dini, sebelum kondisi tersebut menimbulkan gejala. Menemukan kanker serviks sebelum menyebar akan lebih mudah untuk diobati.

Baca juga: Ciri-ciri Kanker Serviks yang Perlu Kamu Tahu

Mengurangi risiko terkena kanker serviks

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa pap smear dapat membantu mendeteksi sel-sel yang tidak normal di serviks yang dapat berkembang menjadi kanker.

Dokter dapat mengangkat bagian serviks yang mengandung sel-sel yang tidak normal tersebut sebelum kanker berkembang.

Dengan melakukan pemeriksaan ini, pap smear secara tidak langsung juga dapat mengurangi risiko seorang wanita terkena kanker serviks.

Jika kamu mengikuti pedoman untuk melakukan pap smear dan HPV secara teratur, manfaatnya dapat bersifat fisik dan emosional.

Perawatan kanker yang lebih cepat dideteksi

Deteksi kanker serviks sejak dini juga dapat berarti lebih cepat perawatan dan lebih sedikit pula waktu yang dihabiskan untuk pemulihan.

Semakin dini kanker serviks terdeteksi, maka semakin besar peluang seseorang untuk bertahan hidup.

Nah, itulah beberapa manfaat pap smear yang perlu kamu tahu. Melakukan pap smear itu sangat penting, maka jangan ragu ya untuk melakukan pemeriksaan ini guna menghindari kanker serviks.

Sebelum memutuskan untuk melakukan tes ini, kamu juga dapat berkonsultasi telebih dahulu lho pada dokter untuk memperoleh informasi lainnya mengenai pap smear.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Canadian Cancer Society. Diakses pada 25 Agustus 2020. What Are the Benefits and Limitations of Screening Cervical Cancer?

Dedicated to Women Obgyn (2019). Diakses pada 25 Agustus 2020. Why Your Routine Pap Smear Is Essential to Your Health 

Healthline (2020). Diakses pada 25 Agustus 2020. Pap Smear (Pap Test): What to Expect

Kompas.com (2020). Diakses pada 25 Agustus 2020. Kanker Serviks Penyebab Kematian Nomor 2 Wanita Indonesia, Kenapa? 

Mayo Clinic (2020). Diakses pada 25 Agustus 2020. Pap Smear 

Mayo Clinic (2019). Diakses pada 25 Agustus 2020. Cervical Cancer 

Quebec (2017). Diakses pada 25 Agustus 2020. Advantages and Disadvantages of Cervical Cytology Screening (Pap Test) 

Webmd (2020). Diakses pada 25 Agustus 2020. Pap Smear 

    register-docotr