Kesehatan Seksual

Tips Menjaga Kebersihan Intim Setelah Berhubungan Seksual

September 3, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Apakah kamu salah satu yang berpikir harus segera mandi setelah berhubungan seksual? Jika iya, kamu perlu tahu, ternyata mandi bukanlah hal mendesak untuk dilakukan setelah berhubungan seksual, meski tujuannya menjaga kebersihan tubuh dan organ intim.

Tanpa mandi pun kamu tetap bisa menjaga kebersihan organ intim setelah berhubungan seksual. Kamu cukup melakukan beberapa hal untuk tetap menjaga kebersihan organ intim.

Tips menjaga kebersihan organ intim untuk wanita

Vagina memiliki kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri setelah berhubungan seksual. Kamu tidak perlu repot-repot mandi atau melakukan rutinitas membersihkan organ intim secara khusus.

Namun, kamu perlu memerhatikan beberapa tips berikut ini, agar kesehatan organ intim tetap terjaga.

Minumlah air putih setelah berhubungan seksual

Minum air putih akan mengembalikan cairan tubuh yang mungkin terbuang lewat keringat saat berhubungan seksual. Selain itu, minum air putih juga dapat memancing kamu untuk buang air kecil.

Kamu perlu tahu, bahwa wanita dianjurkan untuk buang air kecil setelah berhubungan seks. Alasannya karena buang air kecil dapat mencegah terjadinya infeksi saluran kemih (ISK).

Karena berhubungan seksual memungkinkan masuknya bakteri ke dalam uretra. Jika bakteri tidak dikeluarkan bersamaan dengan urine, maka dapat menginfeksi kandungan kemih.

Membilas organ intim dengan benar

Setelah buang air kecil kamu juga perlu memerhatikan cara membilas vagina. Bilaslah vagina dengan air dari arah depan ke belakang. Ini dilakukan untuk menghindari perpindahan bakteri dari anus ke vagina, yang dapat menyebabkan infeksi.

Selain itu, perhatikan juga untuk membasuh bagian vulva dengan lembut. Lakukan tanpa sabun atau sejenisnya. Sabun daerah kewanitaan dengan pewangi justru dapat mengganggu keseimbangan bakteri alami pada vagina.

Setelah membilas vagina, jangan lupa untuk mengeringkannya. Kamu bisa menggunakan tisu atau handuk bersih. Jika organ intim dibiarkan lembap dapat meningkatkan risiko infeksi.

Gunakan pakaian yang nyaman

Setelah membersihkan organ intim, gunakan pakaian yang nyaman. Seperti pakaian dalam yang berbahan katun. Bahan katun dapat membantu mencegah kelembapan di daerah intim kamu.

Tips menjaga kebersihan organ intim untuk pria

Beruntungnya, pria tidak perlu buang air kecil setelah berhubungan seksual. Namun pria juga perlu melakukan beberapa hal berikut ini, demi menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim setelah berhubungan seksual.

Bersihkan organ intim dengan seksama

Kamu tidak perlu langsung mandi. Cukup membersihkan bagian organ intim saja. Kamu hanya perlu membilas penis dengan air dan sabun tanpa pewangi.

Bagi pria dengan penis yang memiliki kulup, perlu menariknya ke belakang dan membersihkan bagian yang tertutup. Karena area tersebut biasanya terdapat tumpukan sisa mani dan berpotensi menimbulkan infeksi.

Kenakan pakaian nyaman

Setelah dibersihkan, kamu perlu mengeringkan penis dan juga memastikan tidak ada sisa mani atau cairan lain yang tertinggal di sana. Selebihnya, kamu cukup mengenakan pakaian nyaman dan kering untuk menjaga kesehatan daerah organ intim kamu.

Tips lain untuk menjaga kebersihan organ intim setelah berhubungan seksual

Ada beberapa dari kamu yang mungkin membutuhkan tips ini. Karena akan sangat berpengaruh pada kebersihan organ intim.

Bersihkan sex toys

Mungkin beberapa dari kamu ada yang menggunakan sex toys atau mainan seks. Jika menggunakannya, jangan lupa untuk segera membersihkannya.

Karena jika tidak, mainan tersebut dapat menjadi tempat berkumpulnya bakteri, virus dan jamur. Jika kamu tidak membersihkannya, bukan tidak mungkin akan menyebabkan terjadinya infeksi pada organ intim.

Bersihkan sesuai dengan petunjuk produk atau kamu bisa membersihkannya dengan air dan sabun dan keringkan dengan waslap, sebelum menggunakannya lagi.

Bersihkan tempat tidur

Kondisi kasurmu juga bisa memengaruhi kebersihan dan kesehatan organ intim, lho. Jika ada noda keringat, cairan mani atau noda lainnya setelah berhubungan seksual, sebaiknya segera bersihkan tempat tidurmu dengan mencuci seprainya.

Dengan menjaga kebersihan tempat tidur, kamu dapat mengurangi risiko terjadi alergi atau infeksi yang terjadi pada organ intim.

Dilansir dari Medical News Today, dianjurkan untuk mencuci seprai setidaknya seminggu sekali. Namun sebaiknya kamu mencuci lebih sering jika terdapat noda yang jelas terlihat pada permukaan seprai, setelah berhubungan seks.


Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Medicalnewstoday diakses 2 September 2020 What to know about cleaning up after sex 
  2. Webmd diakses 2 September 2020 Things You Should (and Shouldn’t) Do After Sex 
  3. Healthline diakses 2 September 2020 How to Clean Up After Sex 
    register-docotr