Kesehatan Seksual

Stres dan Pengaruh Obat: 7 Penyebab Libido Turun pada Pria dan Wanita

July 7, 2020 | Muhammad Hanif S.
feature image

Tak sedikit pria maupun wanita yang mengalami penurunan gairah alias libido. Agar bisa menghindari pemicu dari kondisi ini, kamu perlu mengetahui apa saja penyebab libido turun.

Libido yang rendah bisa dialami setiap orang, tidak pandang jenis kelamin. Apa saja faktor yang bisa menyebabkan keadaan ini? Yuk, ini simak ulasan lengkapnya.

Faktor-faktor penyebab libido turun

Baik pria maupun wanita, libido sangat dipengaruhi oleh suasana hati dan hormon. Maka dari itu, gairah seks akan ikut menurun jika kedua hal tersebut mengalami ketidakstabilan. Ini dia faktor penyebabnya:

Penyebab libido turun pada pria

Faktor utama penyebab libido turun pada pria adalah ketidakstabilan kadar testosteron, hormon yang diproduksi di testis. Hormon ini berperan dalam merangsang produksi sperma dan memacu dorongan seksual. Kadar dari hormon ini bisa berkurang karena dipengaruhi beberapa hal, yaitu:

1. Krisis percaya diri

Salah satu faktor yang bisa menurunkan kadar testosteron pada pria adalah krisis percaya diri, terutama saat berada di depan pasangan. Kondisi ini bisa dipengaruhi oleh banyak hal, salah satunya adalah penilaian terhadap fisik yang didapatkan dari orang lain.

Bukan hanya pada gairah seksual, jika diabaikan, krisis percaya diri ini bisa mengganggu kesehatan mental, seperti stres dan depresi. Penyalahgunaan obat sangat umum dijumpai pada orang-orang yang mengalami situasi ini.

2. Terlalu sering minum alkohol

Alkohol adalah minuman yang bisa merusak banyak bagian dalam tubuh. Kebiasaan minum alkohol dapat mengganggu kinerja enzim yang dibutuhkan untuk proses produksi hormon testosteron di testis.

Berdasarkan peringatan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat, minum lebih dari dua gelas alkohol per hari dapat meningkatkan risiko sejumlah penyakit dan gangguan kesehatan jangka panjang.

Baca juga: Disfungsi Ereksi Mengganggu Keintiman Pasutri, Begini Cara Mengatasinya

3. Efek samping konsumsi obat-obatan

Sering tak disadari, obat-obatan yang dikonsumsi dalam proses penyembuhan penyakit bisa menurunkan libido pria, lho. Obat-obatan pengontrol tekanan darah seperti ACE inhibitor adalah salah satu contohnya.

Saat obat bereaksi di dalam tubuh, produksi testosteron juga ikut terganggu. Akhirnya, seorang pria akan kesulitan untuk mengalami ereksi yang maksimal.

Tidak hanya ACE inhibitor, obat lain yang dapat menyebabkan efek samping tersebut di antaranya adalah:

  • Kortikosteroid
  • Obat kemoterapi
  • Antidepresan tertentu
  • Obat sakit maag seperti simetidin
  • Steroid anabolik yang umum dipakai oleh atlet untuk tingkatkan massa otot

4. Mengalami penyakit serius

Berbagai penyakit serius bisa menjadi penyebab libido turun pada pria. Misalnya tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, obesitas akut, kadar koleterol yang tinggi, serta penyakit ginjal dan jantung.

Penyakit dan gangguan kesehatan di atas bisa berdampak pada produksi sperma di testis. Belum lagi, jika harus mengonsumsi obat-obatan yang juga memberikan efek samping pada penurunan kadar testosteron.

Saat berkunjung ke dokter, tak ada salahnya untuk bertanya terlebih dulu tentang bagaimana kinerja obat serta efek samping yang ditimbulkan.

Penyebab libido turun pada wanita

Jika pria memiliki testosteron, wanita juga mempunyai estrogen dan progesteron. Ketidakseimbangan dua hormon tersebut adalah alasan utama mengapa gairah seks pada wanita menjadi turun. Penurunan estrogen dan progesteron bisa dipicu oleh banyak hal, seperti:

1. Gejala menopause

Menopause adalah kondisi berakhirnya siklus menstruasi pada wanita. Setelah tak lagi menstruasi, seorang wanita akan mengalami penurunan hasrat seksual.

Mengutip dari Medical News Today, saat memasuki menopause, kadar estrogen yang rendah bisa menyebabkan penipisan pada vagina. Keadaan ini akan menimbulkan rasa sakit saat berhubungan seks.

Saat tidak ada kenyamanan dalam berhubungan seks, minat terhadap aktivitas ini akan berkurang.

2. Kehamilan

Saat sedang hamil, seorang wanita akan lebih sering mengalami ketidakstabilan hormon, termasuk hormon yang mendorong libido. Meski, ini bisa menjadi berbeda-beda antar setiap wanita.

Tapi tenang, hormon tersebut akan berangsur normal beberapa bulan pascapersalinan. Artinya, libido juga akan meningkat dengan sendirinya.

Agar lebih optimal, kamu bisa rajin mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan gairah seks seperti stroberi, cokelat, madu, ginseng, pisang, dan kentang.

Baca juga: Jangan Sembarangan Pakai Obat Kuat, Yuk Kenali Efek Sampingnya di Sini

3. Stres dan depresi

Salah satu penyebab libido turun pada wanita adalah stres atau depresi. Kondisi ini ditandai dengan emosi yang tidak stabil, suasana hati yang berubah alias mood swing.

Saat sedang stres, hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh juga akan mengalami ketidakseimbangan. Akibatnya, gairah seks menjadi turun.

Mengutip dari Mayo Clinic, stres pada wanita bisa dipengaruhi oleh banyak hal, seperti adanya masalah dengan pasangan, kondisi finansial, dan peristiwa-peristiwa yang sangat membekas dalam memori.

Nah, itulah faktor-faktor penyebab libido turun pada pria dan wanita yang perlu diketahui. Agar tidak mengalami penurunan gairah seks, ada baiknya hindari kebiasaan-kebiasaan yang memicu hal tersebut, seperti yang telah dijelaskan di atas. Tetap jaga kesehatan, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Mayo Clinic, diakses 27 Juni 2020, Low sex drive in women.
  2. Healthline, diakses 27 Juni 2020, 30 Foods and Herbs That May Boost Female Sex Drive.
  3. Healthline, diakses 27 Juni 2020, Low Sex Drive: Common Causes and Treatment.
  4. Medical News Today, diakses 27 Juni 2020, What causes a low libido?
  5. Centers for Disease Control and Prevention, diakses 27 Juni 2020, Alcohol and Public Health.
  6. Very Well Mind, diakses 27 Juni 2020, Causes and Treatment of Low Libido in Men.

    register-docotr