Kesehatan Seksual

Hati-Hati, Deretan Makanan Ini Bikin Gairah Seksual Menurun!

July 9, 2020 | Arianti Khairina
feature image

Makanan dan seks selalu memiliki hubungan erat. Jika beberapa makanan yang kamu konsumsi salah, hal tersebut dapat berujung buruk pada kehidupan seksualmu. Lalu apa saja makanan yang menurunkan gairah seksual? 

Makanan yang menurunkan gairah seksual 

Sudah pasti semua pasangan ingin berada dalam suasana hati yang baik untuk melakukan hubungan seksual. Namun terkadang, hal tersebut tidak berjalan baik karena mood tidak baik dan berpengaruh saat melakukan hubungan intim. 

Mengapa demikian? Ternyata salah satu faktor penyebabnya adalah makanan. Ketika kamu salah mengonsumsi makanan, hal tersebut malah menurunkan gairah seksualmu loh. Dilansir dari Cosmopolitan, berikut ini makanan yang sebaiknya kamu hindari.

1. Alkohol

Ketika seseorang berada di bawah pengaruh alkohol tentu saja hal itu dapat memberikan keberanian lebih untuk melakukan hubungan seksual dengan pasangan.

Namun, beberapa orang tidak menyadari bahwa tingginya keberanian tersebut justru tidak sebanding dengan kemampuan seks saat melakukannya. 

Selain itu alkohol mampu menurunkan tingkat testosteron dan membatasi fungsi seks pria maupun wanita loh.

2.  Kopi

Begi sebagian orang kopi bisa menjadi minuman yang mendukung stamina tubuh. Namun ada juga yang sangat sensitif dengan kafein. Beberapa di antaranya ada yang merasa gelisah setiap saat setelah mengonsumi kopi. 

Jika kamu tipe orang yang sensitif dengan kafein, tidak dianjuran untuk mengonsumsinya sesaat sebelum berhubungan seksual. Hal tersebut karena orang yang merasakan gelisah setelah minum kopi, tentu saja akan membuat suasana saat bercinta menjadi tak nyaman. 

3. Popcorn

Jenis camilan ini tentu menjadi kesukaan banyak orang. Namun perlu kamu ketahui bahwa mengonsumsi popcorn yang dimasak sendiri di rumah itu dapat menimbulkan efek samping yang kurang baik. 

Jika kamu terlalu sering mengonsumsi camilan ini dapat membunuh libido serta menyebabkan masalah prostat bagi para pria. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu hindari konsumsi popcorn yang dimasak sendiri di rumah agar tetap menjaga hubungan seksualmu berjalan baik. 

4. Gorengan

Gorengan menjadi salah satu camilan paling disukai oleh masyarakat Indonesia. Namun jenis camilan ini juga sudah terbukti sangat tidak baik bagi kesehatan tubuh karena mengandung lemak tinggi yang dapat membuat seseorang cepat merasa lelah dan juga lamban. 

Efek samping tersebut yang tentunya mempengaruhi kehidupan seksual kamu. Tak hanya cepat merasa lelah dan lamban, lemak dan minyak yang terhidrogenasi secara bersamaan dapat menurunkan kadar testosteron pria.

5. Soda 

Kamu salah satu pecinta minuman soda? Jika jawabannya iya, sebaiknya mulai berhati-hati pada kehidupann seksualmu. Kenapa?

Sebab pemanis buatan seperti aspartam yang berada dalam kandungan soda secara langsung mempengaruhi kadar serotonin kamu. Serotonin atau hormon bahagia pada tubuh seseorang sangat penting dalam mendorong peningkatan kesehatan dan rasa kesejahteraan yang baik. 

Dilansir dari The Economic Times, menjelaskan bahwa ketika seseorang memiliki serotonin yang rendah, hal tersebut  masih terkait dengan libido yang lebih juga rendah pada pria dan wanita.

Baca juga: Waspadai 9 Penyakit Menular Seksual yang Sering Terjadi di Indonesia

6. Makanan siap saji

Jenis makanan siap saji memang sangat dibutuhkan oleh para pekerja kantoran. Namun beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang efek samping jika dikonsumsi secara terus-menerus. 

Pada makanan kaleng siap saji memiliki kadar natrium yang sangat tinggi. Natrium bisa meningkatkan tekanan darah dan mengurangi aliran darah ke bagian-bagian tertentu dari tubuh, salah satunya adalah alat kelamin. 

Demi menghindari gairah seksualmu menurun, sangat disarankan untuk tetap mengonsumsi makan-makanan yang dibuat langsung tanpa bahan pengawet. 

7.  Keju

Salah satu jenis makanan ini, memang paling banyak disukai oleh para anak-anak hingga orang dewasa. Namun belum banyak yang tahu, bahwa ternyata keju dapat menimbulkan masalah pada gairah seksualmu. 

Hal tersebut disebabkan karena keju dapat membuat hormon ekstrogen atau testosteron pada seseorang menjadi berantakan.

Efek samping dari kondisi tersebut tentunya dapat membuat gairah seksual seseorang semakin lemah. 

Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Economictimes.indiatimes.com (2015) diakses 3 Jui 2020. 14 foods that are killing your sex drive
  2. Cosmopolitan.com (2016) diakses 3 Juli 2020. 10 foods that affect your sex drive (in a bad way)
  3. Eatthis.com (2017) diakses 3 Juli 2020. 27 Foods That Kill Your Sex Drive 
    register-docotr