Kesehatan Seksual

Patut Dicoba! Ini 7 Tips Seks Populer yang Sehat dan Utamakan Kenyamanan

May 4, 2020 | Ajeng Annastasia | dr Jati Satriyo
feature image

Seks memiliki potensi untuk menjadi hal sangat menyenangkan, maka dari itu kamu perlu tips seks populer saat ini.

Tips-tips ini bisa mengurangi risiko terjadinya nyeri dan ketidaknyamanan saat melakukannya bersama pasangan. Seperti diketahui, ada banyak faktor yang memengaruhi ketidaknyamanan seks, antara lain perasaan cemas dan stres pekerjaan. 

Tips seks untuk hubungan yang lebih nyaman

Seperti diketahui, saat memulai hubungan seks diperlukan rasa percaya dan nyaman dengan pasangan. Salah satunya bisa dilakukan dengan mengutamakan komunikasi.

Selain itu, apa lagi ya tips seks populer yang sehat dan tetap mengutamakan kenyamanan? Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba:

Selalu terbuka tentang bahasan seksual

Jangan ragu membicarakan soal seks dengan pasangan. Foto: Shutterstock.com

Ketahui dan bicarakan di mana saja area sensitif tubuh kamu saat berhubungan seks bersama pasangan. Tidak perlu takut atau malu dengan suami atau istri, ya. Jika perlu, bantu arahkan pasangan selama hubungan seks agar lebih tepat mencapai orgasme.

Jika kamu sudah memberitahu hal-hal yang kamu suka saat berhubungan seks, maka sebaliknya kamu pun perlu tahu di mana saja area favoritu seksual pasangan.

Menggunakan pelumas yang tepat

Apabila memang ingin menggunakan tambahan pelumas, terutama untuk mengurangi rasa sakit saat penetrasi, komunikasikan pada pasangan. Pilih pelumas yang paling cocok untuk kamu dan pasangan, ya!

Baca juga: Mengenal Ginekomastia: Pertumbuhan Payudara Besar pada Pria

Tips seks terkait emosi: kenali diri sendiri dan pasangan

Sebisa mungkin kenali juga emosi diri kamu dan pasangan, ya. Foto: Shutterstock.com

Ketika kamu sudah memiliki hubungan emosional dengan pasangan, kualitas hubungan seks pun bisa menjadi lebih kaya dan lebih dalam. Oleh sebab itu, pastikan kamu sudah mengenali emosi masing-masing, ya.

Berani melakukan sesuatu yang berbeda

Perubahan posisi bisa menjadi salah satu tips seks populer untuk kamu coba. Aktivitas seks pun akan menjadi lebih memuaskan dan menyenangkan. Seks yang sehat kadang tidak melulu harus dilakukan secara monoton, entah dari gaya, penampilan, ataupun lokasi bercinta.

Ini bertujuan untuk menambahkan keintiman dan mengurangi jenuh pada rutinitas seks. Cobalah gaya baru atau mencari posisi baru yang berbeda dari biasanya.

Lakukan foreplay untuk hubungan intim yang lebih lama

Foreplay yang lebih lama diyakini bisa meningkatkan kualitas seks. Foto: Shutterstock.com

Sebuah survei menyimpulkan bahwa jumlah waktu optimal untuk hubungan seks adalah sekitar 3- 13 menit. Tetapi, kebanyakan pasangan melakukan berhubungan seks hanya selama 1-2 menit.

Nah, jika kamu ingin memiliki waktu seks yang lebih lama, cobalah dengan melakukan foreplay yang lebih tepat. Dengan dilakukannya foreplay, hubungan seks bisa belangsung lebih lama dan lebih santai.

Baca juga: Cara Ampuh Menjaga Kesehatan Mental Saat Menjalani Puasa di Musim Pandemi

Berlatih senam alat vital bersama pasangan

Jika kamu merasa otot vagina mulai kendur atau orgasme terlalu cepat, kamu bisa melakukan latihan senam kegel bersama pasangan. Untuk wanita, kamu bisa meminta bantuan pasangan dengan menopang panggul saat senam kegel.

Sedangkan untuk pria, kamu bisa berlatih menahan orgasme dengan bantuan jari-jemari pasangan untuk menggenggam alat vital.

Olahraga bersama-sama sebagai salah satu tips seks populer

Olahraga bersama-sama selain menyehatkan fisik, juga kualitas seks. Foto: Shutterstock.com

Olahraga seperti lari, hiking, bersepeda, atau sekadar push up atau sit up bersama pasangan, akan membantu saling mendekatkan diri. Jalinan cinta dan emosi pun akan lebih terbangun. Cobalah untuk membantu menyemangati satu sama lain.

Nah, kamu sudah siap untuk mencoba tips-tips seks populer ini?

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter terkait dengan masalah kesehatan kamu di aplikasi Good Doctor. Dokter terpercaya kami akan membantu dengan layanan 24/7.

Reference

1. USA TODAY (2010) diakses pada 17 Oktober 2019. Therapists: Only minutes needed for best sex
2. THE AMERICAN SEX SURVEY (2004). diakses pada 17 Oktober 2019. The American Sex Survey : A Peek Beneath the Sheets
3. Everyday Health (2016) diakses pada 17 Oktober 2019. 4 Healthy Ways to Make Sex Feel Better Tonight
4. How Stuff Works (2010) diakses pada 18 Oktober 2019. 10 Ways to Make Safe Sex Fun
5. Psychology Today (2010) diakses pada 18 Oktober 2019. Overcoming the Anxiety of Vanilla Sex

    register-docotr