Kesehatan Seksual

Tidak Selalu Buruk, Ini Manfaat Masturbasi bagi Kesehatan Tubuh

June 2, 2020 | Arianti Khairina | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Hingga saat ini masih sebagian orang menganggap bahwa melakukan masturbasi dapat merusak kehidupan seks. Namun perlu diketahui bahwa banyak manfaat masturbasi bagi tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat masturbasi bagi kesehatan yang dapat kamu rasakan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Herpes Zoster: Penyebab, Gejala hingga Pencegahan

Masturbasi cara alami menjaga kondisi tubuh

Masturbasi adalah kegiatan umum yang memang seringkali dilakukan para pria atau wanita dewasa. Ini adalah cara alami, aman dan sehat untuk di lakukan.

Hal ini adalah yang umum, natural dan aman untuk mengeksplorasi tubuhmu, merasakan kesenangan dan melepaskan ketegangan seksual yang menumpuk.

Terlepas dari mitos, sebenarnya tidak ada efek samping berbahaya dari masturbasi.

Namun memang jika kamu melakukan masturbasi secara berlebihan dapat merusak hubunganmu dengan pasangan dan kehidupan sehari-hari.

Manfaat masturbasi bagi kesehatan

Dilansir dari healthline.com, ada studi terbatas tentang manfaat masturbasi.

Masturbasi yang kamu lakukan dapat membantu menghilangkan stres, membuat kualitas tidur lebih baik, meningkatkan mood, merasakan kesenangan, meringankan kram, hingga dapat melepaskan ketegangan seksual.

Manfaat masturbasi bisa menurunkan risiko kanker prostat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ejakulasi teratur dapat menurunkan risiko kanker prostat. Walaupun hingga saat ini dokter juga belum mengetahui penyebab pasti akan hal tersebut bisa terjadi.

Sebuah studi tahun 2016 menemukan risiko kanker prostat menurun sekitar 20 persen pada pria yang mengalami ejakulasi setidaknya 21 kali sebulan.

Tak hanya itu saja sebuah studi tahun 2003 juga menemukan hubungan serupa antara ejakulasi yang dilakukan secara teratur dan risiko kanker prostat yang lebih rendah.

Efek samping masturbasi

Namun jika kamu terlalu sering melakukan masturbasi terkadang juga bisa mengganggu kehidupan sehari-hari. Dalam beberapa kasus, walaupun jarang terjadi sebagian orang dapat melakukan masturbasi lebih dari yang mereka inginkan dan hal tersebut tentu menimbulkan beberapa dampak.

Orang yang melakukan masturbasi berlebihan bisa melewatkan pekerjaan, sekolah, atau acara sosial penting dan mengganggu aktivitas sehari-hari seseorang.

Tak hanya itu saja masturbasi yang dilakukan secara berlebihan juga dapat menjadi sebuah pelarian dari masalah hubungan atau menggantikan pengalaman kehidupan nyata.

Jika kamu mulai merasakan mungkin akan terkena dampak buruk dari praktik masturbasi sebaiknya harus berbicara dengan seorang profesional kesehatan.

Beberapa orang mungkin merasa bersalah melakukan mastrubasi karena kepercayaan budaya, spiritual, atau agama.

Jika kamu merasa bersalah karena melakukan masturbasi, bicarakan dengan seseorang yang cukup kamu percayai misalnya seperti dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Baca juga : Patut Dicoba! Ini 7 Tips Seks Populer yang Sehat dan Utamakan Kenyamanan

Reference
  1. healthline.com (2017) diakses 29 Mei 2020. Masturbation Effects on Your Health: Side Effects and Benefits
  2. medicalnewstoday.com (2020) diakses 29 Mei 2020. Are there side effects to masturbation?
    register-docotr