Kesehatan Seksual

Pria Harus Tahu, Ini Penyebab Sperma Encer yang Pengaruhi Kemampuan Kamu Membuahi!

September 11, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Sejatinya, karakteristik semen adalah sedikit kental dan dengan cairan berwarna putih. Jika kondisi ini tidak terjadi saat kamu ejakulasi, maka kamu harus mengetahui kemungkinan-kemungkinan penyebab sperma encer ini.

Beberapa penyebab sperma encer adalah jumlah sperma yang terlalu sedikit, faktor gaya hidup hingga kekurangan suatu nutrisi. Yuk, kenali daftar lengkapnya berikut ini.

Baca Juga: Hati-hati, Kebiasaan Ini Bisa Bikin Sperma Tidak Lagi Melimpah!

Kurangnya jumlah sperma

Secara umum, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendefinisikan kurangnya jumlah sperma atau oligospermia sebagai kondisi saat kamu menghasilkan kurang dari 15 juta sperma per mililiter semen. Kondisi ini menjadi salah satu penyebab sperma encer.

Meskipun jumlah sperma kurang membuat kamu kesulitan untuk membuahi, tapi kondisi ini tidak berarti kamu mengalami infertilitas.

Tidak ada penyebab jelas dari kondisi ini, tapi salah satu kelainan genetik seperti sindrom Klinefelter bisa memengaruhi jumlah sperma kamu, lho. Kemungkinan lain yang dapat menyebabkan produksi sperma rendah adalah:

  • Kelainan hormon seperti hipertiroid dan hypogonadism
  • Infeksi
  • Paparan radiasi atau racun seperti zat kimia dari pabrik, herbisida dan timbal
  • Penggunaan obat
  • Asupan alkohol berlebih
  • Merokok
  • Kelebihan berat badan
  • Beberapa pengobatan tertentu.

Varikokel, salah satu penyakit penyebab sperma encer

Penyebab sperma encer yang satu ini merupakan suatu kondisi di mana terjadi pembengkakan di pembuluh darah di dalam skrotum. Varikokel biasanya tidak menunjukkan suatu gejala khusus, tapi penyakit ini dapat menurunkan produksi sperma.

Selain itu varikokel juga bisa menurunkan kualitas semen pada beberapa orang. Varikokel dapat terjadi pada satu atau kedua testis.

Varikokel merupakan penyakit yang umum. Urology Care Foundation mencatat penyakit ini menimpa sekitar 4 dari 10 pria yang memiliki masalah fertilitas ternyata juga menderita penyakit ini.

Meskipun demikian, tidak semua orang yang menderita varikokel memiliki masalah fertilitas.

Keseringan ejakulasi

Sering ejakulasi merupakan salah satu penyebab sperma encer. Jika kamu masturbasi atau melakukan hubungan seksual beberapa kali dalam satu hari, tubuh kamu tidak memiliki jeda yang cukup untuk menghasilkan volume dan kualitas yang sama seperti sebelumnya.

Sebuah kajian yang diterbitkan oleh Translational Andrology and Urology menyimpulkan hal yang sama. Dalam penelitian tersebut, 20 pria mengikuti jadwal ejakulasi selama 14 hari berturut turut, setelah tidak ejakulasi selama 3-5 hari.

Para peneliti mengumpulkan data semen di hari pertama, ketiga dan ke-14, lalu menganalisisnya. Mereka menemukan jika ada penurunan volume dan jumlah sperma.

Ejakulasi mundur 

Penyebab sperma encer ini merupakan kondisi saat semen mundur kembali ke buli-buli. Hal ini disebabkan oleh adanya kelainan pada sfingter atau otot di kandung kemih.

Kekurangan zink juga merupakan penyebab sperma encer

Zink merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk mendukung fungsi esensial tubuh seperti sintesis DNA, melawan infeksi, penyembuhan luka hingga reproduksi. Kurangnya zink dalam tubuh bisa menjadi penyebab sperma encer, lho.

Zink sangat berperan dalam produksi sperma yang sehat. Sebuah artikel di Journal of Reproduction and Infertility menyebut kekurangan zink dapat memengaruhi kualitas semen dan menyebabkan infertilitas.

Meskipun demikian, penulis jurnal tersebut juga mengingatkan kalau kelebihan zink juga dapat menurunkan kualitas sperma. Yang perlu kamu ingat, tubuh tidak bisa menghasilkan senyawa ini, sehingga kamu hanya bisa memenuhi kebutuhannya lewat asupan makanan.

Beberapa sumber makanan yang mengandung zat besi antara lain:

  • Tiram
  • Daging merah, unggas dan kerang
  • Kacang, biji-ijian dan gandum utuh
  • Kacang polong
  • Yoghurt dan produk olahan susu lainnya.

Efek samping yang ditimbulkan akibat sperma encer

Semen yang encer bisa menunjukkan kalau kamu kekurangan jumlah sperma. Efeknya adalah kamu akan sulit untuk membuahi, meskipun tidak berarti kamu menderita infertilitas.

Baca Juga: Mampu Tingkatkan Kualitas Sperma, Ini Deretan Manfaat Asam Folat untuk Pria

Cara mengatasi sperma encer

Mengatasi sperma encer tergantung dari penyebabnya. Dokter mungkin akan meresepkan kamu dengan antibiotik jika mereka merasa masalahnya ada pada infeksi bakteri, sementara kalau disebabkan ketidakseimbangan hormon, dokter bisa merekomendasikan terapi hormon.

Jika varikokel adalah penyebab sperma encer yang kamu alami, maka penyelesaiannya adalah sebagai berikut:

  • Operasi laparoskopi
  • Embolization (vena yang membengkak di blok)

Perubahan pola hidup sehat juga bisa jadi kunci mempertahankan kualitas semen, di antaranya adalah:

  • Usahakan berat baddan ideal
  • Mengurangi stres
  • Tidur yang cukup
  • Menghindari produk yang mengandung tembakau
  • Mengurangi asupan alkohol.

Konsultasi kesehatan bisa ditanyakan pada dokter ahli di Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Medicalnewstoday.com (2019) diakses 09 September 2020. What causes watery semen, and does it affect fertility?
  2. Healthline.com (2018) diakses 09 September 2020. Why Is My Semen Watery? 4 Possible Causes
  3. Who.int (2010) diakses 09 September 2020. World Health Organization reference values for human semen characteristics
  4. Urologyhealth.org diakses 09 September 2020. What are Varicoceles?
  5. Ncbi.nlm.nih.gov (2018) diakses 09 September 2020. Zinc is an Essential Element for Male Fertility: A Review of Zn Roles in Men’s Health, Germination, Sperm Quality, and Fertilization
  6. Ncbi.nlm.nih.gov (2016) diakses 09 September 2020. Analysis of semen parameters during 2 weeks of daily ejaculation: a first in humans study
    register-docotr