Kesehatan Seksual

Wajib Tahu! Ini Penyebab Ejakulasi Dini yang Umum Dialami Pria Dewasa

July 7, 2020 | Husni Efendi
feature image

Kondisi stres atau karena gaya hidup yang tidak sehat ini bisa menjadi penyebab ejakulasi dini pada pria. Selain mengurangi keharmonisan bersama pasangan, ejakulasi dini juga bisa menurunkan kepercayaan diri pada pria.

Namun demikian, perlu diketahui bahwa ejakulasi dini juga bisa diatasi saat diketahui penyebabnya. Simak ulasannya berikut ini!

Apa itu ejakulasi dini?

Ejakulasi dini merupakan kondisi ketika pria tidak mampu menunda ejakulasi lebih dari satu menit setelah melakukan penetrasi.

Ejakulasi dini seringkali membuat pasangan menjadi tertekan atau kecewa karena tidak dapat menikmati hubungan seksual seperti yang diinginkan.

Penyebab-penyebab ejakulasi dini

Biasanya penyebab ejakulasi dini yang umum adalah saat pria mengalami masalah psikis atau terganggu emosionalnya seperti stres dan depresi. Namun selain itu, gangguan biologis pada tubuh juga tidak bisa disepelekan sebagai salah satu faktor pemicu dari ejakulasi dini.

1. Mengalami gangguan psikologis

Gangguan seperti depresi, gangguan kecemasan, atau stres berkepanjangan bisa menjadi penyebab pria mengalami ejakulasi dini.

Ini juga termasuk misalnya kepercayaan diri yang rendah, perasaan tidak bisa memuaskan pasangan, dan takut atau cemas akan mengalami ejakulasi yang lebih awal dibandingkan keinginan.

Faktor lain seperti perasaan tidak nyaman dan rasa bersalah yang menimbulkan kecenderungan untuk terburu-buru saat berhubungan seksual, yang juga mengakibatkan pria mengalami ejakulasi dini.

2. Mempunyai pengalaman traumatis

Faktor psikologis yang memengaruhi penyebab ejakulasi dini, bisa juga  pengalaman pernah dilecehkan secara seksual atau pernah tertangkap basah melakukan masturbasi.

Faktor dari kebiasaan masturbasi juga bisa membuat kulit penis menjadi sangat sensitif terhadap rangsangan sekecil apapun. Hal ini disebabkan karena penis sudah biasa ‘diminta’ bekerja dan memiliki program otak untuk cepat mencapai klimaks atau orgasme.

3. Mengalami gangguan atau masalah pada tiroid

Penyebab ejakulasi dini juga bisa disebabkan karena mempunyai masalah pada tiroid. Tiroid adalah sebuah kelenjar yang berada di bagian leher, tepatnya di bawah laring. Hormon ini bisa mengalami kerusakan karena kelainan genetika, stres dan kekurangan gizi.

Akibat faktor-faktor tersebut sering kali mengakibatkan kinerja tiroid terganggu seperti menjadi terlalu aktif atau sama sekali tidak bekerja.

Jika hal tersebut terjadi bisa mengganggu saat melakukan hubungan seksual karena menurunkan libido.

4. Mengalami gangguan serotonin

Mengalami masalah pada hormon serotonin juga bisa mengakibatkan ejakulasi dini. Serotonin sendiri  merupakan hormon yang diproduksi oleh otak yang berfungsi untuk memberikan rasa puas, kenikmatan dan meningkatkan gairah pada saat orgasme.

Agar otak menghasilkan hormon ini secara normal kamu disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat, vitamin dan mineral yang cukup. Dengan terpenuhinya hal-hal tersebut bisa meningkatkan kadar triptophan yang selanjutnya mampu meningkatkan kadar serotonin.

Jika kurangnya pemenuhan nutrisi pada hormon serotonin tidak dilakukan, hal tersebut bisa berdampak hormon serotonin menjadi terganggu, dan akibatnya bisa menjadi salah satu penyebab ejakulasi dini.

5. Mengalami gangguan prostat

Gangguan prostat pada pria juga dianggap sebagai salah satu persoalan yang memengaruhi kehidupan seksualnya, apalagi jika gangguan prostat berwujud sel kanker.

Hal ini menjadi dampak yang buruk karena saat mulai diobati dengan terapi hormon. Terapi hormon yang diberikan bisa menurunkan kadar testosteron di tubuh, dan mengakibatkan dorongan seksual menjadi lemah.  

Cara mengatasi ejakulasi dini

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi ejakulasi dini, yakni:

Melakukan secara perlahan dan memakai teknik berhenti dan mulai

Saat bersama pasangan melakukan hubungan seksual, lakukan secara perlahan. Ini bertujuan untuk meningkatkan kontrol pria terhadap ejakulasi dini.

Selanjutnya, baik pria atau pasangan berhenti melakukan stimulasi seksual pada saat akan mengalami ejakulasi, dan melanjutkan lagi saat sensasi ejakulasi telah mereda.

Olahraga dengan fokus memperkuat otot panggul

Latihan fisik yang dipusatkan pada otot-otot dasar panggul bisa dilakukan. Seperi misalnya latihan senam kegel, hal ini dapat membantu memperkuat otot bawah panggul.

Cara latihan lainnya yang bisa dilakukan adalah, ketika sedang buang air kecil, coba hentikan aliran urine selama 3 detik, kemudian lepaskan kembali selama 3 detik.

Memakai kondom

Cara mengatasi ejakulasi dini selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan memakai kondom, hal ini bisa membuat pria bertahan lebih lama saat berhubungan seksual karena akan mengurangi sensitivitas penis.

Pilihlah menggunakan kondom dengan jenis bahan agak tebal untuk mengurangi sensitivitas pada penis.

Melakukan konseling

Seperti disebutkan di atas, salah satu faktor ejakulasi dini juga bisa disebabkan karena persoalan psikologis. Mengagendakan menemui seorang psikolog atau psikiater dapat menjadi salah satu cara untuk mengetahui penyebab ejakulasi dini dan bagaimana mengatasinya.

Psikolog atau psikiater akan membantu mengatasi masalah-masalah seperti depresi, kecemasan, atau stres yang mungkin berkontribusi pada keluhan penyebab ejakulasi dini.

Hal lain yang penting dilakukan adalah menjaga pola makan, pola istirahat, olahraga yang teratur, dan juga mengendalikan stres.

Penting juga untuk memperbaiki komunikasi dan bersikap terbuka dengan pasangan. Tindakan ini membuat kedua belah pihak tahu apa yang diharapkan dari masing-masing.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

– WebMd.com, what is premature ejaculation, diakses 2 Juli 2020

https://www.webmd.com/men/what-is-premature-ejaculation#1

 

– Mayoclinic.org, diseases conditions premature ejaculation, diakses 2 Juli 2020

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/premature-ejaculation/symptoms-causes/syc-20354900

 

– Medicalnewstoday.com, How to treat premature ejaculation, diakses 2 Juli 2020

https://www.medicalnewstoday.com/articles/188527#treatment

 

– Nhs.uk, Can premature ejaculation be controlled? diakses 2 Juli 2020

https://www.nhs.uk/common-health-questions/sexual-health/can-premature-ejaculation-be-controlled/

 

– Mayoclinic.org, Premature ejaculation, diakses 2 Juli 2020

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/premature-ejaculation/symptoms-causes/syc-20354900

    register-docotr